Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Sabtu, 17 April 2010

YANG punya nama Eko jangan tersinggung dulu ya? Ini hanya posting iseng, sekedar berbagi satu cerita berkaitan dengan betapa banyaknya orang bernama Eko di dunia ini. Eit, jangan protes ya kalau saya bilang nama Eko itu mendunia. Soalnya dulu waktu masih magang di Prambanan saya pernah ketemu orang Belanda bernama Eko lho. Hehehe...

Benarkah Eko itu nama pasaran? Sewaktu kecil di Palembang saya tidak banyak tahu orang-orang bernama Eko di sekitar saya, kecuali seorang anak tetangga yang berusia jauh lebih tua dari saya. Semasa SD juga tidak banyak orang bernama Eko yang saya kenal. Saya mulai bertemu banyak pemilik nama Eko ketika masuk SMP di daerah Sungai Bahar, Jambi. Anak tetangga rumah ada satu orang yang namanya Eko. Gilanya, si Eko ini punya adik bernama Nurhuda. Walah..! ^_^

Tapi itu masih belum cukup, Saudara-saudara. Ternyata di kelas saya ada 3 orang Eko! Saya ulangi, 3 orang bernama Eko dalam 1 kelas. Eko yang pertama nama lengkapnya Eko Prasetyo, selepas SMP kami jarang ketemu karena lain desa. Lalu Eko kedua bernama lengkap Eko Sarjianto, dan Eko yang ketiga adalah Eko Sriyanto. Kedua Eko terakhir ini masih sering saya temui setiap pulang ke Jambi. Dan, kalau kami kumpul bertiga teman-teman suka iseng menyebut kami sebagai Trio Eko. :))

Masuk ke SMA Negeri 1 Muara Bulian, lagi-lagi saya harus sekelas dengan banyak Eko lain. Kejadiannya waktu saya duduk di kelas dua, di mana ada dua teman sekelas yang sama-sama bernama Eko. Jadi dengan saya ada tiga Eko dalam kelas tersebut. Dua Eko yang lain adalah Eko Dian Iing Sholihin (sekarang menjadi Kepala Bagian di salah satu kantor dinas di Pemkab. Batanghari) dan Eko Bandung (saya lupa nama aslinya, tapi dia sering dijuluki begitu karena memang asli Bandung).

Pertemuan saya dengan sesama pemilik nama Eko terus berlanjut saat menempuh studi di Pendidikan Profesi Pariwisata YP UNY. Menantu pemilik tempat kos saya waktu itu bernama Eko. Terus di kelas saya juga ada satu Eko lagi yang bernama lengkap Eko Gunarpo. Awalnya kami tidak akrab karena baik dari segi fisik/penampulan maupun lingkungan pergaulan berbeda jauh. Tapi karena sama-sama hobi main PS, akhirnya kami malah jadi sering "bertanding" dan ngobrol banyak.

Di Akademi Komunikasi Yogyakarta (AKY), sampai saat ini tidak ada yang bernama Eko. Jadi, sayalah satu-satunya mahasiswa AKY yang bernama Eko. Saya pikir di sinilah akhir cerita perjumpaan saya dengan sesama pemilik nama Eko. Ealah, ternyata saya harus kembali ketemu dengan pemilik nama Eko ketika ada seorang pendatang baru di kos yang bernama Eko. Grrrhhhh...

Lalu, sewaktu pertama kali masuk ke kantor Harian Jogja pada saat magang di sana, saya kembali harus bertemu dengan sesama Eko. Eko yang satu staf IT, sedangkan Eko satunya lagi satpam. Kejadian lucu terjadi saat kami saling memperkenalkan diri. Saya yang merasa lebih muda dari si bapak satpam langsung menyebutkan nama, "Eko, Pak." Eh, lha kok si bapak tersenyum lalu menjawab, "Sama." Lho, kok namanya 'sama' sih? Usut punya usut, rupanya si bapak satpam Harjo itu juga bernama Eko. Walah, tambah satu lagi deh anggota Klub Eko di Facebook. :)

Cerita masih berlanjut, Bung. Di blogosphere, awalnya saya pikir cuma saya seorang blogger bernama Eko. Pasalnya, saat memulai blog dulu saya jarang bertemu pemilik nama ataupun nick Eko. Ternyata pikiran saya salah. Rupanya Eko juga menginvasi dunia maya, karena ada beberapa blogger dan pemilik situs yang bernama Eko di Indonesia ini. Iseng-iseng saya buat daftarnya sepanjang yang saya tahu, dan inilah dia si Eko-Eko itu:


Eko Nurhuda, saya sendiri (Bung Eko dotcom)
Eko Budi Santoso (Blog-PakEko.info)
Eko SHP (EkoSHP.com)
Eko Jalu Santoso (EkoJaluSantoso.com)
Eko Wanz (EkoWanz.info)
Eko Wahyu (EkoWahyu.com)
Eko Pramuyanto (MasEko.com)
Eko Priyanto (Info-Baru.com)
Eko Prasetyo 1 (EkoPrasetyo.com)
Eko Prasetyo 2 (SimplyEko.com)
Eko Sulis (EkoSulis.net)
Eko Prasojo (EkoPrasojo.com)
Eko Purnomo (EkoPurnomo.net)
Eko Susilo Harjo (kakeko.wp)


Eko Sulistyo (PengelolaKeuangan.wp)
Eko Juli (EkoJuli.wp)
Eko Sriyantono (CakEko.blog)
Eko Setiawan (BlackKingdom.blog)
Eko Yudiono (Farrelano.blog)
Eko HM Arata (SerampaiKata.blog)
Eko Budi Prasetyo (Amphie09.blog)
Eko Purwanto (WebMediaCenter.com)
Eko Junaedi (EkoJunaedi.blog)
Jazi Eko Istiyanto (JaziEko.com)
FX Eko Budi Kristanto(FXEkoBudi.net)
Didik Eko Tjahjono (DidikEkoTjahjono.com)
Sigit Eko S. (IlmuPhotoshop.com)
Richardus Eko Indrajit (BlogEko.com)


Bahkan perusahaan luar negeri pun ada yang memakai nama Eko lho:
- Eko System, perusahaan software asal Prancis
- Eko, perusahaan finansial asal India

Saya yakin masih banyak Eko-Eko lain yang juga seorang blogger seperti nama-nama di atas. Tapi saya kecapekan sendiri menelusurinya, so cukup sampai di sini saja daftarnya. Bung-bung mungkin mau menambahkan?

Gambar dari: www.icanhasstartup.com/interviews/interview-eko.


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

22 komentar:

  1. wah banyak banget ya bung :D saya sendiri sih rasanya gak terlalu banyak kenal orang yang namanya Eko.. tapi banyak kenal orang yang namanya Jimmy.. hehe mungkin karena nama sendiri jadi lebih diperhatikan ya :D

    BalasHapus
  2. ha ha ha ... bikin aja club sepakbola, cukup dengan nama EkoFC.

    bagi saya tidak mengherankan kalo nama Eko begitu mendunia eh mengIndonesia ding. satu alasan karena nama Eko cukup memiliki arti yang luar biasa.
    diambil dari bahasa sansekerta nama Eko memiliki makna angka satu atau nomor satu. saya yakin mereka yang memberikan nama itu punya harapan kelak dimasa yang akan datang si pemilik nama Eko ini benar-benar menjadi orang nomor satu (dalam hal-hal positif tentunya). orang jawa mengatakan "asmo kinaryo jopo" dalam nama tersirat do'a.

    BalasHapus
  3. Wah menariiiik ^_^
    Iya sekarang saya baru sadar bung, nama Eko selalu ada juga di perjalanan hidup saya hehehe, tapi saya ngga sehebat bung yang masih ingat secara detail..kalau saya ya lupa-lupa ingat gitu :). Sama seperti nama Joko, Agus, Ade dan lain2, nama Eko juga sepertinya nama anjuran orang2 tua dahulu kali ya. Hmm, buset ada juga ya grup facebooknya? hahaha seru banget!
    Nama sama, tapi brand berbeda bung :)
    Cerio!

    BalasHapus
  4. Dari banyak blog milik Eko-Eko di atas, saya cuma familiar sama EkoNurhuda, BungEko, dan MasEko dot com. Ternyata pasaran banget ya nama Eko itu..wkwkwkkk.

    Walau pasaran, mas Eko pemilik EkoNurhuda dan Bungeko sudah cukup sukses dalam membranding diri dan blognya kok (di dunia maya). Blog EkoNurhuda dan Bungeko sudah cukup unik dari blog-blog berlabel eko lainnya.

    BalasHapus
  5. lucu ya, kalau nama gus ikhwan nama pasaran ga ya
    bung eko aneh² aja postingannya
    tapi gus juga sependapat dengan mas is, sejak dulu nama eko ada dan tersebar di jagat blogosphere gus cuman yang ingat nama ekonurhuda.com, bungeko.com dan eko nurhuda, dan nickname ecko yang udah metamorfosis menajdi bung eko

    BalasHapus
  6. ini mirip tulisan yang di ekonurhuda dulu bung ?

    BalasHapus
  7. kalo udah banyak kayak gitu, kata orang marketing sih, tinggal gimana bikin diferensiasi supaya tidak tenggelam di lautan eko.

    BalasHapus
  8. Yaaaa.. kira kira begitu deh :D
    -kaboooooooooooooooooor (sebelom ditimpuk sendal)-

    BalasHapus
  9. Hehehe,,, gak papa kang. Yang penting orangnya gak pasaran alias punya kekhasan tersendiri :D

    BalasHapus
  10. Banya juga y mas nama eko itu, saya juga punya teman yang namanya eko sudah lebih dari 2 orang ^_^ .
    Salam kenal bung, kunjungan pertama saya ... :D

    BalasHapus
  11. wah memang pasaran Om.. ha..ha.. kalau saya malah jarang Om.

    BalasHapus
  12. kalo amsi kayaknya belum banyak yang punya:-)
    o ya saya masih menantikan kedatangan hadiah dari bung Eko, he2 ...

    BalasHapus
  13. Nama EKO memang Niche abisss…
    Banyak orang tua di Jawa hususnya yang memberi nama Eko buat anaknya yang pertama, diambil dari kata Eka, yang berarti satu atau ke satu, atau yang pertama. Beda jawa beda pula sunda. Di Jawa, harusnya Eko Romdhoni, karena di Sunda, maka jadi Eka Ramdhani, pemain PERSIB

    BalasHapus
  14. Ada-ada saja sih kehidupan mas Eko, toh nama itu harusnya mesti disyukuri, tetep aja kan yang terkenal itu Eko Nurhuda, terkenal sebagai blogger.

    BalasHapus
  15. Maaf baru bales, koneksinya ngadat beberapa hari ini. Mohon maklum. ^_^

    Jimmy:
    Iya, Koh. Karena nama sendiri jadi setiap ketemu orang bernama Eko langsung deh klik dan diinget terus. :D

    fatchur:
    Wah, saya malah baru tahu nih sama istilah 'asmo kinaryo jopo' itu. :D

    Darin:
    Hehehe, emang nama pasaran, makanya di mana-mana juga pasti ketemu deh sama yang namanya Eko.

    iskandaria:
    Hehehe, itu karena kebetulan kita sudah saling mengenal jauh lebih dulu dibanding blogger lain yang bernama Eko, Mas. Hehehe...

    gus ikhwan:
    Hehehe, ada banyak bintang di langit, tapi hanya 1 yang bersinar terang. Itulah bintang kejora. Hehehe...

    ismail:
    Walah, kok masih inget sih? Tapo gak plek 100% kok, banyak bedanya.

    Blog Hardim:
    Setuju...

    mastanto:
    Hahaha, gak perlu kabur. Kecuali emang buru-buru bacanya. :p

    thom:
    Nah, kalo untuk yg satu itu saya gak berani menilai diri sendiri dunks. Tar dibilang gak objektif saya. :D

    satrya:
    Bukan cuma banyak, tapi sudah terlalu banyak. :D
    Salam kenal kembali, Bung...

    blogger gembloeng:
    Ah, siapa bilang? Saya sering kok liat orang gemblung di jalanan. Wakakaka...

    amsi:
    Sabar, hadiahnya pasti dikirim, tunggu tanggal mainnya ya. Btw, kok sekarang komentarnya cuma ala kadarnya saja? :p

    munawar am:
    Hahaha, emang IM pake niche segala?
    Btw, saya dulu sampe SMA sama Pakdhe2 dan Budhe, juga simbah dipanggil Eka. Alasannya, saya gak bisa bahasa Jawa. Lha, begitu saya cas cis cus bahasa Jawa langsung deh dipanggil Eko. Hahaha...

    Reza Winandar:
    Oh, tentu saja saya bersyukur, Bung.
    Bukankah nama itu doa? Mudah-mudahan dengan menyandang nama Eko saya bisa menjadi benar-benar menjadi yang 'nomor satu' kaya tvOne. ^_^

    BalasHapus
  16. ketawa dulu boleh kan bung ? wkkkk......iso - iso wae sampean iki gawe postingan. nama eko itu bukan nama pasaran kok bung. setahu saya, nama pasaran itu. pahing, kliwon, legi dan kawan - kawanya hehe...jadi kalau ada yang bilang, nama eko itu nama pasaran maka saya akan bilang, tidak !!

    BalasHapus
  17. nama saya juga cukup pasaran :D

    BalasHapus
  18. Blogger Terpanas:
    Hehehe, Mas Arif juga bisa aja. Nama pasaran itu maksudnya nama yang paling banyak ditemui di pasar. ^_^

    arif:
    cukup. :D

    BalasHapus
  19. emang pasaran sih, tapi...setiap orang kan punya nama belakangnya. nah, manggilnya pake nama belakang aja. hehhee.btw, kalo mo ikutan lomba review masih keburu kok. tgl 10 mei terakhir.

    nanti kalo lomba cerpen dan puisi diadakan, pasti diumumkan di blog deh.

    BalasHapus
  20. fanny:
    Wah, Mbak Fanny mau mampir. Thanks a lot, Mbak.
    Oke deh, kalo gitu saya ikutan. Mikir dulu mana yang mau di-review. Mmmm, mungkin blog yang Mbak Fanny pake untuk komen di sini aja kali ya? ^_^

    BalasHapus
  21. untung nama bungzhu dan Horas agak langka...
    jadinya ga pasaran kan...hahaha

    BalasHapus