Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Senin, 03 Januari 2011



TAHUN 2010 sudah berlalu, 2011 menunggu untuk ditapaki. Apa yang sudah kita lakukan tahun lalu? Prestasi apa saja yang telah kita capai? Kemudian, apa saja kesalahan-kesalahan yang kita lakukan sepanjang tahun lalu? Well, renungan itu perlu, sepanjang bukan sekedar menjadi sesalan, melainkan sebagai cambuk untuk mencapai yang lebih baik lagi di tahun sekarang.

Saya sendiri tak banyak menghasilkan sesuatu yang membanggakan di tahun 2010. Dari dunia blog, bungeko.com boleh dibilang hampir vakum. Meski masih diusahakan membuat posting secara teratur, namun terasa sekali kalau saya terpaksa menjalaninya. Tidak seperti tahun 2007, 2008, atau awal 2009 lalu, saat di mana saya sedang semangat-semangatnya menjadi blogger.

Dari dunia penulisan buku, prestasi saja juga tidak bisa terlalu dibanggakan. Okelah, menulis 6 naskah buku, 4 diantaranya diterima penerbit, lalu menerbitkan 2 buku sekaligus pada Februari 2010, bolehlah itu disebut membanggakan. Tapi, 2 judul buku yang terbit itu karya tahun 2009. Artinya, 2010 saya hanya menulis naskah buku, bukan buku.

Nah, mengawali tahun 2011, saya merampungkan 1 naskah baru. Judulnya, seperti terlihat pada gambar, bernada provokatif. Buku ini berisi panduan sekaligus dorongan bagi rekan-rekan blogger untuk menulis buku. Naskahnya sudah jadi, namun belum final. Saya sedang mendekati beberapa rekan blogger yang bersedia meluangkan waktu mereka untuk membaca draf naskah ini, mengkritiknya, memberi saran, dan syukur-syukur endorsemenet yang nantinya akan saya cantumkan dalam naskah final. Kalau saja naskah ini diterima dan diterbitkan, besar kemungkinan endorsemenet tersebut ditampilkan di cover buku.

Well, harapan baru di tahun baru: semoga tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Resolusi? Target pribadi saya tidak muluk-muluk, cukup menulis setidaknya 10 naskah buku, dan (mudah-mudahan) semuanya diterima penerbit. Lainnya, semoga buku-buku yang sudah mengendap di penerbit sejak tahun lalu diterbitkan tahun ini. Amin...

Bagaimana dengan teman-teman, apa yang hendak dicapai di tahun baru ini?


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

4 komentar:

  1. Keren eeuuyyyyy. Kira-kira kapan terbitnya mas ? Klo buat kita pembaca setia bungeko.com ada diskon khusus ga ? Hahahaha.... ngarep.com

    BalasHapus
  2. Halo Bung Eko,senang sekali melihat blog ini kembali terupdate :)

    Wow, judulnya saya suka sekali bung! Provokatif! haha. Saya jadi penasaran isi naskahnya, soalnya saya juga ngebet mau nulis buku. Sepertinya betul, blogger kalau belum menulis buku itu kurang sreg. :D

    Saya berminat jadi endorsement buku ini, email saya di darinholic@yahoo(dot)com ya bung :)

    BalasHapus
  3. Mantap bung, moga bukunya cepat terbit. Yang pasti saya bikin koleksi buku khusus Bung Eko.
    Dan lewat darat saya selalu mereferensikan keteman-teman buku tulisan Bung Eko.
    Salam bung dari Makassar

    BalasHapus
  4. Menjadi blogger akan terasa menyenangkan pada awalnya, kemudian lama-lama kita akan merasa bosan, hal ini memang lumrah, kecuali kita memang blogger sejati.

    BalasHapus