Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Kamis, 28 Juli 2016

SIAPA tak kenal Bali? Provinsi satu ini merupakan destinasi wisata nomor satu di Indonesia. Pesonanya tak cuma memikat pelancong lokal, Pulau Bali juga sangat terkenal di mata dunia. Aneka ragam tempat wisata mulai dari pantai, danau, dan tempat-tempat menarik lainnya mengundang rasa ingin tahu para wisatawan.

Bali terkenal sebagai Pulau Seribu Pura. Ini karena nyaris di setiap sudut Pulau Bali terdapat ditemui pura, sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat Hindu setempat. Pura-pura ini bisa ditemui pula di kebanyakan tempat wisata. Beberapa di antaranya bahkan menjadi obyek wisata, salah satu contohnya Pura Uluwatu.

Pura yang juga dikenal dengan nama Pura Luhur Uluwatu tersebut merupakan pura tertua di Bali. Terletak di ketinggian 97 meter di atas permukaan laut, Pura Uluwatu berdiri kokoh di puncak tebing batu di sisi paling selatan Pulau Bali. Menghadap ke Samudera Hindia. Dari pura ini mata kita dimanjakan oleh pemandangan laut membiru dengan ombak ganas berdebur.

Foto: Kemdikbud.go.id

Lokasinya yang terletak persis di atas Pantai Pecatu membuat Pura Uluwatu dikenal dunia. Pantai ini merupakan spot selancar (surfing) nomor satu di Bali, serta menjadi rekomendasi di level dunia. Ombaknya cocok untuk peselancar dari berbagai tingkatan, sehingga Uluwatu menjadi lokasi pilihan peselancar dari seluruh dunia.

Pantai-Pantai Menawan
Tebing tinggi yang berada di sebagian daerah pinggiran laut Uluwatu membuat pantai-pantainya tidak seperti kebanyakan pantai di Bali. Tapi soal keindahan jangan ditanya lagi. Sebut saja Pantai Dreamland yang terletak sekitar 9 km dari Pura Uluwatu.

Pantai Dreamland bisa jadi cuma pantai kecil, paling kecil dibanding pantai-pantai lain di Bali. Namun pemandangan alamnya sangat memesona mata yang melihat. Ciri khas pantai ini adalah ombak besar, pasir putih, serta deretan bukit batu yang seolah menjadi tembok pelindung Pulau Bali dari gempuran debur air samudera.

Banyak turis datang untuk menikmati ganasnya ombak serta pemandangan indah yang disajikan Pantai Dreamland. Kalau ingin duduk-duduk di pantai tanpa khawatir terpapar sinar matahari, ada sejumlah persewaan payung besar di sekitar pantai. Para pedagang yang menjajakan baju, oleh-oleh, dan pernak-pernik Bali yang unik juga sangat banyak ditemui di kawasan ini.

Bergeser sedikit dari Dreamland, satu lagi pantai di kawasan Uluwatu yang dijamin bakal membuat terpesona adalah Pantai Blue Point. Pantai yang memiliki air sangat bening ini diapit oleh tebing-tebing batu nan tinggi. Berada pada cekungan tebing. Karang-karang yang menutupi sebagian besar area pantai ini justru semakin memperindah dan mempertajam keunikannya.

Penduduk setempat menyebut Pantai Blue Point sebagai Pantai Suluban, sebab untuk menuju ke bibir pantai kita harus melewati sela-sela dinding tebing batu. Seolah-olah masuk ke dalam terowongan, atau kolong. Suluban berasal dari kata mesulub, bahasa Bali yang berarti melewati kolong.

Foto: wisataindonesia.co.id

Berbeda dengan Pantai Dreamland yang berombak besar-besar, Pantai Blue Point tergolong tenang. Ombak dari samudera dipecah-pecah oleh bebatuan karang sebelum mencapai bibir pantai. Sehingga pengunjung yang tak mau berbasah-basah terkena air laut dapat menikmati pasir pantai dengan tenang. Uniknya lagi, pantai tak cuma berupa pasir melainkan juga ada beberapa bagian yang berupa dataran batu besar.

Bukit-bukit karang di seputaran pantai tak cuma menciptakan nuansa eksotik. Di siang hari, lekukan bukit karang jadi pelindung alami yang menaungi pengunjung dari teriknya sinar matahari. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari sela-sela bukit yang teduh.

Tiba-tiba saya jadi ingat Pantai Ngerenehan di Gunungkidul, Yogyakarta, yang pernah saya sambangi pada tahun 2008. Pantai ini juga diapit oleh batu-batu karang besar di kanan kirinya, agak menjorok ke daratan, lebih mirip teluk.

Penginapan di Jantung Uluwatu
Pura Uluwatu, Pantai Dreamland, dan Blue Point hanyalah dua dari sekian obyek wisata di Uluwatu. Saking banyaknya titik-titik wisata yang bisa dikunjungi, rasanya tidak akan cukup waktu sehari untuk menjelajahi semuanya. So, sediakan beberapa hari agar dapat lebih puas mengunjungi tempat-tempat indah dan unik tersebut.

Jangan kuatir, di Uluwatu terdapat banyak penginapan maupun hotel sebagai tempat menginap. Jenisnya bermacam-macam, tergantung budget dan kebutuhan kita tentunya. Tapi kalau menginginkan hotel nyaman dengan pelayanan prima, Hotel Le Grande Bali yang bisa dipesan di situs Traveloka boleh jadi pertimbangan.

Hotel Le Grande Bali terletak di Jalan Uluwatu, Pecatu Graha Blok 5. Letaknya sangat strategis, sangat cocok bagi wisatawan dari luar daerah yang ingin menikmati keindahan Bali dengan nyaman. Terletak dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yaitu sekitar 7 km. Hotel berbintang 5 ini juga tak jauh dari pantai-pantai yang direkomendasikan.

Foto: Traveloka.com

Pantai Dreamland berjarak sekitar kurang dari 2 km dari Hotel Le Grande Bali. Sedangkan Pantai Balangan berjarak 3 km, jarak yang kurang-lebih sama untuk menuju Pantai Bingin. Sedangkan Pantai Blue Point terletak 7 km dari hotel. Dua kilometer lebih ke selatan kita akan sampai di Pura Luhur Uluwatu.

Oya, tadi saya sudah sebut kalau Le Grande Bali ini hotel berbintang 5 kan ya? Karenanya soal kenyamanan, fasilitas, serta pelayanan tak perlu diragukan. Hotel ini meraih predikat Top Hotel Bali Holiday Check 2015, Bali Tourism Awards 2015 sebagai Bali Leading Golf Resort, Indonesian Travel & Tourism Awards 2015 sebagai Indonesian Leading Golf Resort, serta sejumlah penghargaan lain.

Jangan kuatir soal makanan. Le Grande Bali mempunyai Grand Café, sebuah restoran bergaya tradisional Bali yang sudah dipadukan dengan gaya modern. Unik. Konsepnya all-day dining dengan menu-menu khas, baik masakan Indonesia maupun masakan internasional nan lezat. Ada pula Grande Bar yang buka selama 24 jam bagi yang ingin merasakan suasana makan malam nan syahdu dengan iringan live music.

Tak mau makan di restoran hotel? Tidak masalah. Pecinta kuliner sejati memang lebih suka berburu makanan di luar tempat menginap. Satu lokasi makan-makan yang direkomendasikan di kawasan Uluwatu adalah Restoran d'Sambal Uluwatu. Terletak di Jl. Raya Kampus UNUD, dari Hotel Le Grande Bali kita bisa mencapai d'Sambal Uluwatu dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Resto d'Sambal jadi rekomendasi karena cita rasanya yang dijamin lezat, serta harganya tidak menguras kantong. Rumah makan ini menyajikan 40 jenis sambal dari seluruh daerah di Indonesia. Menunya bisa dinikmati dengan harga sangat terjangkau. Bayangkan, harga menunya dimulai dari Rp3.500, sedangkan paket makan paling murah dibanderol Rp25.000/porsi.

Foto: dsambal.com

Di resto ini terdapat gazebo bagi yang ingin makan sembari bersantai-santia. Yang suka duduk lesehan disediakan pula tempat khusus. Resto d'Sambal dapat menampung banyak pembeli sekaligus. Rombongan wisata biasa singgah di sini untuk melepas rasa lapar. Menunya dijamin halal, sehingga penganut agama Islam tak perlu merasa was-was.

Salah satu menu andalan d'Sambal adalah ikan bakar Jimbaran, selain lebih dari 30 lauk-pauk dan bermacam-macam sayuran sebagai pelengkap isi meja makan. Tak hanya dimakan di tempat, kita juga boleh kok membawa pulang pesanan. Disediakan paket nasi kotak khusus bagi yang penasaran dengan rasa sambal d'Sambal tapi tidak sempat singgah barang sebentar.

Pendek kata, kawasan Uluwatu memiliki semua yang kita perlukan saat tamasya ke Bali. Pantai-pantai yang memesona, tempat makan murah meriah yang dapat ditemui di mana-mana, ditambah dengan keistimewaan Hotel Le Grande Bali sebagai pelengkap liburan para wisatawan.

Ah, saya jadi pengen banget ke Uluwatu! Belum pernah ke Bali nih ceritanya. Tapi kalau berinteraksi dengan orang Bali pernah. Sewaktu masih tinggal di Batumarta, sebuah kawasan transmigrasi di OKU Timur, Sumatera Selatan, tetangga dan kawan sekolah saya banyak orang Bali. Silakan baca kisahnya di posting Ida Ayu Komang dari Pulau Seribu Pura.

Mudah-mudahan saya bisa ke Bali tahun ini. Amin...




Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

18 komentar:

  1. cakeppp banget Bali memang, sayang banget tapi saya belum pernah ke sana, kasian banget ya haha, paling suka sama sawah teraseringnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, saudaraku ada yang di Denpasar, Mbak. Nikah sama orang sana. Beberapa sepupu jauh juga pada merantau di sana, tapi tiap lebaran mudik ke Situbondo. Kampung halaman ibu saya masuknya pas di sebelah pintu masuk Taman Nasional Gunung Baluran.

      Hapus
  2. keren mas, kapan ya saya bisa kesana..hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kata Koes Plus sih, kapan-kapan...
      Hehehehe

      Hapus
  3. weeeuuu...kereeen eung. Bintang 5 yak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bintang 5, Mbak. Rate paling rendah Rp778.000 untuk deluxe kalo boking via Traveloka :)

      Hapus
  4. Kapan ya bisa liburan lagi ke Bali... Ngarep ah 😊

    Dulu sebelum punya anak, sekarang sudah besar anaknya. Sepertinya bakal lain cerita kalau ke Bali lagi.

    Terimakasih infonya Mas...

    Doain segera ke Bali, haha!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu cuma sampe Ketapang, nggak nyeberang. Cuma bisa liat Bali dari daratan Banyuwangi, hehehe...

      Hapus
  5. Bagus bangeeeeet! Strategis juga. Bookmark ah, mau ke Bali tahun ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya wajib diinapi nih. Fasilitasnya oke punya, bintang 5 sih :)

      Hapus
  6. baper deh setiap kali ada yg nulis tentang Bali. Krn aku terakhir pas masih SD..wkwkwkwk... Pasti dah berubah banget deh secara sekarang usiaku kepala 4 mo kepala 5 beberapa tahun lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk, pas SD itu tahun berapa ya? Tapi saya malah belum pernah ding, cuma bisa memandang dari daratan Banyuwangi aja. Padahal udah sampe Ketapang, tapi nggak nyeberang karena emang gak diagendakan. Entah nanti, yang jelas ada rencana :)

      Hapus
  7. beberapa kali ke Bali tapi belum pernah ke Uluwatu, pengen banget liat puranya. Btw, keren banget ya hotel Le Grande Bali itu, mudah2an bisa nginep di sana kalo ke Uluwatu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu aminkan :)
      Pesan di Traveloka bisa dapet harga di bawah 800rb lho, Kak. Kamar yang deluxe ya. Kalo yang suite tentu lebih tinggi lagi rate-nya.

      Hapus
  8. kalau di lihat dari atas Uluwatu tambah kereeen
    saya pernah sekali ke uluwatu ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Aerial view-nya keren banget, foto-foto yang nampilin gambar dari atas bagus-bagus sampe bingung milihnya.

      Hapus
  9. Mau difoto darimana aja Bali teteap aja super keren ya mas. Eh, aku kok jadi penasaran ya sama pantai Blue Pointnya, biru menggoda. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantai Blue Point memang terlihat asyik, Mbak. Ajak donk Mas Raden ke sana. Eh, tar ding ya disimpan pas honeymoon :D

      Hapus