Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Sabtu, 07 Februari 2009

SEBAGAI blogger, apalagi blogger yang selalu berorientasi pada uang alias blogger matre (kayak saya), rasa cinta pada BlogSpot, WordPress, dll. sepertinya harus dipikir ulang. Menurut saya, blogger harus punya nama domain sendiri. Entah itu .com, .net, .org, .biz, dan dot-dot lainnya. Karena punya blog dengan nama domain pribadi ternyata bisa jadi investasi besar.

Saya punya pikiran seperti itu karena menilik banyaknya blogger yang domainnya laku terjual dengan harga wah. Contohnya JackBook.com yang laku terjual hingga $70,000. Kalau dirupiahkan ya sekitar Rp800 juta. Gile beneerr..! Sebenarnya harga segitu pantas sih, mengingat blognya Jacky Supit tersebut mempunyai trafik 10.000 lebih per hari dan telah memiliki pagerank 5. Tapi jika dibandingkan dengan harga beli nama domain tersebut yang cuma kurang dari $10 pertahun, bukankah harga $70,000 itu sangat-sangat luar biasa?

Contohnya JackBook.com yang laku terjual hingga $70,000. Kalau dirupiahkan ya sekitar Rp800 juta. Gile beneerr..!Memang sih, bukan sembarang nama domain bisa laku terjual dengan harga tinggi. Semua itu tergantung trafik dan PageRank. Semakin tinggi trafik dan PR, semakin mahal juga harga suatu blog. Begitu pula sebaliknya. Tapi saya yakin, setelah kita beli nama domain pribadi dengan harga kurang dari $10 pertahun (saya menganjurkan langsung beli untuk 2-3 tahun sekalian), kemudian kita update artikel secara berkala dan SEO kita terapkan dengan benar, bukan tidak mungkin setahun atau 2 tahun lagi harga nama domain tersebut mencapai $1,000-$5,000. Bukankah harga segitu sudah sangat lumayan?

Asyiknya lagi, kita tidak akan kehilangan satu artikel pun dari nama domain yang kita jual tersebut. Hasil ide dan pikiran kita masih tersimpan rapi di hosting. Karena setelah nama domain tersebut dibeli orang, maka kita cukup menonaktifkan DNS-nya, sehingga artikel-artikel lama kita masih bisa dipindahkan ke nama domain baru. Kecuali atas permintaan pembeli yang ingin membeli artikel-artikel kita sekalian. Tentunya dengan harga yang sudah disepakati bersama.

Timbul pertanyaan, apakah nama domain berakhiran blogspot.com, wordpress.com, dan lain-lain tidak bisa dijual? Kalau ada yang mau beli, tentu saja sangat bisa. Tetapi dengan resiko kita kehilangan account Blogger atau WP kita. Selain itu secara otomatis kita juga kehilangan artikel-artikel kita, karena nama domain + DNS + hosting pada BlogSpot, WordPress, dll. tersebut ada dalam 1 paket yang tidak bisa dipisahkan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera miliki nama domain pribadi kamu!


Catatan: Tulisan ini merupakan sumbangan Hendrik Firanza, pemilik http://firanza.blogspot.com.
Artikel ini ditulis khusus untuk bungeko.com dalam rangka guest blogging.


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

0 komentar:

Poskan Komentar