Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Rabu, 21 April 2010


Foto: Facebook.com
KENAL dengan Jennie Siat Bevlyadi? Wajar saja kalau Bung merasa kurang akrab dengan nama tersebut. Pasalnya, si empunya nama memang lebih beken dengan nama Jennie S. Bev. Ya, dialah sang penulis e-book paling produktif, sekaligus satu-satunya penulis Indonesia yang berhasil masuk nominasi EPPIE Award.

Perjalanan hidup Jennie S. Bev begitu berliku. Ia nekat merantau ke Amerika Serikat demi memperoleh kehidupan yang lebih baik. Tanpa bekal memadai--hanya skor TOEFL nyaris sempurna, bekal uang untuk hidup seadanya selama setahun, plus keyakinan kuat bahwa di manapun ia berada kesuksesan pasti bisa ia raih, Jennie dan suami (Benny Bevlyadi) berangkat ke Amrik. Tidak tanggung-tanggung, negara bagian yang dituju adalah California yang merupakan kekuatan ekonomi keenam dunia dan satu-satunya yang bukan negara (hanya negara bagian).

Di sanalah Jennie "bertarung" dengan segenap kemampuan terbaiknya, dan kini kita semua tahu bagaimana lanjutan ceritanya. Nama Jennie harum di AS dan juga Indonesia. Karya-karyanya selalu laris terjual, termasuk 2 bukunya yang berbahasa Indonesia Rahasia Sukses Terbesar dan Mindset Sukses.

Di sela-sela mencari bahan untuk satu naskah buku, iseng-iseng saya mengumpulkan semua wawancara Jennie S. Bev yang pernah dilakukan berbagai media, dan meramunya seperti di bawah ini. Semoga bermanfaat.


Kira-kira 1.000 artikel Anda telah diterbitkan, bagaimana Anda bisa begitu produktif?
Sebagai seorang penulis penuh waktu, saya menulis selama sedikitnya 4 jam sehari. Saya menggunakan waktu saya yang lain untuk melakukan suatu penelitian (jika diperlukan), dan untuk memelihara keseimbangan saya dengan berolahraga dan bersosialisasi. Mental dan fisik yang seimbang amatlah penting untuk menjaga ide tulisan saya tetap mengalir. Ketika saya stres, saya tidak dapat menulis dengan baik.

Bisakah Anda menggambarkan cara kerja Anda?
Idealnya, saya membaca 1 judul buku dan menulis sedikitnya 1.000 kata. Kadang-kadang lebih banyak, kadang-kadang kurang. Saya bangun sekitar jam 7 pagi dan tidur pada tengah malam. Saya pergi ke tempat fitness pada hari-hari lainnya atau pada waktu saya sedang mampet ide.

Apa saja sebenarnya faktor-faktor yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan? Bagaimana peran mimpi, alias visi yang kita tanamkan sejak dini untuk memacu hidup kita?
Sukses sendiri perlu didefinisikan dengan benar. Menurut pandangan saya, sukses adalah mindset. Saya adalah sukses, sukses adalah saya. Bukan pencapaian materi, bukan pula prestasi yang kasat mata. Sukses adalah tentang being and becoming. Seorang sukses adalah seseorang yang bisa bertahan hidup tanpa kehilangan dirinya sendiri di dalam segala situasi.

"Jika beberapa orang skeptis berkata Anda tidak bisa menulis dan tidak bisa hidup dari menulis, jangan sampai pendapat mereka menghalangi keberhasilan Anda."
-Jennie S. Bev-
Saat tidak punya uang, seorang sukses tidak lantas menyebut dirinya “tidak sukses.” Sukses sebagai mentalitas alias mindset memberikan kekuatan untuk menanggung kegagalan, walaupun berkali-kali. Untuk apa berubah menjadi pesimistis kalau sukses adalah Anda sendiri? Apapun yang Anda kerjakan, jika dilakukan dengan mindset sukses, akan memberikan buah sukses pula pada akhirnya.

Seperti saya dulu yakin sekali dengan kehebatan sekolah virtual dan kerja virtual walaupun dicerca habis-habisan, ini merupakan suatu visi yang menjadi blue print keberadaan saya sendiri. Saat itu saya belum terpikir untuk menjadi pelaku, namun dengan menjadikan keyakinan ini menjadi bagian penting dalam diri saya, sekarang saya menjadi pelaku yang cukup diperhitungkan di pusat intelektual dunia ini.

Banyak orang cenderung gamang menghadapi bisnis baru yang akan dirintisnya. Sering bayangan akan kegagalan lebih besar daripada optimisme akan keberhasilan. Ada tips untuk mereka?
Kembali lagi, sukses adalah mindset. Kegagalan di satu bidang atau satu kali saja, tidak membuat Anda seorang pecundang. Sambutlah kegagalan sebagai salah satu cara untuk belajar dan berkaca apa saja yang perlu diperbaiki lagi. Seorang sukses tidak pernah takut gagal, malah ia dengan suka cita dan rendah hati menggunakan kesempatan ini untuk belajar. Jangan takut gagal, karena dengan Anda takut gagal, sebenarnya Anda takut menjadi sukses.

Adakah resep atau strategi khusus bagaimana Anda berhasil menjual tulisan kepada redaktur dan penerbit?
Tak Ada rahasia. Terus menulis, siap mental untuk penolakan. Seorang penulis profesional harus dapat menerima penolakan secara profesional. Penolakan itu bukan karena Anda, tetapi hanya beda keperluan. Jadikan hal itu menjadi bagian hidup Anda, dan jangan dimasukkan dalam hati.

Nasehat terbaik apa yang Anda terima dari penulis yang lain? Nasehat apa yang akan Anda berikan kepada penulis yang ingin menjadi sukses?
Nasehat yang terbaik? Setiap orang mempunyai cerita yang diceritakan, jadi ceritakan cerita Anda dengan penuh keyakinan dan kebanggaan akannya.

Nasehat untuk penulis lainnya? Tetapkan pikiran dan hati Anda untuk menjadi berhasil, Anda memang pantas menerimanya. Jika beberapa orang skeptis berkata Anda tidak bisa menulis dan tidak bisa hidup dari menulis, jangan sampai pendapat mereka menghalangi keberhasilan Anda.

SAYA beruntung sempat menjalin relasi dengan Mbak Jennie, begitu saya biasa menyapanya. Awalnya tidak sengaja, gara-gara sebuah posting saya yang beliau protes karena isinya dianggap tidak benar. Dari sana saya terus berusaha menjalin kontak, sampai-sampai saat saya menikah, 4 Agustus 2009 lalu, Mbak Jennie berbaik hati mengirim kado langsung dari California. Isinya sebuah buku motivasi karya Sonia Ricotti yang berjudul The Law of Attraction Plain and Simple dan sudah diterjemahkan oleh Gramedia dengan judul 11 Langkah Untuk Sejahtera Lahir Batin. Bukunya bagus banget lho... ^_^

Thanks a lot, Mbak...

Berikut daftar lengkap karya-karya Jennie S. Bev.
2000:
Happy in Any Weather (out-of-print)

2002:
- Guide to Become a Management Consultant published by FabJob, Inc. (Canada)
Finalist of 2003 EPPIE Award under Non-Fiction How-To category

2003:
- Write Industry Reports: Work at Home and Start Earning $5,000 in Royalties per Month distributed by WritingCareer.com (USA).
- Breaking Into and Succeeding as a Fashion Designer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Stylist published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Fashion Writer published by StyleCareer.com (USA)

2004:
- Breaking Into and Succeeding as a Fashion Photographer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Fashion Illustrator published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Hair Salon Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Nail Salon Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Dry Cleaner published by StyleCareer.com (USA)

2005:
- Breaking Into and Succeeding as a Boutique Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Cosmetics Maker published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as an Alteration Shop Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Spa Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Fashion Merchandiser published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as an Accessories Designer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Talent Agent published by StyleCareer.com (USA)
- Retiring and Making a Living in Bali published by RetireInBali.com (Asia)
Breaking Into and Succeeding as a Talk Show Host published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as an Indie Record Label published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Choreographer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Fragrance Maker published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a T-Shirt Designer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Babies' and Children's Clothing Designer published by StyleCareer.com (USA) 2005
- Breaking Into and Succeeding as a Professional Matchmaker published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Lingerie and Swimsuit Designer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Handbag Designer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Voice Over Actor published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Shoe Designer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as an Art Gallery Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Antiques Dealer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding in Concierge Service published by StyleCareer.com (USA)

2006:
- Breaking Into and Succeeding as a Movie Extra published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Juice Bar Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Candle Maker published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as an Online Boutique Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Paintball Field Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Bath and Body Product Maker published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Textile Designer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Craft Store Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Gym Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Workout Video Creator published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Modeling School Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Chocolate and Candy Store Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Tea House Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Potpourri Maker published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Reality TV Star published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Travel Video Creator published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Tanning Salon Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Natural Cosmetics Maker published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Sports Camp Owner published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as an Eyewear Designer published by StyleCareer.com (USA)
- Breaking Into and Succeeding as a Fashion Watch Designer published by StyleCareer.com (USA)

Jennie juga turut menyumbang dalam buku-buku:
- Work-at-Home Humor by Dan Reinhold (USA)
- Your Future in Fashion by Sharon Miller published by MDIS (Singapore)
- Dare to be Published! 50 Authors to Help You Write, Publish and Market in the New Century by Dallas Franklin (USA)
- How I Became a Published (and Paid) Writer in Less than a Week by Christina Spence distributed by WritingCareer.com (USA)


Catatan: Posting ini ditulis dalam rangka peringatan Hari Kartini.


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

14 komentar:

  1. Sayang, saya tidak begitu mengenalnya kecuali dari Anda. Dunia kepenulisan yang saya geluti masih dalam taraf belajar termasuk dengan Anda saat ini. Saya sangat senang bila Anda selalu berkenan menerima tulisan saya disini walau hanya sebatas komentar.

    Tentang Jennie S. Bev mudah-mudahan saya bisa belajar dari dia. Luar biasa... walaupun dia seorang wanita, dia mampu menggunakan waktunya dengan begitu disiplin dan mampu menghasilkan ribuan karya tulis bermutu.
    Berlian dimanapun berada akan tetap jadi berlian.

    BalasHapus
  2. Saya pertama kali mengenal sosok wanita ini pada situs Pembelajar do com. Dari situlah saya tahu kalo dia tinggal di Amerika dan mengadu nasib di sana.

    Tentang karir kepenulisannya sangat patut untuk kita teladani, terutama dari sisi kedisiplinan menulis setidaknya 4 jam sehari. Trims buat rangkuman wawancaranya Bung.

    BalasHapus
  3. jujur ya mas, saya kurang familiar dengan nama ini. apa karena saya tidak suka menulis ya ? sehingga saya kurang paham dengan beliau ini

    BalasHapus
  4. makasih infonya bung eko, gus baru tahu setelah membaca postingan bung eko ini
    wau produltif sekali karyanya udah tembus di angka 1000. bung eko kapan nyusul ni?
    iya bung kita juga harus punya mental baja jika karyanya di tolak, liat aja karya novelnya hary potter juga awalnya sering ditolak dan karena sifat kegigihannya maka sampai sekarang sukses dan novelnya jadi best seller
    karir jurnalistiknya patut kita teladani dan contoh karena sifat disiplin waktu
    makasih bung atas rangkuman wawancaranya
    kapan² gus wawancarai bung eko ah, tentang sponsored reviews

    BalasHapus
  5. Bung, mbak jenny ini salah satu blogger favorit saya lho :) Saya suka banget artikel-artikelnya yang kritis, juga kolom2nya di Jakarta Post. Tapi baru kali ini saya tau background kehidupan mbak jenny, ternyata sulit juga ya pada awalnya.
    Postingan yang sangat membuka wawasan bung. Apalagi saat membahas sukses itu mind set..waah setuju sekali :D Saya paling suka metode 'ngayal', yaitu anggap saja kita punya rekening 1 milyar di bank tapi ngga bisa cair sampai waktu yg tak ditentukan hehe. yah setidaknya dengan itu bisa membuat saya cengar-cengir meski cobaan2 hidup kadang nyebelin :D
    Jadi inget lagi deh tulisan2 mbak jenny.. ^_^

    BalasHapus
  6. Dari kalimat-kalimat di atas dapat saya simpulkan, mindset adalah nyala api yang menuntun langkah seseorang ke impiannya. Tulisan yang inspiratif dan patut dikaji lebih dalam.

    BalasHapus
  7. Wah...memang mbak ini sangat hebat. Saya juga sudah membaca bukunya, sangat menarik sekali mas Eko

    BalasHapus
  8. Gokil deh, saya juga yakin saya bisa sukses dimanapun, tapi kalo waktunya saya memang belum tahu karena itu sudah diatur oleh Tuhan, yang saya tahu hanyalah saya pasti bisa mencapai kesuksesan.

    BalasHapus
  9. Huhuhuhu... ikutan bangga saya sama orang Indonesia yang satu ini.

    OK dah. Ini bakal menjadi quote saya hari ini :
    saya adalah sukses, sukses adalah saya.

    BalasHapus
  10. Jennie S. Bev makin dikenal di Indonesia karena dua buku motivasinya, Rahasia Sukses terbesarnya (Rahasia Sukses Terbesar) dan Mindset Sukses (Succcess Mindset), yang 100% dari royalti disumbangkan untuk anak-anak yang kurang beruntung. Dia juga dikenal sebagai Indonesia's Celebrity Blogger 2007.
    inilah sedikit kutipan yang saya ambil dari website dia. luar biasa...

    BalasHapus
  11. namanya sudah lama saya dengar, bung eko. tapi saya kurang begitu akrab dengan karya2nya.

    BalasHapus
  12. fatchur:
    Sama Bung, saya juga masih harus banyak belajar. Long live education kalo kata orang bule. :D

    iskandaria:
    Ya, Mbak Jennie memang jadi kolomnis tetap di Pembelajar.com, juga di Majalah Duit. Ia juga sering memberikan kata pengantar untuk beberapa buku motivasional karangan anggota Pembelajar.com

    Blogger Terpanas:
    Belum kenal aja, Mas.]
    Btw, blogger mana sih yang gak suka nulis? :p

    Gus Ikhwan:
    Hehehe, 1000 artikel terlalu banyak bagi saya, Gus. Padahal kelemahan saya itu ya nulis artikel itu. Jadi, entah kapan bisa nyusul Mbak Jennie. :D

    Darin:
    Nah, istilah metode ngayal ini malah baru saya tahu, Bung. Bagus juga tuh diterapkan untuk memotivasi diri. Berarti, sekarang anggap saja saya sudah punya penerbit sendiri, tapi kunci kantornya masih belum ketemu. Hahaha... ^_^

    agus.siswoyo@agussiswoyo.com:
    Yups, saya setuju itu. Mindset itulah yang menentukan seseorang akan sukses atau tidak.

    Jamal:
    Ah, saya tampaknya harus mengakui--meskipun malu-malu--kalo saya belum baca buku-buku Mbak Jennie. Yang saya sering baca cuma artikel2nya di Pembelajar.com.

    Reza Winandar:
    Yang penting berusaha, Bung.
    Insya Allah, asal usaha kita bener bakal ada jalannya kok. :D

    mastanto:
    Kalo disingkat jadi: saya sukses!
    Hehehe...

    sawali tuhusetya:
    Saya juga cuma mengikuti artikel-artikelnya di Pembelajar.com dan kadang-kadang ngintip Facebook-nya. Bukunya gak kebagian saking larisnya. :D

    BalasHapus
  13. Saya tertarik sekali dengan pernyataan bahwa setiap orang pasti punya sesuatu yang bisa diceritakan. Wah, itu sangat memotivasi. Sepanjang cerita/kisah tersebut punya nilai perjuangan, pengorbanan, atau malah penderitaan berujung kesuksesan, saya rasa memang sangat layak untuk dijadikan tulisan. Pasti akan menginspirasi banyak orang jika diterbitkan dalam bentuk buku. Seperti kisah salah satu pembantu rumah tangga di Hongkong yang akhirnya menelurkan buku best seller. Saya lupa siapa namanya.

    BalasHapus
  14. iskandaria:
    Namanya Eni Kusuma, Bung. Buku yang ia tulis berjudul Anda Luar Biasa!!!, dan memang laris manis. Mbak Jennie memberi kata pengantar dalam buku itu. Artikel-artikel Mbak Eni masih bisa kita jumpai di situs Pembelajar.com.

    BalasHapus