Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Selasa, 14 Desember 2010

HARI ini, Selasa (14/12/2010), tepat setahun saya membeli nama domain bungeko.com. Rasanya baru kemarin saya melakukan pembelian nama domain ini, niat awalnya pun hanya untuk kepentingan penulisan naskah buku saya yang berjudul Custom Domain, Cara Mudah Meriah Punya Blog Keren. Eh, tak terasa kok malah sudah setahun saya ngeblog dengan nama domain ini. ^_^

Pertanyaan yang banyak diajukan kepada saya begitu bungeko.com launching adalah: kenapa kok membuat blog baru? Beberapa sahabat yang saya ingat menanyakan hal ini antara lain Kang Munawar, Gus Ikhwan, Bung Annosmile, dan juga beberapa sahabat lain yang dulu sering mampir di blog saya terdahulu, EkoNurhuda.com.

Wajar kalau teman-teman sesama blogger bertanya begitu. Pasalnya, blog lama saya (yang sekarang nama domainnya sudah dijajakan orang di Sedo) duluuu sudah sangat established. Banyak halamannya yang cemanthel di posisi terbaik halaman hasil pencarian Google. Tak sedikit pula halamannya yang jadi rujukan blogger lain, bahkan sekitar 2-3 halaman di-link Wikipedia Indonesia. Jadi, mengapa kok tiba-tiba membuat blog baru?

Jawabannya sebenarnya sudah mulai terbaca pada posting-posting akhir saya di ekonurhuda.com: saya ingin berganti suasana. Ya, saya ingin punya blog yang temanya lebih luas, di mana saya bisa menulis apa saja yang ringan-ringan tapi berkesan, tidak lagi membahas tema-tema make money online, tidak lagi dollar oriented. Terutama sejak saya mulai nyemplung di dunia jurnalistik dengan magang sebagai reporter di Malioboro Ekspres dan Harian Jogja, yang secara otomatis menjauhkan saya dari kesibukan berburu dolar.

"Lebih baik diasingkan daripada hidup dalam kemunafikan."
-Soe Hok Gie-
Alasannya apa kok tidak mau lagi membahas tentang make money online atau make money blogging? Jawabannya sederhana, karena saya sudah tidak lagi aktif di dunia tersebut. Ya, sampai sekarang saya masih menerima penghasilan dari beberapa program online earning yang dulu saya ikuti. Tapi itu hanya berupa komisi referal, di mana setiap kali blogger-blogger yang saya referensikan ke program tersebut dapat komisi saya juga ikut kecipratan sekitar 5-10% dari penghasilan mereka. Saya sudah tidak lagi menulis paid review, tidak lagi berjualan link.

Satu-satunya program yang saya ikuti hanyalah PPC, yakni Google AdSense dan beberapa PPC lokal. Itupun saya jalankan dengan sangat santai, tidak ada perlakuan khusus. Jadi jangan heran kalau saya selalu menghindar kalau ada yang bertanya, "Sudah berapa digit, Mas?" Soalnya saya malu, jangan-jangan nanti malah penghasilan yang nanya yang lebih banya dari yang ditanya. ^_^

Begitulah, sayapun akhirnya menghidupkan blog ini. Tema tulisannya macam-macam. Kadang-kadang membahas sepakbola, lain waktu bercerita seputar uang lama, besoknya mengulas isu-isu terhangat--mulai dari Miyabi sampai Sri Mulyani, tapi lebih sering cuma omong kosong. Tapi, jujur saja saya justru lebih enjoy dengan blog ini. Keluasan temanya membuat saya bebas mau menulis tentang apa saja, juga membuat saya merasa lebih enak untuk blogwalking ke mana saja, terutama blog-blog yang berorientasi ke jalinan persahabatan. Alhamdulillah, dari situ bisa menambah banyak saudara baru.

Nah, begitu ceritanya. Hehehe...


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

10 komentar:

  1. Lama gak update blog nih Bung? Sibuk berat kayaknya. Tapi saya masih tetap memantau perkembangan blog ini via pembaca feed.

    Semoga gairah menulis belum padam ya Bung. Saya tetap menantikan tulisan-tulisan khas Bung Eko di blog ini.

    BalasHapus
  2. selamat dengan blog barunya ya ,sering update lo.

    BalasHapus
  3. Selamat Ultah untuk Bungeko.Com...
    Semoga makin sukses.
    Salam untuk Mas Eko & Keluarga

    BalasHapus
  4. ayo diupdate lagi biar semangat menulisnya tidak kendur, kalau kelamaan tidak menulis, bisa jadi hilang semua ghiroh kepenulisannya

    BalasHapus
  5. saya sudah beli bukunya om...cuma di toko buku...banyak inspirasi yang saya dapatkan..terutama....gimana caranya jadi blogger matre...hahhahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dibaca bener-bener, buku-buku saya lebih menekankan pada bagaimana kita menjadi blogger. Bagaimana bisa konsisten menulis dan bersosialisasi dengan sesama blogger, makanya bab tentang make money online ada di bagian paling akhir. :)

      Hapus
  6. Hmmm ...saya mengenal Bung Eko bukan waktu yang tepat ... karena ketika saya tertarik mencari uang dengan ngeblog ...justru Bung Eko mulai meninggalkannya.

    Tapi, Alhamdulillah kami tetap bersahabat ...justru ternyata persahabatan yang gak "money oriented" lebih bertahan...

    Dengan blogging akhirnya sedikit banyak saya dapat mengembangkan "brand" saya sesuai profesi saya. Dengan blogging orang mudah mengakses ttg "siapa saya" ...walau orang2 tersebut saya kenal di dunia offline ..tetapi blog saya benar2 sangat membuat penentu yang cukup signifikan ketika orang2 memutuskan memakai jasa saya.

    Terima kasih Bung Eko ... !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Rachmadi, ngontak njenengan pake apa ya enaknya? Kontak yang di web masih aktif semua kan? :)

      Hapus
  7. Pokonya semoga tetap eksis dan sukses.

    BalasHapus
  8. Wow, berarti pemasukan dari PPC udah banyak ya sampe bisa lepas dari program make money online yang laen?

    BalasHapus