6 Profesi Para Jutawan

Oleh: Eko Nurhuda | Minggu, 22 April 2012 pukul 12.14 WIB

SEPERTI yang saya ungkapkan di buku Jangan Ngaku Blogger Kalau Nggak Bisa Nulis Buku! (DP Press, 2012), naskah buku yang diterima penerbit tidak selalu langsung diterbitkan. Memang ada yang diterbitkan tak lama setelah naskah dinyatakan diterima, tapi banyak juga yang harus mengendap hingga 1-2 tahun bahkan lebih sebelum akhirnya diterbitkan.

Nah, posting kali ini menceritakan salah satu naskah buku saya yang diterima sebuah penerbit di Jogja pertengahan 2010. Uangnya sudah lama habis buat biaya aqiqah anak sulung saya. Eh, ternyata bukunya baru terbit bulan kemarin. Itupun kalau tak ada seorang aktivis MLM asal Jakarta yang memberi kabar lewat email--setelah ia membaca buku tersebut, saya tak akan tahu buku tersebut akhirnya terbit.

6 Profesi yang Bisa Buatmu Jadi Jutawan
Tanpa bermaksud narsis apalagi pamer, di posting ini saya bermaksud memperkenalkan buku terbaru saya yang berjudul 6 Profesi yang Bisa Buatmu Jadi Jutawan. Buku setebal 278 halaman, dengan dimensi buku 14 x 20 cm, ini terbit Maret 2012 alias bulan lalu. Nama penerbitnya Laksana, yang merupakan salah satu lini dari penerbit DIVA Press Group. Harganya? DIVA Press membanderolnya Rp30.000/eksemplar, namun kalau Bung mau membelinya melalui saya, saya bisa memberi diskon 25%.

Seperti saya ungkapkan di atas, saya baru tahu buku tersebut terbit dari seorang pegiat MLM di Jakarta. Rupanya rekan kita distributor Amway ini membaca buku saya yang memang pada salah satu bab membahas kiprah distributor MLM. Ia lantas mengirim email dan mengabari jika buku tersebut telah membuatnya terkesan. Lucunya, saya malah heran. "Buku yang mana ya?" tanya saya dalam hati. Hari ini, setelah melakukan penelusuran di Google dan situs DIVA Press, akhirnya pertanyaan tersebut terjawab sudah.

Penulis: Eko Nurhuda
Isi: 278 hal.
Ukuran: 14x20 cm
Penerbit: Laksana, Yogya
Terbit: Maret 2012
Kalau Bung membaca buku Jangan Ngaku Blogger Kalau Nggak Bisa Nulis Buku!, cerita mengenai naskah buku ini ada di Bab 19, halaman 131. Persis seperti cerita di bab yang saya beri judul "Kalau Naskah Ditolak" tersebut, naskah 6 Profesi yang Bisa Buatmu Jadi Jutawan pertama kali saya tulis pertengahan 2005. Waktu itu judulnya Profesi Para Jutawan, dan hanya berisi kisah-kisah sukses pelaku 5 profesi: Pengusaha, Distributor MLM & direct selling, broker properti, agen asuransi, dan penulis/pengarang.

Begitu rampung langsung saya kirim ke sebuah penerbit ternama di Jakarta. Sebulan kemudian naskah itu kembali, dengan catatan redaksi menolaknya. Sempat mengendap selama hampir 5 tahun, akhir 2009 saya otak-atik lagi untuk rencananya dikirimkan ke DIVA Press. Namun karena awalnya tidak mantap, baru pada pertengahan 2010 saya kirim. Saya tambahkan profesi blogger profesional sehingga jumlah profesinya jadi 6, dan judulnya saya ganti jadi Road to be A Millionaire dengan subjudul 6 Profesi yang Bisa Membuatmu Jadi Jutawan. Alhamdulillah, langsung diterima.

Yang lucu bagi saya, buku ini diterbitkan ketika hubungan saya dengan editor kepala DIVA Press sedang rusak. Karena miskomunikasi, akhir 2010 saya sempat beradu argumen dalam nada tinggi via telepon dengan sang editor. Setelah itu kami putus kontak sama sekali. Jadi, rasanya tak heran jika DIVA Press tak memberi kabar saat buku ini diterbitkan. Padahal, sesuai kontrak penerbitan naskah, saya berhak mendapatkan 5 eksemplar sampel buku cetakan pertama, dan 2 eksemplar untuk cetakan-cetakan berikutnya.

Lebih lucunya lagi, buku ini awalnya saya beri judul Profesi Para Jutawan. Lalu setelah direvisi saya ubah judulnya jadi Road to be A Millionaire dengan subjudul 6 Profesi yang Bisa Membuatmu Jadi Jutawan. Eh, ketika diterbitkan kok penerbit malah memakai subjudul sebagai judul. Yah, begitulah dunia penerbitan buku.

Oya, berminat membeli buku 6 Profesi yang Bisa Buatmu Jadi Jutawan? DIVA Press membanderol buku ini seharga Rp30.000/eksemplar, namun kalau Bung mau membelinya melalui saya, saya bisa memberi diskon 25%. Plus, bonus tanda tangan wis. Hehehe.

Creative Commons License

Tulisan berjudul "6 Profesi Para Jutawan" oleh Eko Nurhuda ini dilindungi lisensi Creative Commons. Anda bebas menyalin, mempublikasi ulang, dan atau mengutip sebagian atau seluruh isi tulisan untuk tujuan nonkomersil dengan menyebutkan sumber artikel.

6 komentar:

  1. bukannya klo cuman jadi jutawan dengan jadi buruh gai umr saja dua bulan sudah jadi jutawan banggg...
    miliarder kali... :D

    BalasHapus
  2. @Suke lagi nyari kerja:
    hahahaha, betul-betul. Tapi karena bentar lagi BI bakal memotong 3 angka nol dalam rupiah, sebutan miliarder bakalan hilang, jadi jutawan. Nah, jutawan skarang yang repot karena sebutannya jadi ribuwan. Gak keren amat!

    BalasHapus
  3. menarik infonya ya...semangat dan kerja keras untuk menjadi jutawan

    BalasHapus
  4. Saya sangat bahagia sekali ketika Bung Eko mengirimi saya 2 buah buku hasil sayembara kontes komentar terbanyak di blog ini, namun saya pun sungguh malu karena sampai hari ini saya belum sempat mereview kedua buku tersebut .. mohon maaf ya bung, semoga buku terbitan terbaru ini lebih sukses dari 2 buku sebelumnya

    salam

    BalasHapus
  5. pengen produktif seperti bung eko,aktif nulis buku & e-book,saya lagi bingung belajar cara buat cover e-book pake photoshop. mohon dibantu y....trims.

    BalasHapus
  6. Wah keren ini bukunya...daerah Medan ada gk ya? Mantab bung Eko...jd pengen belajat nih sm bung eko...

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi bungeko.com. Semoga apa yang saya tulis di blog ini bermanfaat bagi Bung Pembaca. Silakan tinggalkan komentar untuk menanggapi, mengoreksi, atau bahkan mencaci isi posting ini. Tapi mohon dicatat, no SARA, no SARU. Salam.

NB: Saya sedang memikirkan untuk membuka kembali kontes komentator terbanyak, atau kontes lain yang berhubungan dengan komentar pembaca.

 
Copyright © 2013 bungeko.com - All Rights Reserved
Desain tampilan: Creating Website, Modifikasi tampilan: Eko Nurhuda