Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Minggu, 08 April 2012

Kalau Bung sudah akrab dengan internet awal tahun 2000-an, bisa dipastikan Bung kenal nama Joko Susilo (JS). Atau setidak-tidaknya pernah mendengar meski hanya satu kali.



Ya, nama tersebut adalah pemilik sekaligus pengelola situs FormulaBisnis.com yang terkenal dengan produk Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO).

Saya jadi tertarik mengangkat sebuah kenangan lama. Tentu saja tidak jauh-jauh dari JS dan Formula Bisnis, karena saya hendak membeberkan pengalaman saya ketika pertama kali melihat situs penjual SMUO tersebut sampai kemudian berkeputusan untuk tidak membelinya. Ya, saya ingin membeberkan alasan mengapa saya tidak membeli SMUO.

Saya pertama kali mengenal JS dan Formula Bisnis melalui email sampah (spam) sekitar pertengahan 2001. Saya tidak ingat bulan berapa pastinya, tapi yang jelas harga SMUO masih Rp90.000-an. Membaca sales page Formula Bisnis, siapa sih yang tidak terkesima? Bayangkan, Anda dapat menghasilkan uang puluhan juta rupiah hanya dengan menerapkan 3 langkah sederhana yang diajarkan dalam SMUO! Fantastis, bukan? Tidak heran jika saya jadi bersemangat sekali membaca habis seluruh isi sales page Formula Bisnis.

Dari sales page tersebut saya jadi tahu apa saja tiga langkah sederhana untuk memulai bisnis internet yang dimaksud JS dalam SMUO yang ditawarkannya. Tiga pilar utama yang diajarkan ebook tersebut adalah; (1) ciptakan produk, (2) buat website untuk menjual produk tersebut, dan (3) datangkan trafik. Benar-benar mudah! Demikian kata saya dalam hati waktu itu. Kebetulan pula waktu itu saya sedang butuh sumber pemasukan setelah tak lagi menjadi guide dan gagal melanjutkan kuliah ke jenjang S1.

Hampir saja saya tertarik membeli SMUO. Namun setelah melihat screenshot yang dipamerkan, saya justru jadi pikir-pikir lagi. Saya perhatikan baik-baik deretan angka yang ada di tampilan buku rekening itu, jumlahnya selalu Rp45.000 dengan 3 digit akhir yang berlainan satu sama lain. Logika saya langsung bermain. Sejumlah pertanyaan kritis bermunculan di kepala saya. Bukankah harga SMUO Rp90.000? Dari harga tersebut, JS selaku admin memperoleh Rp45.000 dan separuhnya untuk reseller. Dan ingat, calon pembeli juga diingatkan untuk memberikan angka unik di 3 digit terakhir uang yang disetorkan. Jadi, dari seharusnya hanya Rp45.000 masing-masing untuk admin (JS) dan reseller, pembeli harus mentransfer, misalnya, sejumlah Rp45.212, Rp45.234, Rp45.007, dsb.

SMUOPertanyaan penting dalam benak saya yang kemudian membuat saya batal membeli SMUO adalah, bisnis apa yang sebenarnya dijalankan JS? Apa yang hendak ia ajarkan pada saya dalam ebook SMUO itu? Kalau melihat dari angka-angka dalam screenshot yang ditunjukkan, bukankah sebenarnya ia sedang menunjukkan transferan dana dari para pembeli SMUO sebelumnya? Artinya, dari berjualan ebook itulah JS memperoleh uang. Dan itulah yang hendak diajarkannya pada saya (dan seluruh pengunjung FormulaBisnis.com) lewat ebook SMUO seharga Rp90.000 tersebut. Bukankah itu yang ia katakan di kalimat awal sales page-nya?

Dari sana saya menyadari kalau apa yang akan diajarkan oleh ebook tersebut (bila saya jadi membelinya) tak lain tak bukan adalah apa yang sedang dijalankan JS dengan berjualan SMUO itu. Artinya, apa yang dibeberkan JS dalam ebook-nya justru sedang dijalankan olehnya bersama FormulaBisnis.com. Maka sayapun urung membeli SMUO. Untuk apa? Toh, saya sudah tahu apa yang akan diajarkan, yakni ciptakan sebuah produk informasi seperti SMUO, buat sebuah situs penjual seperti FormulaBisnis.com, dan kemudian alirkan trafik ke situs tersebut. Itu saja kan rahasianya?

Itu pengalaman saya dengan Formula Bisnis, dan itulah mengapa saya tidak membeli SMUO walaupun sebenarnya saya sempat sangat ingin memilikinya. Ini pengalaman nyata. Saya menyampaikannya hanya untuk sharing saja. Anda sendiri, bagaimana pengalaman Anda dengan Formula Bisnis?


Catatan: Gambar-gambar diperoleh dari Web Archive, tepatnya di sini dan di sini.


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

10 komentar:

  1. Sepakat Pak, saya juga mengikuti INFORMASINYA dan Model Usahanya memang seperti dijelaskan di atas. Alih alih Om saya yang di Surabaya juga BELI Ebooknya dan saya jadi tambah TAHU.

    BalasHapus
  2. Bung Eko... Pa Kabar bung.... :D Moga tetap sehat wal afiat dan lancar rejeki.... Amin

    BalasHapus
  3. Pengalaman saya sendiri tentang SMUO bung, sempat membeli ebooknya. walaupun dulu saya kecewa tetapi sekarang saya ikhlas justru karena saya membeli ebook SMUO tersebut saya jadi tahu dan sadar bahwa tidak semua produk yang dijual internet bagus (tidak jatuh ke lubang yang sama dua kali). Mungkin ini juga yang dialami sebagian orang yang betul-betul ingin mendapatkan uang dari internet, kalaupun bukan SMUO pasti juga pernah "tertipu" dengan penawaran-penawaran lain dari internet.
    Mengenai analisa bung "oh, saya sudah tahu apa yang akan diajarkan, yakni ciptakan sebuah produk informasi seperti SMUO, buat sebuah situs penjual seperti FormulaBisnis.com, dan kemudian alirkan trafik ke situs tersebut. Itu saja kan rahasianya". Share juga kepada teman internet marketing yang lain, belilah produk internet marketing sesuai kebutuhan Anda. Saya beri contoh pengalaman saya kemarin membeli produk software postingan atomatis untuk bermain Amazon, ternyata kemampuan komputer dan internet membtuhkan spesifikasi tinggi, akhirnya software tersebut untuk sementara tidak digunakan. So,,, sukses.. salam buat BUng Eko, gimana dengan bukunya Bung??

    BalasHapus
  4. saya juga nggak beli, nyari kerja yang nyata saja ahhhh... :D

    BalasHapus
  5. @Eko Budi Santoso: Ya, daripada membeli ebook seperti itu mending nyemplung langsung sekaligus belajar dari para sesama penjual online. :D

    @ismail: Halo, Bung! Wah, saya sms gak pernah balas nih. Ganti nomer kan?

    @Agus Roma: Kalo saya dulu boleh dibilanga sayang duit aja, Bung. Rp90.000 di awal tahun 2000-an tentu jumlah yg sangat besar. Apalagi ebook, padahal saya belum punya komputer waktu itu. Jadi, klop sudah alasannya untuk tidak beli. :D

    @Loker Semarang: Ngiklan teruuuusss...

    BalasHapus
  6. bacok ae bung org ky gtu

    BalasHapus
  7. Saya adalah salah satu pembeli SMUO. sebenarnya semua informasi yang kita dapatkan dari manapun hanya bagaimana kita mengelola informasi itu. Mungkin memang ada benarnya ang penulis katakan, semua yg dia tulis sudah ada di sales letternya, tapi steps dan tips nya tidak kita dapatkan hanya dengan membaca sales letter.
    Bagi saya ebook yang dia jual banyak menginspirasi saya dan orang lain untuk kami membuka peluang kami sendiri, gak perlu ikutin cara dia, tapi justru dia memberikan kail untuk kita mencari ikan kita sendiri...
    Alhamdulillah setelah membeli ebook SMUO, jadi menginspirasi saya untuk menciptakan produk saya sendiri yg sebelumnya tidak terikir oleh saya, dan diberitahukan pula langkah2nya...
    walaupun saya belum launching produk saya saat ini, tapi saya sedang mempersiapkan dan segera akan launching.
    Sebagai informasi tambahan, kalau kita menciptakan ebook informasi base on pengalaman pribadi, hal tersebut bisa menjadi infromasi/ilmu yang mungkin bisa berguna membantu orang lain... dari sisi agama, kita bisa berbagi ilmu...
    salam semua...
    http://www.formulabisnis.com/?id=therrybo

    BalasHapus
  8. Satu hal yang saya pelajari dari JS dan FB nya adalah teknik penulisan salespage nya yang begitu menarik dan membuat orang ingin segera membelinya.

    JS telah membutkikan bahwa salespage yang ditulis dengan baik dan tepat benar-benar bisa menghasilkan penjualan yang fantastis.

    Dari apa yang saya lihat di websitenya, JS telah menggunakan teknik penulisan yang fantastis yakni; Hypnotic Salespage.

    Terbukti, binisnya berhasil karena JS telah menggunakan cara ini dengan baik.

    BalasHapus
  9. bagus banget mas,,, ^_^

    BalasHapus
  10. Hhmm,,kayaknya gk jadi beli SMUO deh,!!!

    BalasHapus