Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Rabu, 07 September 2016


SEKARANG apa sih yang nggak dijual di internet? Pertanyaan ini mengingatkan saya pada Anne Ahira, seorang internet marketer kondang di jamannya. Suatu waktu di mana internet masih jadi barang mewah di Indonesia, ia pernah mengatakan kalau kelak apa saja bakal dijual secara online.

Untuk mendukung ucapannya itu Anne menceritakan pengalamannya menjual kuda. Ya, jual seekor kuda hidup lewat internet. Menariknya lagi, kuda itu bukan miliknya. Ia hanya menghubungkan penjual dengan pembeli, atau istilah populernya jadi makelar alias calo.

Terbukti, sekarang banyak sekali toko online yang menjual berbagai macam barang di dunia maya. Mulai dari sepatu sampai topi, dari lauk makan sampai peralatan masak, dan belakangan kendaraan seperti sepeda motor dan bahkan mobil pun bisa dibeli secara online. Ya, sekarang mencari mobil semudah menggerak-gerakkan mouse.

Saya jadi teringat sewaktu adik ipar membeli mobil pertamanya beberapa tahun lalu. Dengan dana terbatas, ia mencari mobil second yang harganya terjangkau. Tapi juga tidak terlalu kecil agar bisa membawa seluruh anggota keluarganya yang berjumlah empat orang. Untuk itu ia meminta bantuan suami adik istrinya di Semarang.

Kenapa Semarang? Karena kota sebesar Semarang menawarkan pilihan lebih banyak ketimbang Pemalang. Juga, karena yang bisa dipercaya mencarikan mobil tinggalnya di Semarang.

Jadi, adik ipar saya menceritakan mobil yang ia butuhkan dan budget yang dipunyai. Lalu suami adik istrinya itu mencarikan mobil sesuai kriteria dari berbagai dealer mobil bekas. Begitu dapat info mobil yang kira-kira sesuai, mereka kontak-kontakan via handphone. Begitu terus sampai akhirnya didapatlah sebuah mobil yang sreg di hati sekaligus di kantong.

Proses ini lumayan lama. Sebabnya, suami-adik-istri adik-ipar-saya (bingung nggak sih? :D) itu mencari-cari mobil dari satu dealer ke dealer lain di seantero Semarang, juga menampung info dari teman-temannya. Kurang-lebih dua pekan. Belum termasuk menunggu mobil yang sudah dibeli itu dikirim.

Portal Otomotif No. 1
Saya jadi berandai-andai, kalau saja adik ipar saya cari mobil via online tentu bisa lebih praktis dan hemat biaya. Tak perlu menunggu lama untuk mencari-cari mobil dari satu penjual ke penjual lain. Tak perlu menghabiskan banyak pulsa untuk telepon. Yang terpenting ia bisa memilih sendiri tipe mobil yang diinginkan sesuai budget-nya, tidak menyerahkan pilihan pada orang lain.

Ya, sekarang mencari mobil semudah menghitung 1, 2, 3. Dengan bantuan internet, kita dapat melihat-lihat berbagai macam pilihan mobil dari sekian banyak penjual. Tak cuma itu, proses pembelian pun bisa dilakukan secara online. Semuanya cukup dilakukan di depan monitor komputer atau smartphone, serta tanpa perlu meninggalkan rumah.

"Tapi kan beli mobil di internet rawan penipuan? Ini urusannya duit banyak lho..." Kalau alasannya itu, maka carilah situs jual-beli mobil yang terpercaya.


Salah satu rujukan mencari mobil di dunia maya adalah Mobil123.com. Web ini mempunyai tagline "Portal Otomotif No. 1." Bukan sekedar slogan kosong karena Mobil123.com merupakan portal terbesar dan terpecaya yang menghubungkan penjual dan pembeli mobil.

Di portal ini kita dapat mencari berbagai mobil sesuai kebutuhan. Mau cari mobil berdasarkan tipe dan kelasnya atau merek tertentu, semua bisa dilakukan di Mobil123.com semudah memindah kursor. Bagi pembeli dengan budget tinggi terdapat pilihan mobil-mobil baru dari berbagai dealer ternama. Yang mencari mobil bekas tak perlu minder, sebab opsinya tak kalah banyak.

Oya, Mobil123 merupakan portal di bawah grup media otomotif terbesar dan terkuat di Asia Tenggara, yakni iCar Asia. Selain Mobil123, iCar Asia juga mempunyai portal otomotif lain di Indonesia, Otospirit.com. Web terakhir diposisikan sebagai portal otomotif dan gaya hidup modern, dan sejauh ini memiliki perkembangan luar biasa.

Tak hanya di Indonesia, iCar Asia juga beroperasi di Malaysia dengan web Carlist.my. Di Thailand sendiri grup ini mengelola tiga portal sekaligus: Thaicar.com, Autospinn.com, dan One2Car.

Berkantor pusat di Kuala Lumpur, iCar Asia adalah pemimpin pasar di dunia pasar iklan online otomotif yang berkembang pesat di kawasan ASEAN. Saat ini, seluruh portal yang dikelola grup tersebut mencapai lebih dari 4,8 juta pembeli mobil dan penggemar setiap bulan di wilayah Asia Tenggara.

Kucuran Investasi Baru
Meski tengah menjadi pemimpin pasar di Asia Tenggara, iCar Asia bertekad terus melakukan inovasi guna memberikan kenyamanan pada para konsumen dan mitranya. Ini disampaikan oleh Chief Executive iCar Asia Hamish Stone (foto bawah) dalam pernyataan resmi perusahaan.

"Kami sadar bahwa kami harus meningkatkan investasi di Teknologi, Marketing dan Peningkatkan SDM (Sumberdaya Manusia), untuk menggali potensi yang dimiliki oleh iCar Asia dalam beberapa tahun mendatang,” kata Stone.


Tekad tersebut didukung dengan masuknya kucuran investasi baru senilai 22,5 juta dolar Australia belum lama ini. Dengan nilai tukar sebesar Rp10.043 per AUS$ 1, angka tersebut hanya kurang sedikit dari Rp 226 milyar. Tepatnya Rp225.967.482.000.

Jumlah tersebut diperoleh dari penerbitan 54.687.500 lembar saham bernilai AUS$ 17,5 juta (sekitar Rp 230 miliar), di mana Bell Poter Securites bertindak selaku Lead Manager sekaligus Penjamin Emisi. Tambahan dana didapat dari Catcha Group selaku pemegang saham terbesar iCar Asia Limited (28,55%) yang berkomitmen menambah investasi sampai AUS$ 5 juta. Lalu non-executive director Syed Khalil Syed Ibrahim mengusulkan untuk membeli saham senilai AUS$ 500.000.

Kucuran dana segar inilah yang akan dipergunakan oleh iCar Asia untuk melakukan berbagai terobosan. Di Indonesia sendiri beberapa pengembangan Teknologi yang sudah diluncurkan dan dapat dinikmati oleh pengguna web Mobil123.com adalah SI JARI. Ini adalah satu platform khusus bagi para dealer mitra untuk mengatur inventori dagangannya.

Layanan kedua adalah fitur Live Chat yang menghubungkan pengunjung Mobil123 dengan tim Customer Support secara real time. Pelayanan Live Chat tersedia setiap hari, dari Senin sampai Ahad, mulai jam 08.30 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Dari sisi Marketing, langkah yang terus diljalankan adalah memberi edukasi kepada dealer-dealer yang tergabung dalam marketplace Mobil123. Para dealer diberikan pengetahuan seputar pemanfaatan sistem internet terutama dalam memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Mobill123.com guna melancarkan bisnis mereka, sekaligus meningkatkan pelayanan pada pembeli.

Terakhir, pengembangan di sektor SDM dilakukan dengan cara merekrut karyawan-karyawan berkualitas dengan integritas tinggi, serta mengedukasi mitra-mitra dealer dan penjual mobil. Dengan tambahan tenaga profesional mumpuni, perusahaan yang terdaftar di indeks Australian Securities Exchange ini dapat fokus dalam pengembangan portal-portal otomotif terdepan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Oya, dalam waktu dekat iCar Asia akan merilis dua produk baru lho. Kedua produk ini dimaksudkan agar dapat memberi nilai tambah serta kemudahan bagi para penggunanya. Apa itu? Kita tunggu saja.

Kredit foto:
1. Daihatsu Xenia di salah satu bazaar mobil bekas.
2. Empat SPG dengan banner Mobil123, foto dari Mobil123.com.
3. Hamish Stone, foto dari press release Mobil123.com.


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

20 komentar:

  1. Tang Ting Tung....
    Jadi nggak perlu lah ngelem - ngelem stiker tulisan mobil ini dijual kayak yang sering dilihat di jalan. Ngerusak kaca! Lagian sekarang ada Mobil123. Ye nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, bener banget. Lebih praktis dan efisien waktu.

      Hapus
  2. Benar-benar service yang memuaskan yang diberikan oleh Mobil123.com melalui inovasi dan terobosannya :) keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang nulis keren gak, Kak Didik?
      Hehehehehe...

      Hapus
    2. Yang nulis tambah keren dan tajir abisss hehehehe

      Hapus
    3. Hehehe, makasih banyak buat doanya :)

      Hapus
  3. Mobil123 membantu banget buat yang tinggal di kota kecil terus mau cari mobil. Ga perlu datangi dealer satu persatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener banget nih. Era internet memang memudahkan sekaligus membantu banget bagi orang-orang daerah seperti saya yang tinggal di Pemalang. Mau ke dealer gede harus keluar kota.

      Hapus
  4. Cari mobil? Berhitung! 1..2...3, udah belooom? hehehe :D

    BalasHapus
  5. era digital jadi lebih mudah dan menyenangkan, cari mobil menjadi lebih mudah dengan portal mobil123.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener banget. Tinggal duduk manis depan laptop/komputer, browsing webnya, kalo udah cocok kontak-kontakan deh. Baru ketemuan buat test drive.

      Hapus
  6. Dana investasi yang diperoleh Mobil123 menandakan cerahnya masa depan dunia otomotif di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ukuran sebuah bisnis berbasis iklan online, ini gede banget kucuran dananya. Menandakan investor percaya sama prospek jual-beli mobil di Indonesia.

      Hapus
  7. Bener banget, jual beli kendaraan kini gak susah lagi, ya. Dijamin aman pula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, aman karena di Mobil123.com dealer-dealernya gak sembarangan.

      Hapus
  8. Diakui semua serba era mudah n cepat apalagi adany fasilitas 123 online*eh mbk2 SPgnya bening semua ya mas wkkkks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, nek kuwi ra melu-melu aku.
      Tapi emang kadang faktor SPG pengaruh juga sih.
      Hahahaha...

      Hapus
  9. Wah recomendeed banget deh mobil123.com, cari mobil lebih gampang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggawe SIM sik, Mas. SIM motor be durung duwe to sampeyan? Hihihi...

      Hapus