Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Senin, 03 September 2012



PIERRE Morad Omidyar terkejut bukan main ketika pointer laser rusak yang ia tawarkan di halaman lelang dalam situs pribadinya dibeli seseorang.

Setengah tak percaya ia mengontak si pembeli dan menjelaskan kalau pointer laser itu dalam keadaan rusak. Ia takut pembeli tersebut mengira pointer laser yang ia tawarkan masih dalam kondisi baik sehingga mau membelinya. Tapi Pierre jadi semakin kaget ketika dalam email balasannya si pembeli menjawab, “Saya kolektor pointer laser rusak”.

Itulah momen yang mengawali sejarah sebuah situs lelang terkemuka dunia, eBay. Pointer laser rusak yang terjual dengan harga US $14,83 tersebut menjadi titik awal dari serangkaian transaksi dengan nilai mulai dari US $1 sampai dengan ribuan dolar yang terjadi di eBay setiap hari. Pointer laser rusak itu pula yang memantapkan hati Pierre Omidyar untuk menggarap situs lelangnya dengan lebih serius, sampai akhirnya menjadi sebuah perusahaan beromset ratusan juta dolar setiap bulan.

Awalnya, boleh dibilang Pierre hanya iseng. Ia memanfaatkan libur akhir pekan di bulan September 1995 untuk membuat sebuah kode pemrograman yang memungkinkan seseorang berjualan barang secara langsung kepada orang lain melalui internet. Metode yang ia pilih adalah lelang, satu sistem penjualan barang yang belum dikenal di internet saat itu. Dalam waktu tak berapa lama kode program tersebut berhasil ia selesaikan. Untuk menguji-cobanya Pierre memanfaatkan situs pribadinya. Ia membuat satu halaman khusus yang dinamai Auction Web, dan menawarkan pointer laser rusak miliknya yang kemudian terjual dengan harga US $14,83 sebagai penawaran pertama.

Mungkin Pierre sendiri tak pernah membayangkan kalau dari sekedar coba-coba menyalurkan hobinya dalam mengotak-atik program itu, ia kemudian menghadirkan revolusi besar dalam perjalanan panjang sebuah teknologi bernama internet. Berkat eBay, kini lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia menggantungkan hidupnya semata-mata dari penghasilan yang didapat dari kegiatan lelang di internet. Sebagian lagi menjadikannya sebagai sumber penghasilan sekunder di samping gaji bulanan. Sedangkan lebih dari 200 juta pengguna internet merasa aman dan nyaman saat membeli barang yang mereka inginkan dari orang-orang di belahan bumi berbeda yang bahkan tidak mereka kenal sama sekali.

Diawali dari sebuah pointer laser rusak, eBay kini tercatat sebagai perusahaan perdagangan online yang selalu menjadi langganan dalam daftar Fortune 500, daftar 500 perusahaan terkemuka dunia menurut versi majalah Fortune. Hanya dalam waktu kurang dari 10 bulan sejak pertama kali diluncurkan pada 3 September 1995, eBay telah mempunyai 41 ribu pengguna aktif dan membukukan total penjualan senilai 7,2 juta dolar. 10 tahun kemudian, eBay mempunyai lebih dari 250 juta pengguna aktif dan membukukan total penjualan senilai 52,5 miliar dolar. Sungguh sebuah pencapaian yang sangat luar biasa untuk ukuran situs baru.

Karena catatan fenomenal serta peran pentingnya bagi dunia e-commerce dewasa ini, saya menempatkan eBay pada urutan ketiga dalam daftar 7 Wonders of Internet versi saya. Seperti yang saya janjikan pada posting tersebut, bertepatan dengan tanggal lahirnya eBay ini saya hendak membagikan sebuah ebook gratis berjudul eBay, Membawa Lelang ke Internet. Inilah ebook ketiga dari Seri 7 Keajaiban Dunia Maya.

Untuk mengunduh ebook tersebut, silakan klik di sini (ukuran file 4.331 KB). Selamat membaca!


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

0 komentar:

Poskan Komentar