Mau Melempari Muka Bos eBay?

Oleh: Eko Nurhuda | Rabu, 11 April 2012 pukul 01.00 WIB

SEBAGAI salah satu member eBay yang terbilang rajin jualan--meski tak selalu laku, saya tahu persis seberapa besar fee yang dikenakan eBay. Ya, untuk para penjual ada banyak fee yang ditetapkan eBay. Fee bahkan sudah dikenakan saat kita baru mau memajang barang dagangan! Maka, saya pun jadi lebih suka belanja ketimbang berjualan di eBay.

Seberapa besar dan seberapa banyak sih biaya-biaya yang dibebankan eBay pada membernya yang berjualan? Sebenarnya tak bisa dibilang besar juga. Kalau dirupiahkan nilainya hanya beberapa ribu saja. Namun kalau dalam sebulan berjualan setidaknya 50 item, tentu nilai beberapa ribu itu membengkak jadi lumayan besar.

Sebagai gam- baran, untuk mema- jang sebuah barang dengan harga di $0.99 ke bawah member dikenai listing fee $0.10. Biaya ini bakal meningkat seiring besar starting bid (harga awal untuk sistem lelang) barang yang dijual. Biaya listing degan format fixed price lebih mahal lagi, yakni $0.50/item. Nanti ketika barang laku, eBay mengenakan fee lagi. Kali ini namanya Final Value Fee yang besarnya rata-rata 10% dari harga penutupan barang (untuk sistem lelang) atau harga jual (untuk sistem fixed price). Ini masih belum cukup. Kalau penjual mengenakan biaya pengiriman, eBay juga menarik biaya sebesar 10% dari tarif ongkos kirim yang kita kenakan ke pembeli.

Masih kurang? Karena satu-satunya cara menerima uang di eBay adalah melalui PayPal, maka penjual bakal kena fee lagi. Kali ini fee-nya dikenakan oleh PayPal selaku pengelola dana. Dengan demikian, seorang penjual di eBay dikenai setidaknya 3 biaya di eBay (listing fee, Final Value Fee, dan Final Value Fee on Shipping Fee) dan 1 biaya di PayPal. Total 4 biaya. Keren!

Mungkin karena jengkel dengan berbagai fee ini, sejumlah eks member eBay yang tidak puas lantas keluar membuat situs tandingan. Namanya iOffer.com. Tak cukup membuat situs tandingan, penggagas iOffer juga menyerang eBay dan para pejabatnya. Awak iOffer membuat sebuah game dengan program flash yang disebar-luaskan melalui situs iOffer. Dalam game itu, kita bisa melempari muka Pierre Omidyar si pemilik eBay. Sadis? Namanya saja game, tentu saja menyenangkan.

Mau ikut melempari muka Pierre Omidyar? Ini dia game-nya! Tapi sebelumnya ikuti dulu sejarah eBay dalam versi iOffer.



Jangan lupa hidupkan dulu speakermu, Bung. Enjoy!

Creative Commons License

Tulisan berjudul "Mau Melempari Muka Bos eBay?" oleh Eko Nurhuda ini dilindungi lisensi Creative Commons. Anda bebas menyalin, mempublikasi ulang, dan atau mengutip sebagian atau seluruh isi tulisan untuk tujuan nonkomersil dengan menyebutkan sumber artikel.

5 komentar:

  1. wahahah... keren, kita timpukin saja...
    akyu nggak jadi member ebay, dengan biaya gitu kok ya rame ya...
    #mikir...

    BalasHapus
  2. ahaha game yang mantap.... belum pernah ngerasain jualan di ebay, jadi belum tau dalemannya tapi kreatif lah yang bikin game

    BalasHapus
  3. Seru gamenya,. puas dech bisa nimpukin orang2nya ebay,.. hahaha...

    BalasHapus
  4. Wow, bisa dicoba nih gamenya, kayaknya asik,. hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi bungeko.com. Semoga apa yang saya tulis di blog ini bermanfaat bagi Bung Pembaca. Silakan tinggalkan komentar untuk menanggapi, mengoreksi, atau bahkan mencaci isi posting ini. Tapi mohon dicatat, no SARA, no SARU. Salam.

Artikel Terbaru

     
    © 2009-2014 bungeko.com - All Rights Reserved
    Desain tampilan: Creating Website, Modifikasi tampilan: Eko Nurhuda