Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Selasa, 29 November 2011

ENTAH sudah berapa banyak penyanyi dan musisi yang lahir ke industri hiburan setelah berjuang keras mempromosikan diri di YouTube. Awalnya mereka seperti pengamen di tengah hutan belantara, menyanyi sendiri tanpa ada yang mendengar apalagi mempedulikan. Namun, lambat laun video mereka ditemukan pengguna YouTube yang lain. Dari hanya satu penonton, video itu lantas menyebar ke pengguna lain hingga jumlah penontonnya terus berlipat ganda, sampai akhirnya nasib baik menghampiri. Seorang produser, pencipta lagu, atau mungkin juga penyanyi terkenal melihat video tersebut dan merasa tertarik untuk bekerja sama.

Penasaran dengan orang-orang yang menjadi ngetop berkat YouTube? Berikut kisah Moymoy Palaboy, kakak-adik asal Filipina yang jadi terkenal sebagai komedian berkat video-video lipsync mereka di YouTube.



JAUH sebelum video lipsync Keong Racun yang diunggah Sinta dan Jojo menghebohkan Indonesia, dua kakak-adik James Ronald Obeso dan Rodfil Obeso asal Filipina telah lebih dulu membuka mata Asia—khususnya Asia Tenggara—bahwa YouTube menyimpan potensi yang sangat luar biasa jika dimanfaatkan secara positif. Dua bersaudara yang lebih dikenal sebagai Moymoy Palaboy ini menjadi bintang setelah mengunggah sejumlah video lipsync dengan aksi kocak ke YouTube.

Kepopuleran Moymoy Palaboy dimulai Februari 2007, saat James Ronald alias Moymoy mengunggah video pertamanya ke YouTube. Sebuah video sederhana, berisi adegan James sedang menyanyikan lagu berjudul Dirty Pop milik grup vokal N’Sync secara lipsync. Meski hanya lipsync, tapi James tampak serius karena melengkapi dirinya dengan berbagai asesoris serta bertingkah kocak sepanjang lagu.

Video tersebut direkam menggunakan kamera handphone Sony Ericsson W810i yang hanya beresolusi dua megapiksel. Adiknya, Rodfil, membantu mengedit video tersebut dengan laptop bermerek HP, menambahkan footage, sebelum akhirnya diunggah ke YouTube dengan username moymoypalaboy yang kelak menjadi nama populer mereka.

Kocak dan Disukai
Tak dinyana tingkah kocak James dalam video tersebut disambut meriah oleh para pengguna YouTube. Hanya beberapa minggu kemudian, video pertama Moymoy Palaboy ini mencatat hampir 100.000 penonton. Sebuah angka yang sangat fantastis untuk video baru di YouTube. Namun, James tidak peduli pada angka-angka yang tertera di sudut kanan bawah videonya itu. Ia terus mengunggah video demi video ke YouTube secara konsisten selama kurang-lebih setahun.

Setelah tampil sendirian dalam beberapa video, James kemudian mengajak adiknya Rodfil untuk bergabung. Mulanya Rodfil menolak, ia memang sangat pemalu meskipun sangat suka bernyanyi. Ia mau terus membantu sang kakak mengedit video, tapi ia menolak ikut tampil dalam video-video yang akan diunggah. Susah payah James merayu adiknya, tapi usaha tersebut tidak sia-sia karena akhirnya sang adik mau bertindak sama gila dengan dirinya di depan kamera. Jadilah sejak itu mereka selalu tampil berdua, menjadikan video-video momoypalaboy lebih hidup.

Video-video Moymoy Palaboy banyak diambil di kediaman mereka sendiri yang terletak di Pasay City, tepatnya di sebuah ruangan sempit dengan sebuah kulkas terletak tepat di belakang mereka. Bibi mereka tak jarang juga turut terlihat dalam video, berjalan mondar-mandir di belakang kedua keponakannya. Di antara video-video yang telah diunggah ke YouTube, video lipsync lagu Wanna Be yang versi aslinya dibawakan oleh Spice Girls dan Marimar milik Thalia adalah yang paling populer. Dari video Marimar saja keduanya mampu memperoleh lebih dari 13 juta views.

Sampai awal tahun 2008, duo Obeso bersaudara ini mengunggah 22 video yang keseluruhannya menghasilkan total 7,12 juta views. Nama Moymoy Palaboy mulai dilirik media mainstream setelah ramai dibicarakan di dunia internet. Media massa baik cetak maupun elektronik bergantian memberitakan aksi gila keduanya di YouTube. Sama seperti duet Sinta-Jojo yang disebut-sebut sebagai selebriti dunia maya oleh media lokal, Moymoy Palaboy juga diberi sebutan serupa. Tapi, media Filipina lebih menyoroti aksi kocak keduanya sehingga memberi julukan komedian terlaris di YouTube.

Foto: ekatabora.blogspot.com
Moymoy Palayboy, bintang YouTube yang jadi selebriti betulan.
Menuju Dunia Hiburan
Setelah limpahan publikasi dari media, jalan menuju ke dunia hiburan mulai terbuka lebar bagi Moymoy Palaboy. Tanggal 27 Juni 2008 bisa jadi tanggal paling bersejarah bagi James dan Rodfil, sebab pada hari itu keduanya tampil di televisi untuk pertama kalinya. Tidak tanggung-tanggung, mereka didaulat mengisi acara Bubble Gang di stasiun televisi GMA Network yang merupakan acara komedi paling laris di Filipina.

Semenjak itu wajah keduanya sering tampil di televisi setelah GMA Artist Center, manajemen artis di bawah koordinasi GMA Network, mengontrak mereka dan memberikan tempat permanen di acara Bubble Gang. Televisi GMA bahkan sempat membuat sebuah program dokumenter yang mengulas perjalanan James dan Rodfil dari YouTube ke dunia hiburan mainstream.

Selain di GMA Network, Moymoy Palaboy juga sempat tampil di MTV Filipina, dalam acara bertajuk MTV Campus Crashers. Tak lama berselang giliran MTV Asia yang menampilkan James dan Rodfil. Seiring dengan semakin menanjaknya nama Moymoy Palaboy di Filipina, program-program televisi yang mereka bintangi semakin banyak. Setelah Bubble Gang di GMA Network, ada pula acara SOP Rules—masih di GMA, lalu All My Life di mana mereka berperan sebagai Toto dan Caloy, kemudian acara Party Pilipinas, dan Diva di mana mereka memerankan diri sendiri.

Melengkapi semua itu, Moymoy Palaboy turut dilibatkan dalam sebuah film berjudul Dayo: Sa Mundo ng Elementalia. Lagu mereka, Kapit, menjadi salah satu lagu dalam album soundtrack film yang dirilis tahun 2008 tersebut. Puncaknya, perusahaan rekaman Sony BMG menggandeng James dan Rodfil untuk menggarap sejumlah album.

Maret 2009, album pertama Moymoy Palaboy resmi dirilis ke publik, menjadikan dua kakak-adik tersebut sebagai pengguna YouTube pertama di Filipina yang menjadi artis. Lagu berjudul Lumayo Ka Man sa Laklak menjadi andalan dalam album yang diberi titel Uploaded itu, sebuah lagu parodi di mana lirik lagu Laklak milik grup The Teeth dinyanyikan dalam nada lagu klasik Lumayo Ka Man Sa Akin yang pertama kali dinyanyikan oleh Rodel Naval. Karena itulah lagu tersebut diberi judul Lumayo Ka Man sa Laklak, gabungan dari Lumayo Ka Man Sa Akin dan Laklak.

Meskipun sama-sama memasuki dunia hiburan setelah mengunggah beberapa video lipsync di YouTube sebagaimana Sinta dan Jojo, namun Momoy Palaboy sebelumnya memang memiliki latar belakang penyanyi. James adalah vokalis grup band Pasionista, dan sempat melakukan tur ke luar negeri bersama band tersebut.

Sebelum menjadi vokalis Pasionista, ia bekerja sebagai pelayan di sebuah rumah makan cepat saji. Suatu hari ia mengikuti audisi penyanyi Star in a Million yang diadakan oleh stasiun televisi ABS-CBN. Dalam satu kesempatan ketika mengikuti rangkaian audisi, ia melihat Christian Bautista. Tanpa ragu-ragu didekatinya penyanyi muda Filipina itu untuk meminta nasihat dan petunjuk. Sayang, James gagal dalam audisi tersebut.

Lain halnya dengan Rodfil. Sang adik yang berselisih dua tahun dengan kakaknya ini memang gemar bernyanyi, tapi ia lebih suka bermain games komputer. Setelah menyelesaikan pendidikan singkat di Polytechnic University of the Philippines, ia bekerja sebagai sales representative di Philippine Long Distance Telephone Company (PLDT). Sedangkan James memilih drop out dari pendidikan broadcasting-nya di universitas yang sama untuk bekerja.

James dan Rodfil memang harus bekerja keras demi membantu ibu mereka yang terserang kanker payudara. Sayang, nyawa sang ibu tak bisa diselamatkan dan meninggal dunia tahun 2006. Sejak itu kedua kakak-adik ini tinggal bersama bibi mereka, Benny Obeso, yang lebih sering dipanggil Mama Auntie.

Kini, James dan Rodfil tak perlu lagi bekerja kasar sebagai pramusaji restoran cepat saji maupun sales representative. Hari-hari mereka sekarang penuh dengan jadwal syuting dari satu stasiun televisi ke stasiun televisi lainnya, dari satu acara ke acara lainnya, dan jika sempat melakukan tur ke luar kota. Nasib mereka berubah berkat YouTube, berkat internet. Mungkin beda-beda tipislah dengan si Oji yang video Goyang Gayung-nya jadi hit setelah diunggah ke internet menggunakan layanan dari XL Axiata, membuat hidupnya XLangkah Lebih Maju.

Catatan: Posting ini merupakan seri pertama dari serial posting YouTube Celebrities. Ikuti kisah inspirasional selebriti YouTube selanjutnya hanya di bungeko.com.


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

2 komentar: