Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Jumat, 25 Maret 2016


SAAT mengikuti Fun Blogging 9 di Semarang sepekan lalu, saya mendapat surprise karena sederetan blogger yang duduk di sebelah kanan saya ternyata berasal dari eks Karesidenan Pekalongan. Ada yang dari Tegal, lalu lebih banyak lagi dari Pekalongan baik kotamadya maupun kabupaten. Salah satunya ternyata satu gerbong dengan saya saat pulang naik KA Kamandaka yang berangkat dari Stasiun Poncol sore itu.

Oya, ada juga yang dari Pemalang. Satu daerah dengan saya, beda kecamatan saja. Mas Hanan namanya. Putra asli Pemalang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Semarang. Kalau saya sih statusnya bukan asli. Pendatang. Tapi tetap cinta Pemalang seperti cinta saya pada istri yang orang Pemalang. Hehehehe.

Sesama blogger asal Pemalang, tapi malah baru saling kenal di Semarang. Rasanya agak gimana gitu ya? Mungkin teman-teman ada yang pernah mengalami kejadian seperti itu.

Lalu saya berandai-andai, bagaimana ya cara mengetahui blogger sedaerah? Kan asyik tuh kalau bisa saling kenalan, lalu berkumpul dan boleh jadi ujung-ujungnya membentuk komunitas sebagai wadah silaturahim sekaligus berbagi ilmu dan info seputar blogging. Katakanlah kumpulan blogger Pemalang membentuk Blogger Sintren atau Blogger Usek.

Setelah googling dengan berbagai variasi kata kunci, saya pun menemukan caranya. Mudah sekali rupanya. Cukup dengan menuliskan sebaris alamat URl tertentu, maka kita bisa melihat siapa saja blogger yang satu daerah dengan kita.

Misalkan saya mau mencari blogger-blogger senegara, maka cukup ketikkan alamat URl berikut ini di browser:

http://www.blogger.com/profile-find.g?t=l&loc0=ID

Perhatikan, "ID" adalah kode Indonesia. Jadi misal iseng mau mencari blogger-blogger asal Korea Selatan, maka kodenya diganti jadi "KR". Kalau teman-teman suka Bollywood dan ingin berteman dengan blogger asal India, ganti kode tersebut menjadi "IN". Penggemar sepakbola dan mau mencari kenalan blogger asal Italia? Ganti saja kodenya jadi "IT".

Nah, untuk mencari blogger-blogger seprovinsi, alamat URl tadi harus ditambah dengan nama provinsi. Misalnya saya mau melacak blogger asal Jawa Tengah, maka saya ketikkan alamat berikut di browser:

http://www.blogger.com/profile-find.g?t=l&loc0=ID&loc1=Jawa+Tengah

Tentu saja teman-teman bisa mengotak-atik alamat URl ini menyesuaikan provinsi masing-masing. Cukup ganti saja "Jawa+Tengah" tadi dengan nama provinsi yang diinginkan. Misalnya "Jawa+Barat" atau "Nusa+Tenggara+Timur" atau "Jambi", dan seterusnya.

Sekarang kita sempitkan ke wilayah kabupaten. Alamat URl-nya masih sama, tapi ditambahkan dengan kode kabupaten bersangkutan. Sebagai contoh saya mau melacak blogger-blogger di Pemalang, inilah yang saya ketikkan di browser:

http://www.blogger.com/profile-find.g?t=l&loc0=ID&loc1=Jawa+Tengah&loc2=Pemalang


Hasilnya, ternyata ada sebanyak 3.900 blogger dengan lokasi Pemalang. Wow! Banyak juga ya?

Tentu saja tak semua blog tersebut aktif. Karenanya langkah selanjutnya adalah blogwalking ke blog-blog yang ada dalam daftar ini untuk mengecek masih aktif atau tidak. Kalau aktif, tinggalkan komentar dan berkenalan deh. Siapa ada kesempatan bertemu, jadilah kopi darat.

Selamat mencoba!



Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

10 komentar:

  1. Wow..keren bangets infonya.thanks sharingnya yaa..ntar saya coba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dicoba, Mbak. Biar semakin banyak kenalan blogger sekota, hehehe... Makasih ya udah mampir.

      Hapus
  2. wahaa.. nama saya disebut wkwk..
    saya juga kmrn kaget ternyata mas eko dari pemalang juga. mas nuno jg ternyata dari pemalang juga. Kapan2 di pemalang ada kopdar blogger gitu mas :D
    ternyata begini caranya cek blogger sedaerah.. langsung praktekkan! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus disebut donk, Mas. Hehehehe...
      Yuk, kita buat komunitas Blogger Kerupuk Usek ya? :D

      Hapus
  3. kopdar bisa jadi ajang kenalan dan silaturahmi ya mas
    happy sharing and connecting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, harus sering-sering kopdar biar tambah pinter. :)

      Hapus
  4. Wah tool yg bagus nih.
    Nyoba ach
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma alamat URl biasa aja kok, Pakdhe, yang sebenernya merupakan fasilitas Blogger.com sejak lama. :)

      Hapus
  5. terima kasih gan ane coba lacak siapa tau ada orang yang se daerah dengan ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Selamat mencoba.
      Cuma saya bukan juragan, jadi gak perlu manggil "gan" segala ya. :)

      Hapus