Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Jumat, 10 September 2010

MENYADARI bahwa komentar adalah bentuk lain dari interaksi sosial antarblogger, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar hubungan ini berjalan langgeng tanpa merugikan salah satu pihak. Kita sebut saja ini sebagai etika dalam berkomentar.

Sebagian blogger mengatakan bahwa komentar adalah cerminan dari si pembuat komentar tersebut. Dengan kata lain, komentar menunjukkan jati diri pembuatnya. Seorang blogger dapat menilai atau bahkan menghakimi blogger lain dari komentar yang dibuat. Dan tentu saja ia akan memutuskan sikap apa yang harus diambil terhadap blogger tersebut setelah membaca komentarnya. Kemungkinannya hanya ada dua, simpati atau antipati.

Sama seperti orang kebanyakan, blogger juga tidak suka dengan pengunjung yang tidak tahu sopan-santun. Karena itu perhatikan baik-baik etika dalam berkomentar agar pemilik blog dan juga pengunjung lain menaruh simpati pada Anda. Ingat kembali bahwa berkomentar bukan sekedar menanggapi isi posting atau meninggalkan link. Berkomentar adalah upaya untuk membina hubungan dengan blogger lain. Kalau ingin hubungan tersebut berjalan baik, mulailah dengan cara yang baik pula.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat berkomentar di blog lain:

1.Bacalah posting sampai habis dan pahami isinya
Untuk bisa meninggalkan komentar yang baik, Anda harus memahami apa yang ditulis seorang blogger dalam postingnya. Karena itu, selalu baca baik-baik posting tersebut, tangkap apa inti yang hendak disampaikan, baru tinggalkan respon Anda. Jangan biasakan untuk langsung menyimpulkan isi posting hanya dari judulnya saja, atau hanya dengan membaca paragraf akhir. Beberapa tulisan memang dapat dengan mudah ditebak isinya hanya dengan membaca judul dan alinea pertama atau terakhir, tapi Anda akan terjebak jika blogger tersebut ternyata meletakkan pokok pemikirannya di tengah-tengah tulisan. Kalau Anda salah memahami isi posting, tentu saja komentar Anda bakal tidak sesuai alias nggak nyambung.

Saya tahu Anda tidak mungkin membaca habis setiap posting di blog yang Anda kunjungi, sementara Anda tidak hanya berkunjung ke satu blog saja. Ada keterbatasan waktu di sini, terlebih bila Anda mengakses internet dari warnet di mana semakin lama Anda mengakses semakin banyak pula biaya yang harus Anda keluarkan. Tapi hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan kecepatan membaca Anda. Caranya? Latih terus dengan banyak membaca. Semakin rajin Anda membaca, maka semakin terlatih mata Anda untuk membaca secara cepat.

2.Tanggapi isi posting
Ingat kembali manfaat yang dapat diambil dari komentar, yaitu membuka peluang terjadinya sebuah diskusi. Karena itu, sampaikanlah tanggapan terhadap isi posting. Kalau Anda sependapat dengan pemilik blog, berikan apresiasi padanya dan uraikan kenapa Anda juga berpendapat sama. Sebaliknya, jika Anda berbeda pendapat jangan bersikap antipati. Tetap berikan apresiasi pada pendapat blogger tersebut. Selanjutnya Anda bisa menyampaikan ketidaksetujuan Anda dengan dilengkapi argumen-argumen pendukung. Yang terpenting, meskipun berbeda pendapat Anda tidak boleh melupakan sopan-santun. Hargai pendapatnya, dan iapun akan menghargai ketidaksetujuan Anda.

3.Jangan meninggalkan link yang tidak perlu
Walaupun komentar bisa jadi sarana promosi yang murah dan efektif, namun Anda sangat tidak disarankan untuk meninggalkan link yang tidak perlu di badan komentar. Cukup berikan link di kolom yang telah disediakan, yakni sebagai identitas. Memberikan link tambahan di badan komentar dapat dianggap sebagai spam, terlebih bila link tersebut tidak relevan dengan isi posting.

Saya sering menjumpai komentar-komentar yang diselipi iklan berbentuk link di kolom komentar blog saya. Bukan hanya menyebalkan bagi saya selaku pemilik blog, komentar seperti ini juga tidak disukai pengunjung lain karena mereka tahu merekalah ‘target’ dari promosi terselubung tersebut. Menyebarkan promosi sah-sah saja, tapi tidak dengan cara menyelipkannya ke dalam komentar di blog.

4.Jangan pernah menggunakan kata-kata kasar
Masih ada kaitannya dengan poin ketiga, terkadang seorang blogger terpancing untuk ‘menyerang’ blogger lain hanya karena merasa tidak sependapat dengan apa yang ditulis oleh blogger tersebut. Namanya saja ‘menyerang’, biasanya blogger seperti ini menghalalkan segala cara demi menjatuhkan citra blogger yang tidak disukainya itu. Salah satu cara yang ia tempuh adalah menggunakan kata-kata kasar penuh emosional.

Ini merupakan kesalahan besar. Menggunakan kata-kata kasar, apalagi dengan emosi meluap-luap, tidak akan menjatuhkan citra siapapun kecuali diri sendiri. Berkomentar kasar hanya akan membuat hubungan Anda dengan blogger lain menjadi buruk. Kemungkinannya hanya ada dua. Kalau blogger yang Anda ‘serang’ terpancing dan membalas dengan tak kalah emosional, yang timbul hanya perselisihan tanpa ujung. Sementara kalau blogger tersebut tidak terpancing, ini justru jauh lebih buruk akibatnya bagi Anda karena memperlihatkan betapa rendahnya perilaku Anda.

Coba tanya diri Anda sendiri, bagaimana perasaan Anda jika mendapat komentar bernada kasar? Betapapun sabarnya Anda menghadapi komentar semacam ini, tetap saja Anda merasa tidak suka. Begitu juga yang dirasakan blogger lain. Maka, jangan pernah berkomentar dengan kata-kata yang tidak sopan apalagi sampai mencaci-maki.
Jangan pernah lupa bahwa komentar Anda mencerminkan siapa diri Anda. Kalau ingin disenangi blogger lain, buatlah hatinya senang dengan meninggalkan komentar yang santun. Anda tidak harus selalu sependapat dengan blogger lain. Tapi kalau ada perbedaan, sampaikanlah dengan bahasa yang santun dan ramah.

5.Ucapkan terima kasih pada pemilik blog
Satu hal yang luput dilakukan blogger saat meninggalkan komentar adalah mengucapkan terima kasih pada pemilik blog yang ia kunjungi. Berterima kasih untuk apa? Untuk posting yang telah ia tulis. Diakui atau tidak, sedikit-banyak sebuah posting pasti memberikan manfaat bagi Anda. Mungkin setelah membaca posting tersebut Anda jadi tahu program online earning baru, atau mungkin Anda jadi tahu cara meningkatkan penghasilan dari blog, atau bisa jadi posting itu menerbitkan satu ide baru di kepala Anda. Apapun bentuk manfaat yang Anda rasakan—dan tak peduli besar-kecil manfaat tersebut, Anda patut berterima kasih.

Orang suka diberi ucapan terima kasih karena itu menandakan ia memberikan arti, memberikan manfaat bagi orang lain. Dan tidak ada hal yang paling menggembirakan hati kecuali mengetahui bahwa kehadiran kita membawa manfaat bagi orang lain di sekeliling kita. Karena itu, gembirakanlah hati blogger lain dengan secara tulus mengucapkan rasa terima kasih sebagai tanda bahwa posting yang ia tulis bermanfaat bagi Anda. Ini hal kecil memang, tapi percayalah efeknya sangat besar bagi hubungan Anda dengan blogger lain.

6.Gunakan tata bahasa yang baku
Bukannya bermaksud ‘sok formal’, tapi menulis dengan tata bahasa yang baku membuat tulisan jauh lebih enak dibaca. Anda memang tidak harus menulis sesuai EYD, tidak juga harus serapi tata bahasa dalam penyusunan skripsi atau tesis, tapi setidaknya perhatikan aturan-aturan penulisan yang umum seperti tanda baca, besar-kecil huruf, atau titik-koma. Bahasa yang digunakan boleh saja bahasa gaul karena sebagian besar pembaca memahaminya, tapi tanpa penulisan yang benar orang akan kesulitan menangkap maksud Anda. Jangankan memahami, baru membaca saja pengunjung sudah merasa tidak nyaman dengan tata bahasa yang berantakan itu.

Catatan: Dinukil dari buku 7 Langkah Mudah Mencari Uang lewat Blog (Gara Ilmu Yogyakarta, Februari 2010).


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

5 komentar:

  1. slamat hari raya idul fitri ya mas, maaf komentar saya nggak nyambung dengan content.

    BalasHapus
  2. setuju Bung Eko, memang rasanya menjengkelkan kalau komentar pengunjung tidak nyambung dan hanya numpang masang link saja..
    oh ya Bung, selamat Hari Raya Idul Fitri ya, mohon maaf lahir batin..

    BalasHapus
  3. Wah, kalo gitu komentar ini tergolong komentar yang beretika ga?

    BalasHapus
  4. Nah, ini nih yang harus dilakukan oleh blogger, kadang masih ada yg komentar url postingan dan lomba yg bikin broken link hiksss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sebaiknya gitu ya, Mbak. Cuma ya gitulah terkadang kasih komentar pun diselipi niat macem-macem. Yang paling banyak ya nyebar link gitu.

      Hapus