Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Rabu, 21 September 2011

Salah satu album KHB.MESKI hidup jauh dari tanah leluhur, orang Jawa di Suriname tetap mempertahankan identitas mereka sebagai wong jowo.

Satu hal yang tentunya patut diapresiasi, apalagi mengingat banyak generasi muda Jawa di Jawa malah malu menjadi orang Jawa. Contoh kecil, berapa banyak keluarga Jawa yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa pokok di rumah? Contoh lain, berapa banyak pemuda Jawa yang mengerti bahasa Jawa kromo?

Nah, orang-orang Jawa nun jauh di Suriname terus mempertahankan identitas mereka. Meski arus globalisasi turut mempegaruhi pola pikir generasi muda Jawa di sana, tetap saja budaya Jawa hidup dan berkembang. Sebagai bukti, ada banyak band yang khusus menyanyikan lagu-lagu berbahasa Jawa. Jenis musiknya macam-macam, rock, pop, disko, ska, bahkan juga rap.

Salah satunya adalah Kasimex House Band (KHB), band asal Paramaribo yang banyak menelurkan lagu-lagu berbahasa Jawa selain bahasa Belanda, Inggris, bahkan Cina. Sebuah album KHB bahkan berjudul Jempol yang merupakan bahasa Jawa untuk "ibu jari". Ini tidak mengherankan, mengingat 3 personel KHB adalah orang Jawa. Coba simak nama ini: Robbert Kartotaroeno (keyboard), Candy Wirjosentono (keyboard), dan Raymond Kartotaroeno (lead guitar, percussions).

Lirik Lagu Ngopi
Salah satu lagu KHB favorit saya adalah Ngopi. Sayang, meski sudah dicari dengan berbagai variasi kata kunci, Google tetap tak mampu menampilkan informasi memuaskan seputar band ini. Liriknya sederhana, bercerita tentang kegemaran sebagian besar orang Jawa minum kopi pagi-pagi. Tapi musiknya asyik banget lho, makanya saya langsung jatuh cinta pada lagu ini sejak pendengaran pertama. Hehehe...

Oya, ini dia lirik lagu Ngopi yang dinyanyikan oleh Hesdy Adasi, salah satu dari 3 vokalis KHB :

Isuk-isuk tangi turu pengen ngopi
Ora lali mangan keju karo roti
Enak tenan, seger tenan
Wis biasa karo rokokan

Dipenakke omong-omong jagongan
Lungguhe jigang karo guyonan
Wanci kerjo budal makaryo
Nggolek hasil kanggo keluargo

Reff: Pi ngopi pancen seger tenan
Wayah isuk ngopi sinambi rokokan
Pi ngopi pancen seger tenan
Ning ojo nganti ninggal gawean

Ngono ora becik, ngono tidak baik
Nyambut gawe mbok yo sing apik

Mau download lagunya? Coba lihat videonya di Youtube, atau kunjungi situs suriyanto.net untuk mencari lagu-lagu Kasimex House Band. Di situs ini juga banyak bertebaran lagu-lagu berbahasa Jawa dari band-band Suriname. Selamat berburu lagu berbahasa Jawa Suriname!


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

0 komentar:

Poskan Komentar