Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Senin, 14 Februari 2011



SUDAH sejak lama sekali saya ingin pindah ke WordPress. Yang saya maksud WordPress.org yang butuh hosting sendiri lho, bukan WordPress.com yang sama-sama gratis seperti Blogger. Keinginan ini bahkan sudah saya sampaikan sejak blog serius pertama saya, ekonurhuda.com (sekarang nama domainnya diparkir sama bule), sedang naik daun sekitar pertengahan tahun 2008 lalu.

Kata banyak blogger top seperti John Chow, Darren Rowse, juga Yaro Starak, memiliki blog ber-platform Wordpress adalah sebuah keharusan bagi siapapun yang berniat serius ngeblog. Memang ada juga blogger top yang menggunakan blog custom domain dengan platform Blogger. Tapi, bagaimanapun juga kesan profesional lebih menonjol ketika seorang blogger memakai WordPress.

Blog ber-platform Blogger, kendati memakai nama domain sendiri, tetap saja mendapat cap gratisan. Dan, gratisan identik dengan murahan. Sebaliknya, semua yang berbayar, tidak peduli betapapun murah harganya, dipandang lebih baik dan lebih bergengsi ketimbang gratisan.

Bingung di Tengah Banyaknya Pilihan
Well, setelah sempat vakum dari blogosphere semenjak magang di 2 koran lokal Jogja, saya kembali serius ngeblog. Namun, alih-alih memakai blog dengan hosting sendiri, saya kembali memakai blog custom domain menggunakan Blogger. Ya, inilah dia blognya. Selain tidak mau menunggu terlalu lama karena terlebih dahulu harus memahami WordPress, saya juga bingung memilih layanan hosting terbaik.

Bung sekalian tentu tahu, saat ini entah ada berapa puluh layanan hosting. Kalau layanan hosting luar negeri dan lokal digabung, jumlahnya bisa jadi ratusan. Semuanya mengklaim sebagai yang terbaik, tapi klaim sepihak tentu saja sangat meragukan. Kualitas sesungguhnya dapat diketahui dari komentar pihak lain, antara lain dari konsumen layanan hosting bersangkutan.

Saya sendiri sedang menimbang-nimbang untuk menggunakan layanan hosting murah yang ditawarkan IDWebHost.com. Penyedia layanan hosting yang berkantor di Jogja ini mematok harga mulai dari Rp1.000/bulan (paket idPersonal), total hanya Rp12.000 setahun. Saya rasa ini layanan hosting paling murah se-Indonesia, bahkan juga sedunia. Kalau fitur-fiturnya dianggap kurang memadai, harga paket idBasic yang sedikit lebih baik juga masih terhitung murah, yakni Rp5.000/bulan atau Rp60.000/bulan.

IDWebHost menjadi pertimbangan saya karena kebetulan sekali nama domain bungeko.com saya beli di situs yang dioperasikan oleh CV Jogja Camp ini. Selama 2 tahun usia bungeko.com, selama itu pula saya berinteraksi dengan IDWebHost. Satu hal yang saya catat baik-baik, customer service mereka bisa diandalkan. Selain selalu ada setidaknya 2 staf customer service yang standby di Yahoo!Messenger, setiap pertanyaan dijawab dengan ramah. Saya pernah beberapa kali menanyakan hal-hal sepele, tapi tetap dilayani dengan baik.

Murah, Tapi Tidak Murahan
Oke, penilaian berdasarkan harga murah dan layanan customer service mungkin terkesan sangat subjektif. Murah kata saya, bisa jadi masih mahal menurut Bung. Atau, mungkin Bung akan berkata, “Kok murah sekali? Ah, jangan-jangan hosting murahan tuh". Jadi, penilaian objektif adalah yang diberikan oleh pihak yang kredibel di bidang ini. Maka, sayapun membuka situs WebHosting.info yang mendata daftar perusahaan hosting di seluruh dunia dan mengurutkannya berdasarkan market share alias penguasaan pasar.



Dalam daftar "Top Hosting Companies in Indonesia" WebHosting.info yang saya kutip tepat sebelum menulis posting ini (14 Februari 2011), IDWebHost merupakan perusahaan hosting Indonesia terbesar ketiga. Masih menurut WebHosting.info, IDWebHost menguasai market share sebesar 13,2428% dengan total nama domain yang dikelola sebanyak 23.654 buah. Posisinya memang merosot 1 level dari daftar yang sama per 18 Januari 2010 lalu. Namun, angka market share dan total nama domainnya jauh meningkat. Saat itu IDWebHost hanya menguasai 10,6179% pasar Indonesia, dengan total nama domain yang dipercayakan di sana sebanyak 16.644 buah.

Lantas, kenapa saya kok malah mau memilih nomor 3, bukannya memilih yang pertama? Alasan pertama, nama domain bungeko.com saya beli di IDWebHost, dan selama 2 tahun ini tidak ada masalah. Kedua, saya merasa sangat nyaman dengan bantuan dan layanan customer service IDWebHost. Ketiga, IDWebHost berkantor di Jogja dan saya sangat familiar dengan kota ini. Hehehe...

Pertanyaannya sekarang, kapan saya bakal merealisasi keinginan pindah ke WordPress dan menggunakan layanan webhosting murah yang ditawarkan IDWebHost? Hmmm, saya sendiri masih belum punya jawabannya sekarang. Hal pertama yang harus saya lakukan untuk ini adalah kembali membuka-buka buku panduan WordPress. ^_^

Ada saran, Bung?


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

12 komentar:

  1. Bung Eko, sebaiknya gak usah berlama2 lagi, langsung saja praktek dengan install wordpress di hosting (bisa dengan sangat mudah pakai fantastico), lalu langsung coba2 bikin postingan, saya jamin kalau sudah biasa pakai blogger, gak akan susah belajar wordpress, malahan bakalan ketagihan mainin wordpress lho :D selamat datang di dunia wordpress!

    BalasHapus
  2. Mendingan minta bantuan staffnya aja buat pindahin blog ke Wordpress, nanti biar mereka yang ngurus ini-itunya.

    BalasHapus
  3. ada program baruu.. www.dolitampubolon.co.cc

    BalasHapus
  4. Jimmy:
    Ah, ada Koh Jimmy. Xie xie Koh sudah mau berkunjung ke sini, padahal saya sudah lamaaa banget gak main ke blognya Koh Jimmy.

    Btw, iya Koh, sepertinya memang begitu sebaiknya, langsung praktik saja. Kendalanya mungkin cuma mindahin (ekspor) blog ini ke blog baru yang berbasis WP, sama--ini yang bagi saya sangat penting--membuat theme WP yang sama persisi dengan layout blog ini.

    Anyway, thanks a lot atas cambukannya. :D

    Reza Winandar
    Yang jadi pikiran saya malah bagaimana membuat theme WP yang sama persis dengan tampilan blog ini, Bung. Bisa bantu? ^_^

    kaptendoli
    Ah, tukang spam beraksi lagi nih... :p

    BalasHapus
  5. Cari hosting memang tidak mudah ya. Teman2 saya juga suka tanya ke saya apa hosting yang murah tapi tidak murahan. Saya karena belom pernah pakai selain masterwebnet.com jadi tidak bisa membandingkan.

    BalasHapus
  6. hasil pencariaan sy berhari2... ternyata hosting dan domain yang murah bisa dilihat di sini...
    Saya pake :
    http://client.owned-host.com/aff.php?aff=084 (untuk domain 74.900/thn)
    http://masterkey.masterweb.net/aff.php?aff=6202 (untuk hosting 199.000/thn --> 1 gb+free domain)
    mantap gan...
    Ga ada keluhan sampe saat ini...
    yang gilanya nih,,, ane pake owned yang space 1 Gb, tiba2 jadi unlimited spacenya...
    Makanya ane bantuin promosiin usaha mereka...
    Slamat mencoba...

    BalasHapus
  7. zee:hardworker:
    Terima kasih atas sarannya, Bung.
    Tapi, saya sedang mencari perusahaan lokal nih. :D

    BalasHapus
  8. Bener tuh kata Koh Jimmy bung, langsung praktek. Kalau sekedar ingin merasakan dulu nikmatnya menggunakan WordPress (sef-hosted), mending bung Eko coba-coba aja dulu di hosting gratisan (misal 000webhost). Gak ada salahnya kan coba2 di hosting gratisan. Daripada mantengin tuh panduan mulu.
    Salah satu artikel di blogku pernah berbicara tentang saran untuk memilih hosting yang baik dan benar. Salah satunya juga mempertimbangkan data dari WebHosting.info. Selain itu, aku juga nyari testimonial dari para narablog plus di forum.
    Aku juga salah satu client IDwebhost. Tapi cuma untuk domain aja. Hostingnya ditempat lain. Ada yang lebih murah dikit dari IDwebhost soalnya, dan juga masuk di 15 besar WebHosting.info.
    Meski ngeblog di blogger, tetep semangat ya bung. Oya, aku sangat setuju dengan paragraf 2.

    BalasHapus
  9. Galuh Ristyanto:
    Terima kasih atas masukannya, Bung.
    Ya, saya juga sudah survey sejumlah perusahaan hosting yang masuk dalam 5 besar WebHosting.info. Sudah ada beberapa nma yang saya kantongi. Sekarang tinggal eksekusinya. :D

    BalasHapus
  10. Bung,
    Anda selalu bisa pakai hosting dari wordpress.com itu sendiri. Pastinya ON terus.

    Atau...

    Bole coba punya saya... 5ribu.net.
    Contact ane ya gan...
    5ribu.net adalah diversifikasi dari bluenpurple.net yang berawal dari bluenpurplemarketing.com dan sudah OL sejak 2006 bro.

    BalasHapus
  11. murah apanya ky gitu ko murah
    udah mahal mengecewakan, downtime sering bgt

    BalasHapus
  12. gan hosting yang bagus itu harus mempunyai kriteria apa saja? trims sharingnya...

    BalasHapus