Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Minggu, 16 Mei 2010

YANG maniak membaca dan rajin "nongkrong" dengan komunitas pecinta buku di internet tentu sudah tahu GoodReads.com, situs jejaring sosial yang khusus mewadahi para pecinta buku dan juga para penulis-pengarang di seluruh dunia.

Saya sendiri sudah cukup lama tahu nama situs ini, sempat pula beberapa kali mengunjunginya, namun baru mendaftarkan diri beberapa hari lalu.

Bagi penulis, GoodReads adalah tempat yang bagus untuk mempromosikan diri sekaligus mempromosikan bukunya ke para pecinta buku. GoodReads mengklaim punya 3,2 juta member plus lebih dari 94 juta judul buku yang ditambahkan oleh anggota GoodReads di seluruh dunia.

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah mengingat banyak pecinta buku yang belum bergabung dengan GoodReads, dan juga belum semua buku yang pernah terbit datanya tersimpan di database GoodReads.

Dengan member sebanyak itu, seorang penulis dapat mempromosikan buku-buku terbarunya secara massif dengan biaya promosi yang boleh dibilang nol rupiah. Cukup upload sampul bukunya, isi keterangan teknis buku tersebut, beri sedikit review, dan rekomendasikan ke semua member GoodReads. Cara lain yang tak kalah ampuh adalah dengan memberikan giveaway alias buku gratis.

Nah, ini dia poin posting saya kali ini. Bagi para pecinta buku, salah satu manfaat bergabung dengan GoodReads adalah kesempatan berburu buku gratis. Ada sejumlah penulis yang rutin membagi-bagikan buku-bukunya secara gratis melalui program giveaway di GoodReads. Untuk memperoleh buku tersebut, kita cukup mendaftar sebagai member GoodReads, mengaktifkan akun, lalu melongok ke halaman giveaway. Di halaman itu terpajang sejumlah buku yang dibagikan gratis oleh penulisnya. Pilih saja buku yang diminati, lihat keterangan detil mengenai bukunya atau persyaratan mengikuti giveaway tersebut, lalu kalau sreg tinggal klik saja tombol "Enter to Win" yang ada di halaman bersangkutan.

Sebelum mengikuti sebuah giveaway, perhatikan dulu apakah member dari Indonesia boleh ikut, kapan batas akhir pelaksanaannya, dan berapa jumlah buku yang dibagikan. Sampai saat posting ini ditulis, kebanyakan buku yang dibagikan gratis adalah karya penulis luar. Tapi tenang, member GoodReads dari Indonesia tetap bisa berpartisipasi kok. Lihat saja daftar kode negara yang diijinkan ikut. Kalau ada kode "ID", berarti member asal Indonesia boleh ikut bersaing dengan member-member lainnya.

Kemudian, biasanya buku yang dibagikan hanya 1 eksemplar, jumlah yang cukup sedikit mengingat 1 giveaway selalu diikuti oleh ratusan peminat. Anda boleh khawatir tidak bakal menang mengingat persaingan yang demikian ketat. Tapi ini terbilang fair mengingat jangka waktu giveaway dibatasi antara 1-2 bulan. Setiap kali 1 event berakhir dan menghasilkan 1 pemenang yang berhak atas buku gratis yang dibagikan, umumnya si penulis akan membuat giveaway lagi. Jadi, kalau di kesempatan pertama tidak beruntung, kita bisa terus mencoba sampai dapat. Toh, sama sekali tidak dipungut biaya untuk mengikutinya.


Dapatkan buku ini GRATIS di GoodReads.com.
Oya, mungkin ada yang bertanya bagaimana cara untuk menentukan pemenangnya. Apakah penulis yang akan memilih 1 dari sekian banyak peminat sebagai pemenang? Tidak. Penulis sama sekali tidak dilibatkan dalam pemilihan pemenang giveaway. Pememang akan dipilih secara otomatis oleh sistem GoodReads. Penulis hanya akan menerima email berisi nama dan alamat pemenang agar bukunya segera dikirim. Bagaimana, cukup fair, bukan?

Karena terlihat sangat menantang, maka saya pun mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri pada sejumlah giveaway. Saya juga langsung terbersit ide untuk memberikan giveaway buku 10 Cara Efektif Mencari Uang dengan Blog Berbahasa Indonesia untuk para anggota GoodReads di Indonesia. Maka, saya pun membuat giveaway dan menyiapkan 1 eksemplar buku tersebut. Eh, kebetulan sekali saya menjadi penulis Indonesia satu-satunya yang membagikan buku gratis di GoodReads, dan buku 10 Cara Efektif Mencari Uang dengan Blog Berbahasa Indonesia menjadi satu-satunya buku berbahasa Indonesia di halaman giveaway GoodReads. ^_^


Ingin mendapatkan buku 10 Cara Efektif Mencari Uang dengan Blog Berbahasa Indonesia secara gratis di GoodReads? Silakan meluncur ke sini!


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

15 komentar:

  1. Wah, salut ya Bung karena menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang membagikan buku gratis di GoodReads. Mungkin karena belum banyak yang tahu. Atau malah belum banyak yang berminat menjadikannya sebagai sarana berpromosi yang efektif dan efisien.

    Saya sudah berkunjung ke situs tersebut, terutama link menuju buku Bung Eko itu. Nanti saya mau coba daftar ah. Tapi saya cuma berharap buku berbahasa Indonesia saja (soalnya bahasa Inggris saya ancur banget) wkwkwkwk.

    BalasHapus
  2. Gara-gara bung Eko nih saya jadi pengen aktif lagi di goodreads :). Dan untungnya setelah saya lacak di email, passwordnya bisa ketemu lagi hehe.

    Dari artikel ini saya jadi lebih tau kegunaan goodreads. Ok deh saya ikutan lagi :)

    Saya jg daftar tuk dapetin giveaway ni buku. Moga2 dapet deh :)

    BalasHapus
  3. Selama ini suka download e-book gratis,, dengan info ini, ada kegiatan baru sekarang dan saya sangat-sangat berminat,,
    Trima kasih infonya Bung,,,,,

    BalasHapus
  4. keren... keren...! jadi yang pertama di goodreads, selamat buat buku mas eko. semoga bisa jadi promosi juga untuk bukunya.

    BalasHapus
  5. Kayaknya kehidupan Mas Eko ini gak pernah jauh dari yang namanya buku.

    Salut neh, karena Mas Eko satu2nya penulis dari Indonesia yang membagikan buku gratis di GoodReads

    BalasHapus
  6. Wah mantep infonya, apakah buku2nya ini berbahasa inggris semua atau ada juga yang bahasa indonesia?
    Secara kalau bahasa inggris bisa capek bacanya
    (coz model translate kalau baca buku bahasa inggris)

    BalasHapus
  7. Bolehlah ni infonya dicoba..

    BalasHapus
  8. good reads .. you are what you read ...
    mas eko memang mantap kalo sudah membahas masalah buku, baik buku yang fisik maupun buku digital. nambah referensi mas buat baca-baca buku luar, apalagi ada program giveaway nya. mudah2an aja beruntung ...
    seperti hari ini, saya merasa menjadi orang yang beruntung karena hadiah yang dijanjikan Bung Eko telah saya terima ... terima kasih ya Bung ...

    BalasHapus
  9. sebelumnya mau kasih senyuman terindah buat bung eko ah....hehehehe....bung eko memnag informatif jika urusa yang beginian. mantap banget infonya bung, langsung meluncur ke tkp

    BalasHapus
  10. Saya sudah register ke situs goodreads Bung. Saya juga sudah mengklik tombol get win pada halaman buku Bung Eko tersebut. Semoga saya tidak salah pencet ya ^_^ Oya, tampilan situs tersebut sangat simpel menurut saya, dengan warna latar putih yang sangat dominan. Rasanya kok kurang rame dan terkesan hambar.

    BalasHapus
  11. Satu-satunya penulis Indonesia dan buku berbahasa Indonesia? Lalu siapa yang rebutan dong? Kan mayoritas orang luar semua, ah sudahlah yang penting seru.

    BalasHapus
  12. Wah main kesana ah... Siapa tahu banyak buku bagus yang bisa didownload gratis... hahaha *mental gratisan mode ON*

    BalasHapus
  13. Wah, bagus juga ya infonya. Perlu juga bih mengunjungi situs tersebut

    BalasHapus
  14. iskandaria:
    Hehehe, itu mah kebetulan aja kali ya? Kebetulan saya yang pertama kali kasih giveaway di Goodreads. Gak lebih deh. :D

    Darin:
    Oke deh, selamat menanti keputusannya ya... :D

    ago:
    Cuma bedanya, kalo ebook gratis pasti dapet. Nah, kalo di GoodReads mah belum pasti dapet karena mesti bersaing dengan banyak orang di seluruh dunia. Jadi, siap-siap kecewa aja...

    Blog Hardim:
    Hehehehe, emang niatnya promosi kok. ^_^
    Tahu aja sih?

    Anthony Harman:
    Hehehehe, biasa aja ah, Koh. Kebetulan aja saya yang pertaa bagi buku gratis di GoodReads. Yang lain belum sempat kali, pada sibuk. :D

    buJaNG:
    Kebanyakan buku-buku bahasa Inggris, Bung.
    Tuh, sampai sekarang baru saya yang bagiin buku gratis berbahasa Indonesia. ^_^

    Khariss:
    Wajib coba tuh...

    amsi:
    Hehehe, maaf kalo hadiahnya lama banget baru dikirim. :D

    Blogger Terpanas:
    Terima kasih, terima kasih...

    iskandaria:
    Jangan tertipu sama tampilan, Bung.
    Coba intip siapa saja di belakang situs komunitas luar biasa ini, baru deh kita bisa lihat betapa serius dan valuable-nya situs ini. :D

    Reza Winandar:
    Jangan salah, orang Indonesia buanyaaaaak bangeeeeets yang jadi member GoodReads lho...

    Hangga Nuarta:
    Hehehe, lagi buru-buru nih kayanya.
    Buku kok di-download sih? :p

    Ifan Jayadi:
    Wajib, Bung! :D

    BalasHapus
  15. masih belum familiar nih sama goodread..tapi thanks atas info nya ya mas :)...sekalian nitip promosikan buku saya juga heee...

    BalasHapus