Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Selasa, 07 September 2010

ADA banyak manfaat positif yang dapat diperoleh jika Anda rajin meninggalkan komentar. Diantaranya adalah:

1.Memperbanyak backlink
Seperti pernah disinggung di bagian sebelumnya, backlink bisa diperoleh dengan meninggalkan komentar di blog lain. Apalagi sekarang sudah semakin banyak blog yang menganut dofollow, yakni pemberian backlink otomatis di kolom komentarnya. Setiap komentar yang Anda tinggalkan di blog yang menganut dofollow akan secara otomatis memberikan backlink pada blog Anda. Jadi, semakin banyak Anda berkomentar di blog-blog penganut dofollow, semakin banyak pula backlink yang Anda miliki.

Menariknya lagi, Anda bebas mengatur sendiri anchor text untuk link tersebut sesuai keinginan. Asyik, bukan? Itu semua hanya bisa didapat jika Anda rajin meninggalkan komentar. Jadi, ada baiknya Anda juga mencanangkan komitmen untuk melakukan blogwalking dan berkomentar ke beberapa blog berbeda setiap hari selama beberapa bulan.

2.Membangun citra
Kalau blogwalking bermanfaat positif dalam promosi blog, maka meninggalkan komentar adalah cara termudah namun sangat ampuh untuk membangun citra Anda. Sebagai blogger baru Anda butuh sesuatu yang istimewa yang tidak dimiliki blogger lain sehingga lebih diperhatikan. Dengan begini Anda dapat berkembang lebih cepat dan segera diakui di dunia blogger. Maka, tinggalkanlah komentar terbaik yang bisa Anda buat, dan lihat bagaimana blogger lain merespon Anda.

Jangan biasakan membuat komentar ala kadarnya seperti “pertamax”, “nice post”, atau “terima kasih, postingnya bagus”. Kalau boleh saya bilang, kata-kata semacam itu tidak bisa dikategorikan sebagai komentar. Kenapa? Karena dengan begitu Anda sama sekali tidak menyampaikan pendapat terkait isi posting. Anda tak perlu memutar otak untuk menulis begitu, bahkan Anda dapat membuat kata-kata seperti itu tanpa perlu membaca isi posting. Jadi, apa istimewanya? Buatlah komentar sedikit lebih panjang, tanggapi apa yang disampaikan si pemilik blog, atau berikan apresiasi dengan menambahkan pendapat Anda sendiri. Ini akan lebih dihargai oleh pemilik blog. Imbasnya, citra Anda menjadi positif.

Sebaliknya, jika Anda hanya meninggalkan komentar ala kadarnya saja, pemilik blog dan juga pengunjung lain akan menganggap Anda sekedar numpang lewat. Tidak ada yang peduli pada orang yang hanya numpang lewat. Lebih parah lagi, bisa-bisa Anda malah dianggap menyebar spam alias promosi terselubung.

3.Menambah trafik
Poin ini ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Di mana jika citra Anda sudah positif di mata blogger-blogger lain, secara alamiah mereka akan mengunjungi blog Anda. Setelah membaca komentar brilian yang Anda tuliskan di blog lain, mereka menjadi tertarik dan ingin mengetahui apa yang Anda tulis di blog. Logika sederhana mereka akan berkata, “Kalau komentarnya saja begini bagus, tentu posting di blognya jauh lebih bagus lagi.” Dan berbondong-bondonglah mereka mendatangi blog Anda.

Tentu saja Anda mesti membuat posting yang tak kalah bagus di blog. Lucu jadinya kalau komentar Anda di blog lain malah lebih bagus dari posting sendiri. Tulis posting yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca. Gunakan bahasa yang sopan, meskipun tidak baku tapi usahakanlah berbahasa secara santun. Dan yang terpenting adalah, selalu dorong pembaca untuk meninggalkan komentar.

4.Lebih akrab dengan blogger lain
Menjadi blogger pada hakikatnya adalah bersosialisasi dengan orang lain, sama halnya bersosialisasi dengan orang-orang di sekeliling tempat tinggal kita. Tujuannya juga sama, yakni menambah teman sebanyak mungkin. Hanya saja tempat dan caranya berbeda. Bila di dunia nyata kita bersosialisasi dengan cara berkunjung ke rumah tetangga atau mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan di lingkungan kita, di dunia blog cara bersosialisasinya dengan blogwalking alias saling mengunjungi blog dan meninggalkan komentar. Dari sini hubungan antara blogger satu dengan blogger lain akan terbina. Dan biasanya hubungan tersebut berlanjut ke dunia offline.

Banyak sudah blogger yang memperoleh teman baru karena blognya. Awalnya hanya saling kunjung-mengunjungi blog, lalu berlanjut ke saling menukar alamat email dan nomor handphone, sampai akhirnya berlanjut ke pertemuan tatap muka atau biasa kita kenal dengan istilah kopi darat (kopdar). Tak jarang dari pertemanan seperti ini lahir kolaborasi untuk meningkatkan penghasilan dari blog. Asyik, bukan?

Catatan: Dinukil dari buku 7 Langkah Mudah Mencari Uang lewat Blog (Gara Ilmu Yogyakarta, Februari 2010).


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

11 komentar:

  1. terus kaLo semisaL bLog yang dikasih komentar beLum juga baLik berkunjung, bagaimana itu Bung?

    BalasHapus
  2. Wah bung eko teteap eksis ya seputar komentar, memang susah membangun budaya komentar yang bermanfaat dan membangun.

    saya merasakan manfaat terbesar yaitu pada point ke 4. Tambah akrab, adalah hal positif pertama yng saya rasakan. Semenjak jadi blogger saya sudah mendapatkan teman - teman bahkan sahabat yg bukan hanya di dunia maya. Tapi sudah bisa kopdar dan berbagi manfaat.

    BalasHapus
  3. Hary Mulya:
    Hahaha, ini sindiran nih.
    Maaf Bung, saya selama puasa ini memang gak pernah ngenet, apalagi ngeblog. Semua postingan selama puasa adalah scheduled post. Harap maklum, dan terima kasih banyak atas kritik membangunnya.

    tito Heyziputra:
    Itu dia kehebatan positif dari blog, Bung. Cuma ya itu,kalau kita bisa mengelolanya dengan baik dan benar serta tulus hati tanpa maksud apa-apa selain menjalin persahabatan.

    Btw, salut untuk Bung tito Heyziputra yang sudah begitu konsisten berkomentar di blog ini,padahal saya jarang berkunjung balik. ^_^

    BalasHapus
  4. Sepertinya sudah cukup jelas bagi saya. :) Saya pernah menutup kolom komentar, eh pengunjung setia pada protes.

    BalasHapus
  5. Ditambah... ! Kalo ada Blogger yang cocok Co vs Ce
    bakal jodoh ahhahah

    BalasHapus
  6. wah jadi keduluan nih review bukunya :-) you are what you comment mungkin sudah saatnya dikampanyekan untuk melahirkan blogger sejati

    BalasHapus
  7. mengucapkan selamat idul fitri maaf lahir batin
    tulisannya sangat mengena , setuju. salam hangat untuk keluarga.

    BalasHapus
  8. Memperbanyak backlink, saya sangat setuju dengan yang satu itu karena itu alasan utama saya! #jujurdibulanpuasa

    BalasHapus
  9. Poin no 2 itu dalem banget..hehehe,maksudnya saya sering kasih komentar gitu sih..(maklum masih awam)
    terima kasih ya atas saran2nya..
    lanjutkan !!!!

    BalasHapus
  10. Nice article...Sangat inspiratif and helpfull,,,,good luck and salam kenal yach sob...by http://fikrisu.blogspot.com/

    BalasHapus