Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Rabu, 23 Februari 2011



RASANYA sudah jadi kebiasaan orang Indonesia, setiap kali mencari barang atau layanan/jasa maunya dapat yang berkualitas, tapi dengan harga murah. Mulai dari tiket pertandingan sepakbola sampai tiket pesawat, mau makan di warung lesehan atau di restoran bonafid, yang paling dicari selalu yang paling berkualitas, namun juga yang harganya paling murah.

Begitu juga dengan layanan webhosting. Sejak blog menjadi tren di Indonesia pada awal tahun 2000-an, permintaan akan layanan hosting melonjak. Banyak blogger baru berarti banyak blog baru. Setelah bosan dengan blog gratisan, para blogger mulai melirik layanan hosting profesional untuk blognya. Dan, lagi-lagi, yang dicari selalu layanan hosting yang super murah tapi berkualitas paling oke. Memang ada webhosting Indonesia yang begitu?

Antara Murah dan Murahan
Memadukan layanan berkualitas dengan harga murah adalah hal sulit. Orang Jawa bilang, "Ono rego ono rupo." Maksudnya, kualitas sesuatu itu ditentukan oleh harganya. Semakin tinggi harganya bisa dipastikan kualitasnya semakin baik. Dan, fakta yang kita lihat sehari-hari memang seperti itu. Kaos boleh sama-sama kaos berbahan kain cotton combed, tapi kaos distro berharga minimal Rp50.000/buah jelas berbeda jauh dengan kaos di Pasar Beringharjo atau Pasar Tanah Abang yang cuma berharga Rp15.000. Begitu juga makananan. Ayam bakar bisa saja sama-sama ayam bakar, tapi ayam bakar di warung pinggir jalan seharga Rp6.000/porsi mana bisa dibandingkan dengan ayam bakar Wong Solo atau Taliwang Bersaudara.

Bagaimana dengan webhosting? Adakah webhosting tangguh nan berkualitas tapi harganya bersahabat? Sebelum menjawab pertanyaan ini, musti kita samakan dulu pemahaman mengenai kata 'murah' di sini. Selama ini banyak orang selalu menghubungkan murah dengan harga rendah. Nah, murah yang dimaksud di sini adalah kualitas tinggi dengan beban biaya rendah. Harga rendah tapi kualitas juga rendah mana bisa dikatakan murah!

Contoh. Mi instan memang rendah harganya, sebungkus tak sampai Rp1.500. Kalau Bung beli seporsi mi telor di warung bubur kacang ijo (burjo) yang banyak ditemukan di pojok-pojok Kota Yogyakarta, harganya sekitar Rp3.000. Murah? Nanti dulu. Coba hitung, berapa lama perut Bung bisa menahan rasa lapar setelah memakan semangkuk mi telor tersebut? Saya rasa bisa bertahan 3 jam saja sudah sangat bagus.

Bandingkan dengan nasi telor. Harga sebungkus nasi telor di beberapa warung lesehan di sekitar Jl. Kusumanegara, tempat saya ngekos sampai Mei 2010 lalu, antara Rp4.000-Rp4.500. Bila dibandingkan dengan harga mi telor memang tampaknya lebih mahal. Tapi, coba bandingkan, berapa lama perut Bung bisa menahan rasa lapar setelah memakan sebungkus nasi telor? Setidaknya antara 5-6 jam.

Dari perbandingan ini, menurut saya nasi telor jauh lebih murah dibandingkan mi telor. Dengan nasi telor, perut saya tidak merasa lapar selama 5-6 jam, sedangkan dengan mi telor hanya setengahnya. Kalau saya mau tahan lapar selama 5-6 jam dengan mi telor, maka saya butuh 2 porsi. Bila seporsi harganya Rp3.000, dikali 2 sama dengan Rp6.000. Lihat, sama-sama bisa tahan lapar 5-6 jam, tapi Bung butuh uang lebih banyak bila memakan mi telor. Masih beranggapan mi telor murah?

Murah, tapi Berkualitas Tinggi
Kembali lagi ke topik webhosting, adakah webhosting terbaik nan tangguh tapi harganya bersahabat? Menggunakan makna 'murah' seperti yang dimaksud dalam contoh mi telor dan nasi telor di atas, rasa-rasanya kita bisa menyebut sebuah nama: IDWebHost.

Nama IDWebHost tentu tidak asal disebut begitu saja. Ada parameter jelas dalam menentukan layanan hosting yang dioperasikan oleh CV JogjaCamp ini sebagai webhosting murah berkualitas. Apa itu? Apalagi kalau bukan layanan webhosting yang diberikannya, dibandingkan dengan harga yang dibebankan kepada konsumennya. Agar tidak dibilang subjektif, layanan dan harga ini harus dikomparasikan dengan layanan hosting perusahaan lain. Untuk kepentingan ini, saya memilih 2 perusahaan yang sama-sama berpredikat 5 besar dalam daftar Top Hosting Companies in Indonesia yang dirilis oleh WebHosting.info per 23 Februari 2011.

Dimulai dari IDWebHost. Harga paling rendah di situs ini adalah banderol untuk Paket idBasic, yakni Rp1.000/bulan. Meski calon pengguna paket ini harus menyewa 12 tahun sekaligus, harga totalnya tetap saja terbilang murah: Rp12.000/tahun. Dengan harga ini, calon pengguna akan memperoleh jatah ruang penyimpanan data (space) sebesar 10 MB dan bandwidth sebanyak 1 GB. Tambahan lain, biaya setup dan biaya upgrade-nya GRATIS!

Sekarang bandingkan dengan perusahaan hosting asal Yogyakarta berinisial RUW. Untuk hosting berkapasitas penyimpanan 10 MB harganya memang sama, yakni Rp1.000/bulan. Tapi, di sini bandwidth yang diberikan cuma 0,5 GB/bulan. Bandingkan pula dengan layanan sebuah perusahaan hosting berinisial ARH yang berbasis di Jakarta. Untuk layanan hosting dengan space 30 MB dan bandwidth 2 GB, perusahaan ini mematok harga sebesar Rp80.000/tahun. Harga ini lebih dari 6,5 kali lipat dari yang ditagih IDWebHost, padahal spesifikasinya hanya 3 kali lipat (space) dan 2 kali lipat (bandwidth) dari yang ditawarkan IDWebHost.

Itu soal harga. Bagaimana dengan kualitas dan layanannya? Sebagai gambaran saja, IDWebHost merupakan peringkat 3 dalam daftar Top Hosting Companies in Indonesia yang dirilis oleh WebHosting.info per 23 Februari 2011. Pertengahan Januari 2010, IDWebHost bahkan berada di urutan ke-2. Tapi penurunan peringkat ini sangat berbanding terbalik dengan peningkatan jumlah nama domain yang dikelola dan market share-nya.

Januari 2010, ketika berperingkat 2, IDWebHost menguasai 10,6179% market share dengan mengelola sebanyak 16.644 nama domain. Kini, saat peringkatnya turun 1 strip, market share IDWebHost justru meningkat menjadi 13.3241%. Jumlah nama domain yang dikelolanya juga bertambah 7.314 buah menjadi 23.958 nama domain. Bandingkan dengan peringkat 1 yang kenaikan market share-nya tidak berbeda jauh dengan IDWebHost, yakni sebanyak 3,8647% (11,867% per 18 Januari 2010, menjadi 15,7317% per 23 Februari 2011) dan jumlah nama domain yang dikelolanya bertambah 9.685 buah (18.602 buah per 18 Januari 2010, menjadi 28.287 buah per 23 Februari 2011).

Soal layanan konsumen alias customer service (CS), IDWebHost tampak tidak mau main-main. Mereka sadar, layanan kepada konsumen harus prima serta optimal agar motto yang diusung, Best Service at Affordable Cost, tidak sekedar menjadi janji kosong. Untuk itu, manajemen IDWebHost menempatkan 23 staf khusus untuk menangani desk layanan konsumen. Bila armada CS perusahaan hosting lain hanya membantu masalah administrasi dan sedikit tentang urusan teknis, staf CS IDWebHost bisa membantu hingga ke hal-hal detil seperti scripting pemrograman. Yang lebih menarik, IDWebHost juga memberikan jadwal jaga staf CS-nya di web, sehingga konsumen dapat menghubungi CS kapanpun dibutuhkan.

(http://r324cancer.blogspot.com)
Server: Kunci tangguhnya sebuah layanan hosting.
Lihat, di tangan IDWebHost layanan webhosting berkualitas dan harga rendah dapat disatukan dengan sangat baik. Inilah yang saya sebut webhosting murah berkualitas.

38 Server, 7 Datacenter, 2 Negara
Bila perusahaan webhosting diibaratkan mata air pegunungan, lalu data-data yang disimpan di dalamnya adalah air jernih nan segar, maka server adalah komponen yang bertugas seperti sungai mengalirkan air tersebut ke penduduk desa. Sungai yang bersih dan baik menjamin air dari mata air di pegunungan sampai ke penduduk desa dalam kondisi tetap jernih nan segar. Sebaliknya, apabila sungai kotor, air segar nan jernih dari mata air di pegunungan akan sampai ke penduduk dalam keadaan kotor.

Untuk menopang layanan webhosting-nya agar tetap berada di level tertinggi, IDWebHost memiliki 38 server di 7 datacenter yang tersebar mulai dari Yogyakarta, Jakarta, Texas, San Jose, dan beberapa tempat lain di Amerika Serikat. Jika mau lebih dirinci lagi, 21 server terletak di AS (9 inactive, 1 berstatus setup), sedangkan 17 server sisanya berada di Indonesia (Jakarta 16 server, 5 inactive; Yogyakarta 1). Melihat komposisi ini, pemakai layanan webhosting IDWebHost lebih banyak menyasar pasar nasional meski hanya berselisih 1 server saja dengan pelanggan luar negeri (12 server aktif di Indonesia berbanding 11 server aktif di AS).

Anyway, fakta adanya server di Yogyakarta ini jelas menarik bagi saya pribadi. Baru kali ini saya tahu ada server di Yogyakarta, apalagi letaknya di Hotel Inna Garuda yang berada di pangkal Jl. Malioboro nan populer se-Indonesia. Selama ini saya menduga cuma Jakarta yang punya datacenter, 2 diantaranya di Gedung Cyber dan Menara Rajawali, Mega Kuningan, di mana 16 server lokal IDWebHost berlokasi.

Nah, dengan sederet fakta ini, rasanya layanan hosting murah berkualitas yang diberikan IDWebHost bukanlah janji kosong belaka. Bila layanan hosting murah berkualitas adalah tren di tahun 2011, maka bolehlah kita bilang IDWebHost merupakan tren hosting Indonesia.

Bagaimana pendapat Bung?


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

9 komentar:

  1. mantabs mas..
    moga-moga sama-sama jadi pemenang.. :D
    btw,, yang XL gak ada tambahan mas,, yang jadi tambahan cuma XXL dan XXXL,,
    sori, salah ketik :D

    BalasHapus
  2. saya belum pernah menggunakan webhosting, mas eko. semoga saja memang bener seperti apa yang di-review di postingan ini, hehe ... suatu ketika pingin juga beli hosting dan domainnya sekaligus di idwebhost.

    BalasHapus
  3. Wuaaahhh kok backgroundnya TVOne Mas... Aku kurang suka Stasiun TV ini, karena kepunyaan Bakrie dan banyak berita bias. Dan juga saya merasakan sakitnya korban Lapindo. But ini personal.

    BalasHapus
  4. saya mengucapkan semoga menang dalam kontes blog review ini mas...
    saya blm pernah pake IDWebhost jg :D

    BalasHapus
  5. Kayaknya aku pernah baca artikel terkait bung di blog bung eko. Apa ini buat lagi bung?

    BalasHapus
  6. IDwebhost bagus sih, tapi masih tergolong mahal, tahun depan saya mau pindah ke hostgator untuk hostingannya karena JAUH lebih murah

    BalasHapus
  7. dery:
    Ini lomba, Bung. Kalo sama-sama menang kayanya gak bisa. Hehehe. Just kidding. Btw, kaosnya yang XL gak ada tambahan ya? Hmmm, bolehlah dipertimbangkan. :D

    sawali tuhusetya:
    Saya belum survei ke banyak situs hosting sih, Pak. Cuma, untuk paduan servis dan harga, sampai saat menulis posting dan komentar ini saya cuma tahu IDWebHost yang terbaik. :D

    Kika:
    Di poin itu saya juga sependapat, Bung.
    Mohon dimaklumi, ini cuma ucapan ulang tahun. Setelah ini sudah saya copot kok, diganti gambar lain (yang kayanya juga gak kalah kontroversial). ^_^

    tomi:
    Terima kasih doanya, Bung.
    Saya juga belum make layanan hosting-nya, cuma nama domain bungeko.com ini saya beli di sana.

    Galuh Ristyanto:
    Tulisan terkait saya? Mmm, maaf saya bingung maksudnya. Tapi, kalau yang dimaksud artikel untuk kontes, ya, saya buat 2 artikel. Kalau yang dimaksud blog, sekarang bungeko.com inilah blog pribadi saya. Tiada duanya. :D

    Reza Winandar:
    Kalau PayPal berisi sih saya juga mending nyari nama domain dan hosting di luar, Bung. Tapi sekarang PayPal saya melompong. :D

    BalasHapus
  8. ...artikel untuk kontes, ya, saya buat 2 artikel....
    Itu maksudku bung. Oya bung, ada beberapa kewajiban peserta IDwebhost.com Blog Review Competition 2011 yang bung Eko belum laksanakan tuh. Cekidot ke syarat dan ketentuannya bung. Mumpung masih dalam waktu penjurian. Aku juga baru nyadar dan baru aja aku laksanakan kewajibannya.

    KEWAJIBAN
    1. Peserta wajib mencantumkan official banner dari IDwebhost di halaman utama atau sidebar blog.
    2. Peserta wajib menambahkan link http://idwebhost.com sebagai friends di blogroll/bloglinks dengan nama Hosting Murah.
    3. Blog yang boleh mengikuti harus sudah memiliki minimal 15 posting / tulisan.
    4. Setiap artikel yang diikutsertakan, diberikan link di sidebar blog agar mudah dalam pencarian.

    yg point 2 dan 4 bung

    BalasHapus
  9. Iya Bung eko,sayang lho artikelnya sebagus ini harus terjegal hanya karena persolan sepele. Tapi ketika komentar saya ini meluncur mungkin waktunya sudah telat.

    Sejujurnya artikel ini sangat bagus buat para pencari webhisting yg bagus di Indonesia.

    BalasHapus