Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Kamis, 06 Maret 2014



DUA tim nasional Indonesia bertanding berturut-turutan. Indonesia U-23 tanding lebih dulu melawan Malaysia U-21 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Hasilnya menang 3-0 meski di ujung pertandingan sempat timbul kericuhan antara penonton dan polisi. Lalu selang sekitar dua jam kemudian timnas senior bermain melawan Arab Saudi. Hasilnya kalah 0-1.

Kekalahan dari Arab Saudi membuat poin Indonesia tetap satu hasil imbang sewaktu menjamu Cina di SUGBK pada Oktober 2013 lalu. Posisi Indonesia tak beranjak dari dasar klasemen Grup C, sedangkan Irak dan Cina sama-sama lolos menemani Arab Saudi yang menjadi juara Grup C.

Kok bisa ada tiga negara yang lolos dari Grup C sih? Arab Saudi jelas lolos sebagai juara grup. Nah, pertandingan antara Irak vs Cina di Grup C dan Thailand vs Lebanon di Grup B yang jadi penentu tiga tiket tersisa dari jalur kualifikasi. Irak, Cina dan Lebanon masih sama-sama berpeluang lolos ke putaran final sebelum pertandingan terakhir.

Irak di Grup C sebelumnya mengumpulkan poin 6 dan rekor gol (4-5), sedangkan Cina 8 (4-3), dan Lebanon 5 (7-12). Peluang terbesar dimiliki Cina karena tetap bisa lolos meskipun kalah, dengan catatan Lebanon tidak menang dengan selisih lebih dari 5 gol bersih.

Nyatanya Lebanon memang bisa mencetak 5 gol, tapi sayang gawang mereka berhasil dibobol Thailand dua kali. Dengan demikian, meski menang 5-2 di kandang Thailand, Lebanon tetap gagal lolos karena kalah selisih gol sekali pun memiliki poin sama dengan Cina (8). Catatan Lebanon di klasemen akhir Grup B adalah 8 poin, plus rekor gol (12-14) alias -2. Di tempat lain Cina yang dikalahkan Irak mengoleksi 8 poin namun memiliki selisih gol lebih baik, yakni (5-6) alias hanya -1.

Sampai posting ini dibuat situs resmi AFC masih belum mengonfirmasi kelolosan Cina. Namun referensi independen seperti Wikipedia sudah mencantumkan nama Negeri Tirai Bambu itu sebagai salah satu dari 15 peserta putaran final Piala Asia 2015.

Lho, kok cuma 15 peserta? Katanya yang ikut ke putaran final 16 negara?

Benar! Satu spot yang masih kosong adalah milik juara AFC Challenge Cup 2014 yang baru akan berlangsung pada 19-30 Mei mendatang. Ada 8 negara yang berlaga di kompetisi ini, yakni tuan rumah Maladewa, Afganistan, Myanmar, Palestina, Laos, Kirgiztan, Filipina dan Turkmenistan.

Btw, berikut daftar lengkap negara-negara peserta putaran final Piala Asia 2015:
1. Australia (tuan rumah, runner-up Piala Asia 2011)
2. Jepang (juara Piala Asia 2011)
3. Korea Selatan (peringkat 3 Piala Asia 2011)
4. Korea Utara (juara AFC Challenge Cup 2012)
5. Oman (juara Grup A babak prakualifikasi)
6. Yordania (runner-up Grup A babak prakualifikasi)
7. Iran (juara Grup B babak prakualifikasi)
8. Kuwait (runner-up Grup B babak prakualifikasi)
9. Arab Saudi (juara Grup C babak prakualifikasi)
10. Irak (runner-up Grup C babak prakualifikasi)
11. Bahrain (juara Grup D babak prakualifikasi)
12. Qatar (runner-up Grup D babak prakualifikasi)
13. Uni Emirat Arab (juara Grup E babak prakualifikasi)
14. Uzbekistan (runner-up Grup E babak prakualifikasi)
15. Cina (peringkat tiga terbaik babak prakualifikasi)
16. Juara AFC Challenge Cup 2014


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

0 komentar:

Poskan Komentar