Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Jumat, 16 Juli 2010

MASIH ingat cerita tentang ulah scammer bernama Mr. Ibrahim Milha yang saya posting bulan lalu?

Ternyata scammer serupa itu masih terus berkeliaran. Tapi kini modusnya berganti. Jika dulu rata-rata mengaku sebagai orang kaya yang sekarat dan tidak punya sanak-saudara, sekarang para scammer itu mengaku sebagai orang Indonesia yang mempunyai kenalan investor luar negeri. Nah, kita diminta membantu investor tersebut.

Agar lebih jelas, monggo disimak email scam yang bolak-balik masuk ke dalam kotak spam mailbox saya berikut ini (sudah saya edit dan dilengkapi dengan titik-koma biar enak bacanya):

Dear,

Perkenalkan, nama saya Ria Citra. Saya tinggal di London, namun berasal dari Indonesia. Saya bertemu seorang bankir (bernama) Mr. Clement (yang) berniat untuk datang berinvestasi di Indonesia. Dia menasihati saya untuk mencari seorang teman di Indonesia yang dapat membantu dia berinvestasi. Apakaha Anda bisa membantu Mr. Clement?

Mr. Clement sendiri adalah seorang Direktur Executive yang mengurus pengkreditan dan Nota Luar Negeri di Bank Of Citibank (UK) PLC. Beralamatkan di 11 Earl Grey Street Edinburgh, EH3 9B. Dia ingin mentransfer uang sebanyak 5,000,000.00 pounds dan menggunakannya untuk berinvestasi di Indonesia .

Apabila anda berminat membantu, mohon anda bisa membantu juga dalam:
1. Membantu dalam hal transfer dana yang dimaksud
2. Memberikan arahan dalam hal-hal yang patut diinvestasikan
3. Membantu membeli harta perumahan di Indonesia

Apabila anda berniat untuk membantu dia dalam tranksaksi ini, anda diberikan 30% dari jumlah dana 5,000,000.00 Pounds. Mr. Clement akan sangat senang apabila anda bisa membantu dengan memberikan NOMOR TELEPON anda, ini supaya Mr Clement bisa memberikan informasi lengkap tentang cara, prosedur, dan berbagai macam hal yang berhubungan agar dana ini bisa ditransfer atau tersedia untuk anda.

Saya menunggu balasan dan reaksi positif anda. Apabila anda BERMINAT membantu saya dan Mr. Clement, silahkan memberikan BALASAN BERUPA EMAIL KE: r_citra28@hotmail.com

Hormat,
Ria

Nah, siapa yang mau membantu Ria Citra dan Mr. Clement? Gila, imbalannya tidak main-main lho, 30% dari 5 juta pound! Padahal paman saya yang jadi perantara sewaktu tender proyek tol Pantura Jawa dilelang, hanya dijanjikan komisi 1% saja jika berhasil memenangkan tender. Hmmm...

Semoga rekan-rekan lain yang mendapatkan email seperti ini tidak tergiur, dan lebih baik langsung dihapus saja dari kotak spam.


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

23 komentar:

  1. Haduh, ternyata inbox email itu sampai juga ya di email sampean mas..
    Di inbox emailku kayaknya dah puluhan kali masuk, tapi tak lihat juga ada lainnya yang pakai email itu dengan nama lain. Bedanya hanya di namanya saja

    BalasHapus
  2. Hihihi... sorry mas, salah nulis. Harusnya "inbox" email untuk email yang ke-2 :D

    BalasHapus
  3. terima kasih mas eko, atas infonya, tapi sebelumnya teman saya ada yang serupa mempunyai kasus seperti itu, hanya beda pengirimnya...he,
    semakin hari kita harus dituntut untuk semakin waspada terhadap tawaran yang masuk lewat email kita... Ok, semangat!

    BalasHapus
  4. betul benar kata eimiemotivator di atas.
    kita memang dituntut waspada.

    Jika dulu mereka hanya berani kontak lewat sms. Sekarang sepertinya mereka bahkan berani kontak lewat telpon untuk lebih meyakinkan mangsanya.
    Hingga tak jarang sebagian orang yang butuh duit sepertinya terpengaruh.

    kalau pengalaman saya sih dapat yang beginian lewat YM, namanya johnwhite. Ada yang kenal?

    Bilangnya ia seorang pengacara suatu bank di Afrika yang kebetulan memiliki dana gelap namun diyakini berasal dari Indonesia dan dapat diambil jika ditransfer ke Indonesia.

    Modusnyapun dibuat seperti masuk akal. Dia meminta orang Indonesia untuk dianggap menjadi pemiliknya dengan catatan jika telah di transfer maka kita diminta mentransfer ke rekening mereka kembali.

    Namun yang bikin saya curiga adalah kita harus membayar terlebih dahulu ke mereka sejumlah uang untuk memuluskan rencananya.

    Untung deh ndak percaya aja. Karena banyak beredar bahwa orang afrika banyak yang penipu.

    Tapi satu pelajaran yang dapat saya peroleh karenanya, mereka sepertinya dilatih bersabar menghadapi banyak orang dengan beragam tipe.

    Maaf ya komentnya kepanjangan. Sekedar sharing

    BalasHapus
  5. Yang kayak gitu cukup sering saya dengar Bung. Malah seringkali saya dapet email gak jelas kayak gitu. Males banget deh bacanya. Langsung saya hapus aja. Udah hafal soalnya dengan gaya email modus kayak gitu :D

    BalasHapus
  6. kebetulan saya menyedot email pake Outlook. email-email semacam ini tiap hari masuk di bulkspam email, tapi tiap kali ada email seperti ini, tanpa saya baca dulu, langsung saya delete permanently :-)

    BalasHapus
  7. Kalo email dari Ria Citra ini, saya belum pernah Bung,, Intinya mereka tetap melakukan penipuan, hanya modusnya yang diganti, mungkin modus sebelumnya sudah ketahuan,,,
    Memang kita sebagai pengguna Internet harus cerdas, kasihan pengguna internet pemula apalagi yang pingin langsung kaya,,,

    BalasHapus
  8. Wah, perlu diwaspadai nih. Saya baru tahu soal ini bung. Tidak pernah email seperti ini masuk diinbox. Mungkin di SPAM ada, tapi saya tidak pernah membaca email di SPAM.

    BalasHapus
  9. buJaNG:
    Sepertinya sih sampai ke mana-manawong dia kan mengincar korban secara serampangan, tanpa pandang bulu. Untung saya gak punya bulu. Hahaha...

    eimiemotivator:
    Yup, kuncinya jangan mudahtergiur iming-iming uang banyak dengan mudah dalam waktu cepat. Apalagi dengan cara yang tidak amsuk akal.

    afdil:
    Walah, ada juga yang pake YM? Keren sekali tuh scammer. Hmmm, segala jalan sudah dicobai ternyata ya? :D

    iskandaria:
    Untungnya email saya bermesin Google yang bisa langsung memasukkan email tidak jelas ke dalam tong sampah alias spam.

    amsi:
    Kalau saya sih tetap dibaca, buat iseng-iseng aja,. Hehehe...

    ago:
    Dulu saya pernah iseng-iseng mengikuti permainan mereka, Bung. Tapi karena takut terjadi apa-apa, saya langsung mundur teratur seteah mendapat telepon.

    Agung Prasetyo:
    Awalnya amsuk inbox, Bung. Tapi setelah saya tandai spam langsung masuk deh ke spam,ada tuh dikirim sam[pe beberapa kali, tapi masuk ke spam terus. Kasihan dia... ^_^

    BalasHapus
  10. saya juga sering mendapatkan email scam seperti itu mas.. selalu modusnya ingin investasi di indonesia ataupun punya warisan karena suaminya meninggal dunia. Dulu pernah balas, tp karena tidak ada tanggapan ya udah gak jadi hehe..
    Ada juga email scam yang menang loterry.. pokok banget pokoknya tipsnya

    BalasHapus
  11. saya banyak juga mendapati indox email seperti email scam ala rita, Mas. Sementara hanya masuk le box spamm. Mudah-mudahan tidak masuk ke inbox.

    Btw... itu sang paman dapet 1% dari tender berapa gede yaahhh?

    BalasHapus
  12. Wah, ini sih lagu lama - irama baru. Dulu yang sering melakukan penipuan kayak gini adalah orang2 dari Afrika... Om saya bahkan pernah jadi salah satu korbannya.

    Eh, agaknya sekarang sudah menular ke bangsa kita sendiri

    BalasHapus
  13. Tetapi sepertinya scam ini dioperatori manusia ya, bukan mesin. :S

    BalasHapus
  14. jawaban untuk bung eko: ebook ini ditrbitkan sendiri mas, maklum ditolak mulu... hehe. tapi kalau mas mau bantu menerbitkan dalam bentuk buku, saya sangat berterima kasih... isi bukunya sih kumpulan cerpen saya waktu SMA, wah pokonya seruuu... he

    BalasHapus
  15. parah banget ya para scammer. gw ga tau kenapa ya orang kok menghalalkan segala cara hanya untuk sebuah dunia yang sementara.....halah lebay bgt ga sih :P

    BalasHapus
  16. hehe...ada2 saja orang ya, segala cara dilakukan neh

    BalasHapus
  17. wah..imbalannya lumayan tuh bung. kenapa ga diambil aja,,,hahaha

    BalasHapus
  18. Koq aku belom pernah dapet ya email begitu ?

    hehe

    BalasHapus
  19. tomi:
    Hehehe, saya dulu juga pernah iseng mengikuti permainan mereka. Tapi pas orangnya beneran nelpon saya jadi mundur, takutnya kejebak jaringan narkoba internasional yang lagi nyari kurir.

    munawar am:
    Saya gak tahu nilai tendernya, yang jelas paman saya gak menangin tender itu. Proyeknya sekarang sedang dibangun, itu tol pantura Jawa.

    Anthony Harman:
    Mungkin pelakunya masih orang itu-itu juga, Koh. Tapi sekarang modusnya saja yang berganti, termasuk mengubah nama menjadi nama-nama Indonesia.

    ArdianZzZ:
    Maybe yes, maybe no...

    eimiemotivator:
    Semangat terus, Bung...

    ismail:
    Prinsipnya H3 sih, halal-haram hantam!
    Atau, pikirannya sudah diracuni pameo: yang haram aja susah, apalagi yang haram.
    Hahaha....

    Mr, Kem:
    Ya.

    sahabat blogger:
    Gak nyambung...

    lady kingdom:
    Lha, meneketehe...
    Hahaha....

    BalasHapus
  20. Wew, kalo kita menjalankan logika pasti ga ketipu deh, soalnya penipuan semacam ini cuma ditujukan untuk orang yang logikanya rendah.

    BalasHapus
  21. Benar sekali mas,beberapa acc email saya dapat kiriman dari ria citra dan saya balesi juga.tapi saya beri acc paypal saya eh nggak dapat balasan :d

    BalasHapus
  22. Reza Winandar:
    Wah, kalo untuk urusan logika, saya milih no comment aja deh. :D

    Diah:
    Hehehe, maksudnya mau balik ngerjain gitu, Mbak? :D

    BalasHapus
  23. Saya jg pernah hampir ketipu ma scammer mas, tp modusnya sm sekali beda.
    yg sy alami modusnya mencari jodoh krn sy emang terdaftar di suatu biro jodoh. sempat ketipu ma identitasnya & rayuan gombalnya, tp sy merasakan kejanggalan, sampe akhirnya kecurigaan terbukti.
    untungnya sy msh berpikir rasional.
    kebanyakan scammer yg menghubungi sy adl org malaysia (dugaan sy berdasarkan almt,no rek,scan dll yg dikirim ke email). itu yg bikin sy semakin membenci malaysia (krn selalu mencari korban org Indonesia)

    BalasHapus