Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Sabtu, 30 April 2011



SELANG dua hari setelah Diandra lahir, adik perempuan saya yang di Jakarta datang ke Pemalang. Tujuan pertama malah mau tilik (=menjenguk) Damar, kakaknya Diandra. Tujuan kedua baru tilik si bayi sendiri. Nah, tujuan ketiganya adalah untuk meminjami saya laptop karena komputer saya rusak dan belum bisa membeli beberapa hardware yang harus diganti.

Adik saya membawa laptop Axioo NEON MNC yang ia beli di Glodok. Dan saya langsung suka pada pandangan pertama. Satu-satunya yang membuat saya kurang sreg dengan laptop itu adalah partisi harddisk-nya yang cuma dua, serta banyaknya virus shortcut di hampir seluruh bagian. So, PR pertama saya sebelum bisa bebas memakai laptop pinjaman si adik ini untuk menulis, adalah menginstal ulang sekaligus membagi harddisk-nya menjadi setidaknya empat bagian biar lebih nyaman.

NTLDR is Missing?
Foto: Axioo-shop.com
Axioo NEON MNC, murah meriah...
Berkat pergaulan dengan teman-teman jurusan TI/TK selama di Jogja, kalau cuma instal ulang dan partisi harddisk saja saya bisa. Well, sekitar sejam saja laptop itu sudah dipartisi sesuai keinginan, plus operating system-nya juga sudah memakai Windows XP yang biasa saya pakai selama ini. Tapi, maaf sekali, CD-nya bajakan. Itu pun hasil mengopi dari teman yang juga membajak. Don't try it at home, ya? Kasihan Bill Gates kalau program-program Microsoft dibajak terus. (^_^)

Masalah timbul ketika sehari kemudian tiba-tiba saja bermunculan balon-balon dialog di pojok kanan bawah monitor, memberi tahu sejumlah file di drive C: corrupt. Hmmm, alamat tidak enak ini. Benar saja. Ketika kemudian saya restart, alih-alih booting, monitor laptop itu malah menampilkan layar hitam pekat dengan tulisan putih berbunyi, "NTLDR is missing". Lalu di bawahnya ada tulisan, "Press Ctrl+Alt+Del to restart".

Deg! Jantung saya langsung berdegup kencang. NTLDR? Apa itu? Seumur-umur memakai komputer, baru sekali ini saya menjumpai pesan serupa itu. Jadi, maklum saja kalau saya tidak tahu apa maksudnya. Yang saya tahu, laptop pinjaman di depan saya tidak mau booting, apalagi masuk ke Windows. Bahasa gampangnya, laptop itu tidak bisa dipakai! So, saya harus mencari tahu apa itu NTLDR dan bagaimana cara mengatasi problem tersebut.

Pada Google Kubertanya
Alhasil, saya jadi kelabakan dibuatnya. Pertama-tama mengirim SMS ke teman-teman 'ahli komputer' di Jogja. Setelah jawabannya dirasa kurang memuaskan, saya telpon satu-satu. Tetap juga tidak ada titik terang. Rata-rata teman saya bilang, "Wah, kalau tidak lihat sendiri susah je." Hmmm, ke mana lagi harus bertanya nih?

Ting! Tiba-tiba saja saya ingat internet, ingat Google. Begitulah. Setelah menidurkan Damar, saya langsung berangkat ke warnet, membuka Google, dan langsung searching segala hal seputar hilangnya si NTLDR ini. Alhamdulillah, Google langsung memberi daftar sumber-sumber yang bisa saya percayai untuk mencari tahu tentang NTLDR dan bagaimana cara mengatasi problem NTLDR is missing.

Dan, posting ini boleh dibilang merupakan hasil sampingan dari proses pencarian saya. Sekedar intermezzo, sama sekali tidak berniat membuat panduan atau tutorial.


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

6 komentar:

  1. sama bung ketika itu saya juga pernah makai komputer teman saya eh ternyata g bisa login jadi merasa bersalah deh

    saya pun brangkat ke Warnet untuk mencari informasi tentang kenapa g bisa login .ternyata hasilnya komputer temen saya harus di instal ulang.dengan resiko data C harus Ilang smua,,,
    masi mrasa bersalah gue hehe

    BalasHapus
  2. Lah terus postingan ini dari warnet? Kalo udah bingung mending di install ulang aja lagi

    BalasHapus
  3. NTLDR = Nonton Televisi Lan Dahar Roti

    BalasHapus
  4. wah, saya juga kalau misalnya error dalam instal ulang. hehe.

    BalasHapus
  5. Ilmu dari Jogja kayaknya masih kurang tuh pak.....!? Woro-woro......!? saya sudah pindah rumah pak, silahkan dikunjungi rumah baru saya pak.
    Mkasih

    BalasHapus
  6. Saya pernah mengalami kejadian tersebut, dan setelah melakukan repair windows maka permasalahan tersebut bisa diatasi

    BalasHapus