Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Senin, 07 Maret 2016


AKHIRNYA saya bisa juga ikut event keren satu ini! Belum kejadian sih sebenernya. Tapi email dari panitia yang masuk ke inbox saya pada Ahad (6/3/2016) lalu memastikan bahwa saya telah resmi terdaftar sebagai peserta Fun Blogging 2016 di Semarang, 19 Maret 2016, nanti.

Blogger mana yang tak tahu Fun Blogging. Komunitas yang digawangi oleh trio blogger wanita (Mbak Haya Aliya Zaki, Shintaries dan Ani Berta) ini sudah berulang kali menggelar event bertajuk "Dari Hobi Menjadi Profesi". Kegiatan yang bakal saya ikuti di Semarang nanti merupakan gelaran yang ke-9.

Saya awalnya termasuk blogger yang kurang suka kumpul-kumpul. Dulu sewaktu masih tinggal di Yogyakarta, komunitas blogger di sana rutin berkumpul di Bundaran UGM setiap malam Jumat kalau tidak salah ingat. Tapi saya tidak pernah ikut meskipun sangat aktif di dunia maya saling bertukar komentar dan blogwalking dengan blogger-blogger lain.

Satu-satunya event blogger yang saya ikuti sejauh ini adalah sebuah workshop di sela-sela pameran komputer di gedung Jogja Expo Center, tahun 2008. Waktu itu kebetulan saja pas lagi cari-cari sesuatu, terus lihat ada acara itu. Langsung saja duduk di kursi kosong yang tersedia di sana. Blogger narsis Atika Nurkoestanti alias Tikabanget yang jadi MC.

Selebihnya, saya lebih memilih sendiri. Kalaupun ingin sharing dengan sesama blogger, biasanya lewat telepon, SMS, atau email. Sempat beberapa kali mengadakan kopi darat dengan sejumlah blogger lain sewaktu hendak merintis majalah Internet di penghujung tahun 2008 itu, tapi tak banyak kesan yang saya dapat. Saya juga lebih banyak diam dan pasif, meskipun saat itu saya dianggap master karena beberapa tutorial saya bertema make money online banyak disukai :)

Pindah ke Pemalang pada medio 2010, semakin terbenamlah saya karena di sini blogger tak seramai di Jogja. Coba sebut blogger asal Pemalang yang kalian kenal? Saya sendiri hingga saat ini belum mengenal satupun blogger serius asal Kota Ikhlas ini. Pun tak pernah mendengar ada event-event seputar dunia blog dan blogger.

Telat, Tapi Nekat Daftar
Kembali ke Fun Blogging. Saya mulai tertarik dengan event ini setelah membaca posting Pakdhe Abdul Cholik. Beliau mengikuti Fun Blogging sesi 7 di Surabaya pada November 2015 lalu. "Hmmm, saya harus ikut acara ini!" Gumam saya waktu itu.

Tapi rupa-rupanya Fun Blogging selalu berpindah-pindah kota dan selalunya jauh dari Pemalang. Saya iseng tanya pada Pakdhe Andul Cholik via FB Messenger, sekiranya beliau dapat info kapan dan di mana Fun Blogging terdekat akan diadakan, lalu adakah biaya pendaftaran yang dikenakan serta berapa besar? Pakdhe kasih bocoran, Fun Blogging 2016 salah satunya akan diadakan di Semarang.

Tentu saja saya senang, karena Pemalang-Semarang bisa ditempuh dengan kereta api dan waktu tempuhnya tidak terlalu lama. Terpenting lagi, tiketnya terjangkau kantong. :)

Saya pun meluncur ke situsnya Fun Blogging. Sayang, rupanya pendaftaran sudah ditutup karena kuota sudah penuh. Yang ada tinggal yang di Jogja dan Jakarta. Hmmm, tak apalah ke Jogja, pikir saya. Tapi coba tanya dulu mana tahu bisa nyempil di Semarang. Lalu saya berkirim email untuk menanyakan kemungkinan ikut event di Semarang. Padahal jelas-jelas tertulis kuota sudah penuh, hihihihi.

Alhamdulillah, jawaban dari Mbak Haya Aliya Zaki sangat cepat. Kabar baik pula, karena rupanya masih ada kursi kosong satu. Dalam email itu dicantumkan pula syarat pendaftaran, biaya pendaftaran sebesar Rp100.000, serta nomor rekening untuk pembayaran biaya pendaftaran. Karena email itu masuk akhir bulan Februari, saya harus menunggu kalender berganti bulan Maret untuk melihat rekening ada isinya. Baru deh bisa transfer dan mendaftar.

Penantian selanjutnya tak kalah bikin deg-degan. Karena jarak antara email balasan Mbak Haya Aliya Zaki dan hari saya transfer cukup lama, 3 hari, saya sempat kuatir kursi kosong tadi sudah ada yang mengisi. Ingin kirim email bertanya, tapi setelah mengecek fanpage Fun Blogging rupanya beliau tengah ada acara. Okelah, kita tunggu saja dulu.

Dan.... Pas hari libur ada notifikasi Facebook, seorang user bernama Haya Aliya Zaki add friend. Saya langsung paham. Cek email dan tebakan saya benar sekali. Isinya konfirmasi pendaftaran dan detil acara. Ini dia kilasan isinya:

Acara: Fun Blogging “Dari Hobi Menjadi Profesi”
Hari dan tanggal: Sabtu, 19 Maret 2016
Waktu: pukul 08.30 - 15.30 wib
Lokasi: Gedung Indosat Semarang, Jl. Pandanaran no. 131 Jawa Tengah

Rundown acara:
Registrasi
Writing Great Content (Haya Aliya Zaki)
Advancing Your Blog Platform (Shintaries)
How to Monetize Your Blog (Ani Berta)

Fasilitas:
- sertifikat
- lunch
- experience untuk user berupa SP Freedom + paket M
- goodie bag
- lomba blog berhadiah gadget



Oke, saya jadi lega karena bisa "pulang hari" alias berangkat pagi lalu langsung pulang selepas acara selesai. Dari Pemalang ambil kereta Kaligung paling pagi, dan pulang dengan kereta Kaligung paling sore. Saya belum tahu letak persis Gedung Indosat Semarang, tapi kalau Jl. Pandanaran siapa sih yang tidak tahu? Saya pernah mengikuti wawancara editor Suara Merdeka Cybernews yang kantornya terletak di jalan sama sekitar lima tahun lalu. Insya Allah tak akan tersesat.

Baca juga: Sehari di Semarang

Setelah tahu alamat venue acara, saya jadi bisa memutuskan tiket kereta turun di Stasiun Semarang Poncol. Menurut Google Maps sih jarak Stasiun Poncol dengan Gedung Indosat sejauh 2,1 KM. Jalan kaki pun insya Allah masih kuat. Apalagi nanti keretanya sampai di Poncol masih sangat pagi, pukul 07.19, sedangkan acaranya dimulai 08.30. Masih banyak waktu untuk olahraga. :)

Hmmm, sudah tidak sabar ingin mendapatkan ilmu bermanfaat dari Mbak Haya Aliya Zaki, Mbak Ani Berta dan Mbak Shintaries. Semoga silaturahmi ini memberi manfaat bagi kami semua. Amin.

Tiket kereta Pemalang-Semarang untuk menghadiri event ini sudah saya pesan. Beruntung sekali saya sudah mendaftar Bebas Bayar, di mana saya bisa memesan tiket kereta langsung dari hape Android. Sudahlah praktis, dapat cashback pula. Lumayan... :D


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

0 komentar:

Poskan Komentar