Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Kamis, 23 Agustus 2012



KETIKA Pesta Blogger pertama kali digelar di Jakarta pada 27 Oktober 2007, lebih dari 500 blogger dari seluruh penjuru nusantara turut serta meramaikan acara tersebut.

Jumlah ini membuat banyak orang tercengang. Sungguh tidak ada yang menyangka hanya dalam hitungan yang tergolong singkat sebuah teknologi bernama blog sudah digunakan sedemikian luas di Indonesia.

Saking antusiasnya, Muhammad Nuh—Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) waktu itu—sampai mencetuskan ide untuk mengabadikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Muhammad Nuh bahkan membuat semacam kontes menciptakan ‘lagu kebangsaan’ blogger Indonesia, dan menjanjikan sebuah lap-top sebagai hadiah untuk pemenangnya.

Jika saja Muhammad Nuh yang sekarang menjadi Menteri Pendidikan Nasional tahu jumlah blogger Indonesia saat ini, mungkin ia bakal menggeleng-gelengkan kepala karena takjub dengan peningkatannya yang sedemikian pesat. Dan bukan sekedar sebuah komunitas berbasis hobi, blogger—bersama para facebooker dan tweeps—bahkan telah menjadi satu kekuatan massa yang diperhitungkan. Gerakan solidaritas pengumpulan koin bagi Prita Mulyasari yang dituntut oleh RS Omni International terkait kasus pencemaran nama baik adalah salah satu contohnya. Pembebasan Bibit Samad Riyanto dan Candra Hamzah, duo pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditahan Bareskrim Mabes Polri menyusul terungkapnya megaskandal Bank Century—pada penghujung 2009, juga sedikit-banyak dipengaruhi oleh gerakan massa yang digalang oleh komunitas online, para netter, yang salah satu pilarnya adalah komunitas blogger.

Tidak hanya di Indonesia, di belahan dunia yang lain pun pertumbuhan blog dan blogger tidak kalah pesatnya. Technorati, situs direktori blog yang memantau perkembangan blog di dunia dalam setiap detik, sempat mencatat angka fantastis. Menurut data Technorati, pertumbuhan blog pernah menembus angka 17 ribu blog sehari. Ini artinya, setiap menit lahir lebih dari 11 blog baru di jagat internet. Angka ini bisa jadi jauh lebih banyak lagi sekarang, mengingat perkembangan blog masih jauh dari puncaknya.

Mengapa blog tumbuh sedemikian pesat? Salah satu alasannya adalah karena blog sangat mudah dibuat. Ya, Anda tidak perlu menjadi seorang webmaster handal untuk membuat sebuah blog. Anda bahkan tidak dituntut menguasai bahasa pemrograman situs seperti HTML, CSS, juga PHP. Satu-satunya yang perlu Anda lakukan adalah men-daftarkan diri ke salah satu situs penyedia layanan blog gratis. Begitu terdaftar, Anda hanya membutuhkan paling lama 10 menit untuk membuat sebuah blog baru.

Semudah itukah? Ya, berkat layanan yang disediakan situs-situs penyedia blog gratis, membuat blog memang sangat mudah. Situs-situs semacam ini sudah menyedia-kan program yang memungkinkan setiap membernya untuk membuat blog baru secara otomatis, dalam waktu sangat singkat. Cukup mengisi kolom-kolom dalam halaman-halaman yang ditampilkan situs tersebut, dan blog baru Anda langsung online begitu Anda mengeklik tombol ‘Buat Blog Saya’. Selanjutnya Anda tinggal mengisinya dengan posting, mempercantik tampilannya, dan memperkenalkannya pada dunia.

Blogger (www.blogger.com) dan WordPress (www.wordpress.com) adalah 2 engine blog yang paling banyak digunakan para blogger. Selain keduanya masih ada banyak situs lain dengan layanan serupa, misalnya LiveJournal.com, TypePad.com, atau Multiply.com. Namun, kemudahan dalam pembuatan dan pengoperasian serta banyaknya pilihan tampilan (template/theme) membuat Blogger dan WordPress menjadi pilihan utama, terutama bagi blogger pemula yang baru pertama kali membuat blog.

Jika hendak dirampingkan lagi, dari 2 situs tersebut Blogger menjadi yang paling diminati. Pasalnya, Blogger menyediakan layanan yang 100% gratis, pengguna sama sekali tidak dipungut biaya, tidak diminta membayar apapun. Hal ini berbeda dengan WordPress yang membedakan layanannya menjadi 2: layanan blog gratis yang beralamat di www.wordpress.com, dan layanan pendukung blog profesional yang beralamat di www.wordpress.org.

Melihat peran pentingnya bagi popularitas dan tren blog, saya menempatkan Blogger pada urutan keempat dalam daftar 7 Wonders of Internet versi saya. Seperti yang saya janjikan pada posting tersebut, bertepatan dengan tanggal lahirnya Blogger ini saya hendak membagikan sebuah ebook gratis berjudul Blogger, Tonggak Popularitas Blog. Inilah ebook keempat dari Seri 7 Keajaiban Dunia Maya.

Untuk mengunduh ebook-nya, silakan klik di sini (ukuran file 777 KB). Selamat membaca!


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

1 komentar: