Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Rabu, 12 Oktober 2016

TINGGAL di kota kecil seperti Pemalang membuat saya sangat mengandalkan aktivitas belanja online untuk mencari barang-barang terbaru. Terkadang barang-barang lama juga sih. Contohnya ketika saya mencari kamera Canon SX610 HS beberapa waktu lalu. Ini produk keluaran lama yang tidak bisa saya temui di toko-toko perlengkapan fotografi di Kota Ikhlas.

Kenapa saya pilih Canon SX610 HS tentu ada alasannya. Saya mencari kamera dengan kemampuan oke, tapi harganya tidak menguras kantong. Dengan lensa 20 megapiksel, kemampuan zoom 18x, serta autofocus terhitung cepat, kamera ini sangat bisa diandalkan untuk mengambil foto dan merekam video.

Sebelum membeli saya sudah membaca-baca review kamera ini, juga menonton video tes pengambilan gambar yang bertebaran di YouTube. Menurut saya sih Canon Powershot SX610 HS sudah lebih dari cukup untuk seorang fotografer sekaligus videografer amatir macam saya. Buktinya bisa dilihat di video dokumentasi perjalanan saya ke Pulau Tangkil ini.



Lebih penting dari itu, saya dapat harga murah. Super murah malah. Ya, jangan lupakan prinsip ekonomi. Sebisa mungkin kita harus bisa mendapatkan sesuatu dengan pengorbanan sekecil-kecilnya, itu prinsipnya.

Kalau diterapkan dalam belanja online, pengorbanan sekecil-kecilnya itu berarti membayar sesedikit mungkin untuk membeli produk impian. Dengan kata lain, carilah penjual yang menawarkan harga paling murah.

Tapi terkadang gadget dan produk-produk elektronik seperti ini harganya beda-beda tipis. Selisihnya nggak kerasa. Biasanya cuma bonus yang membedakan satu penjual dengan penjual lainnya. Ada yang memberi ongkos kirim gratis, ada yang bonusnya tas kamera, ada juga yang kasih tongsis.

Saya sendiri beruntung sekali menemukan satu penjual di Bukalapak yang memasang banderol sangat murah. Paling murah di antara penjual Canon SX610 HS lainnya. Apalagi seller-nya memberi bonus memory card 16 GB. Lumayan banget! Sisa budget bisa saya belikan baterai cadangan deh.

Berburu Cashback
Cara lain untuk berhemat saat belanja online adalah berburu diskon, promo, sampai cashback. Sejumlah marketplace besar seperti Lazada, MatahariMall.com atau Zalora nyaris setiap bulan mengadakan promo dan menebar diskon. Kita bisa memanfaatkan ini demi menekan anggaran belanja.

Kalau bisa bayar murah, kenapa pula harus membayar mahal? Kalau bisa dapat diskon 50%, bukankah itu lebih menyenangkan ketimbang harga 100% alias tanpa diskon? Hehehe...

Soal cashback, boleh dikatakan tak ada toko online maupun marketplace yang menawarkan keuntungan ini bagi konsumennya. Tapi, jangan khawatir. Gunakan saja ShopBack, sebuah situs yang dirancang khusus untuk mengapresiasi pembeli dengan cara memberi cashback dari setiap transaksi kita.


Berbeda dengan diskon, cashback diberikan setelah kita bertransaksi. Kalau diskon berupa potongan harga di depan -- mengurangi jumlah uang yang seharusnya kita bayar, maka cashback semacam uang kembalian yang diberikan setelah kita membeli.

Perbedaan lain, diskon tak selalu diberikan oleh toko online maupun marketplace. Begitu juga promo yang biasanya tergantung momen-momen tertentu. Nah, di Shopback kita dapat memperoleh cashback setiap kali berbelanja online.

Eit, jangan bayangkan Shopback itu semacam marketplace apalagi toko online ya. Situs ini tidak berjualan produk apapun. Kita belanjanya tetap di marketplace langganan kita seperti biasa. Katakanlah Lazada, Zalora, Berrybenka, Blibli, Elevenia, sampai marketplace semodel Bukalapak, Tokopedia, dan juga AliExpress. Setiap kali kita berbelanja di marketplace tersebut lewat Shopback, kita akan mendapat cashback hingga 30% dari total belanjaan.

Misalnya saya nih. Saya beli kameranya tetap di Bukalapak. Bedanya, saya tidak langsung membuka web Bukalapak, melainkan mengunjungi www.shopback.co.id dulu. Barulah dari sini saya pilih Bukalapak untuk mencari barang-barang yang diinginkan. Selesai belanja, cashback pun menanti. Asyik!

Untuk lebih jelasnya coba perhatikan ilustrasi di bawah ini. Begini langkah-langkah agar kita mendapat cashback setiap kali berbelanja di ShopBack. Mudah sekali, bukan?


Sayang sekali saya baru tahu situs ini. Kalau saja sejak dulu ngeh keuntungan berbelanja via ShopBack, saya bakalan beli kamera di Bukalapak melalui situs ini. Mana mungkin saya tidak mau dapat cashback? Hehehe...

Karena baru tahu, saya pun mencari-cari referensi mengenai ShopBack. Dan ternyata ShopBack ini merupakan cara baru, cerdas, dan hemat berbelanja online di Indonesia. Tak perlu momen tertentu untuk dapat diskon atau harga promo, di sini setiap kali berbelanja selalu ada cashback-nya. Setelah terkumpul sebanyak minimal Rp50.000, cashback tersebut akan ditransfer ke rekening kita.

ShopBack berdiri sejak tahun 2014 di Singapura. Dari awalnya hanya menggarap pasar lokal Singapura, layanan situs ini sekarang sudah merambah ke empat negara tetangga lainnya: Malaysia, Filipina, India, Singapura, dan tentu saja Indonesia tercinta. Program belanja dapat bonus uang yang ditawarkan ShopBack rupanya sangat diminati oleh para pembelanja online. Tak heran bila pertumbuhannya pun melaju pesat, sehingga membuahkan beberapa penghargaan.

Survei Reader’s Choice Awards yang diadakan Vulcan Post tahun lalu memilih ShopBack sebagai Most Promising Start-up To Look For in 2015. Lalu ada pula penghargaan terbaik untuk kategori Best Inonovative Start-up (Growth Stage), serta terbaik kedua dalam kategori Best Innovative Infocomm Product (Consumer).

Pencapaian ini membuat ShopBack disorot media. Tak kurang dari Yahoo!, Daily Social, dan Tech In Asia pernah meliput kiprah perusahaan ini. Di Indonesia, media-media top seperti Kompas.com, detikcom, Okezone, Liputan6.com, TechnoID, dan Female Daily juga sempat mengangkat ShopBack. Untuk edisi cetak, Tabloid Pulsa memuat profil dan sepak terjang perusaan ini dalam satu edisinya.

Tiket Kereta Api Juga Ada
Tanpa pikir panjang saya langsung saja mendaftarkan diri ke ShopBack. Caranya sangat mudah sekali, cukup masukkan alamat email dan password. Selesai. Nanti akan ada email verifikasi, tinggal klik deh. Selanjutnya kita bisa belanja-belanja kebutuhan apa saja di berbagai merchant yang ada.

Merchant yang bekerja sama dengan ShopBack banyak sekali. Jumlahnya ada 500-an lebih, dengan berbagai kategori mulai dari fashion sampai travel. Sebut saja Lazada, Zalora, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Matahari Mall, Muslimarket, Alfacart, Elevenia, Berrybenka, Sephora, sampai marketplace internasional seperti AliExpress dan eBay.

Buat yang hobi traveling, bisa lho pesan tiket pesawat dan kereta atau booking hotel melalui ShopBack. Sebab situs ini sudah bekerja sama dengan Agoda, Expedia, Tiket.com, Booking.com, Hotels.com, AirAsiaGo.com, dan masih banyak penyedia tiket lainnya.


Nah, pas banget saya butuh tiket kereta api Semarang-Pemalang untuk kepulangan dari Tur Cokelat Bali. Jadi, dari Denpasar pesawat yang membawa kami sekeluarga bakal mendarat di Bandara Ahmad Yani Semarang. Lalu ke Pemalang-nya kami naik kereta api.

Saya pun mencoba mengeklik banner Tiket.com tempat biasa saya memesan tiket kereta api. Di halaman berikutnya terlihat penjelasan lebih detil mengenai cashback yang bisa saya dapatkan jika membeli tiket di Tiket.com melalui ShopBack.

Untuk pemesanan tiket kereta api, cashback-nya Rp2.500/tiket. Lumayan, bukan? Buat yang biasa pulang-pergi kerja atau kuliah naik kereta setiap pekan, kalau dikumpul-kumpulkan bisa banyak sekali lho total cashback-nya.


Karena tiket pesawat juga bisa dibeli melalui ShopBack, lain kali kalau mudik ke Jambi saya akan pesan tiket pesawat di Tiket.com lewat situs ini saja. Ya, benar sekali! Saya mau mendapat cashback. Nilainya Rp10.000/kursi. Karena saya mudik berempat bersama anak dan istri, sekali transaksi cashback-nya sejumlah Rp40.000. Lumayan...

Oya, cashback masuk ke akun kita setelah 48 jam transaksi dilakukan. Setelah masuk, cashback tadi boleh diklaim dalam waktu 60 hari. Perhatikan juga bahwa untuk mendapatkan cashback dari pembelian ini kita tidak boleh berpindah tab sampai seluruh proses transaksi selesai.

Tara! Saya sudah dapat tiket kereta apinya nih. Tinggal tunggu cashback masuk ke dalam akun saya dalam waktu 48 jam ke depan. Kalau sudah muncul tinggal diklaim deh.


Cashback on the Go
Berita baiknya, berbelanja via ShopBack tak cuma bisa dilakukan via web. Sudah tersedia aplikasi mobile-nya yang dapat diunduh di Google PlayStore. Kita bisa menginstalnya ke semua smartphone berbasis Android. Bagi pengguna produk Apple, aplikasi ShopBack tersedia juga di App Store.

Aplikasinya enteng sekali kok, ukurannya 6,4 MB yang pastinya nggak bakal makan banyak space. Aplikasi ShopBack di Google PlayStore baru di-update 21 September 2016 lalu. Demikian pula di App Store. Gres!

Pembaruan ini lebih memudahkan pengguna dalam meng-update informasi akun maupun detil pembayaran melalui aplikasi. Jadi, keuntungan belanja online ber-cashback dapat kita nikmati dalam genggaman. Tambahan lagi, khusus untuk pengguna aplikasi ada promo eksklusif lho.

Selain cashback, ShopBack menawarkan satu cara lagi untuk menambah pendapatan. Namanya program referral alias mengajak teman. Kalau kita berhasil mereferensikan ShopBack pada keluarga maupun teman, maka kita akan mendapat bonus Rp25.000 per orang. Teman makan teman dong? Nggak sama sekali. Sebab teman yang kita ajak tadi bakal mendapat bonus sebesar Rp25.000 juga. Fair enough, huh? :)

Nah, kalau mau daftar jadi member ShopBack, silakan pakai link referal saya. Klik si sini ya, biar sama-sama dapat bonus Rp25.000. Hehehe... Tapi, ingat, bonus referal tadi baru masuk kalau teman yang direferensikan sudah berbelanja via ShopBack.

Buat yang belum daftar, ShopBack memberikan voucher Zalora untuk pelanggan baru. Terus ada juga voucher Lazada gratis yang bisa didapatkan tentu saja dengan berbelanja di Lazada melalui ShopBack.

Pendek kata, bagi saya yang suka beli barang di dunia maya ShopBack merupakan cara cerdas belanja online. Jumlah merchant-nya yang mencapai ratusan, berbagai macam pilihan produk yang tersedia, kesemuanya sangat memanjakan kita. Belanja online tak cuma jadi lebih hemat, tapi sekaligus lebih mudah karena bisa diakses melalui berbagai macam perangkat.

Belanja Hemat? ShopBack-in Aja!


Protected by Copyscape
« Selanjutnya
Sebelumnya »

11 komentar:

  1. wah, dari situs belanja sampe transportasi semua ada... kalo dikumpulin semua emang lumayan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kemarin nyoba beli tiket di Tiket.com tapi melalui ShopBack dan dapet cashback beneran. Lumayan deh. Next kalo mau pesen-pesen tiket lagi lewat ShopBack aja :)

      Hapus
  2. eiya bisa nyari tiket juga ya...aku biasanya nyari baju2 anak atau mainan xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, udah biasa dapet cashback dong ya? Wah, tahu gitu kemarin aku daftar pake refferal Mbak Echa wae biar sama-sama dapet 25rb. Hihihi...

      Hapus
  3. Sekarang aku selalu pake shopback kalau beli di tiket.com, eh kemarin belanja di Tokopedia lupa pakai shopback T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kepikiran, apps-nya Tiket.com sama Bukalapak mau aku hapus aja, sudah cukup pake ShopBack biar dapet cashback. Toh, tetep aja dapet Tix Point kan ya walau beli via ShopBack?

      Hapus
  4. Saya juga udah cobain Mas...belanja di shopback mayan dapat cashback. Hmmm, cashback saya dapat berapa yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga udah daftar dan langsung beli tiket. Cuma saya masih belum paham nih, jadi cashback-nya cuma Rp2.500 padahal beli 4 tiket. Kalau tahu belinya saya pisah, jadi dapetnya 4 x Rp2.500 = Rp10.000. Hehehehe

      Hapus
  5. Wah, aku baru tahu kalau ShopBack bisa berlaku untuk pemesanan tiket secara online. Setahuku sih cuma belanja-belanja biasa aja, Mas. Coba ah nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget, Mbak. Dari pesan tiket kereta, tiket pesawat, sampai booking hotel juga bisa lho. Komplit deh pokoknya.

      Hapus
  6. Aku sudah tiap hari pake dan sampe skrg kumpulin 700rb cashback. Lu to the mayan alias lumayan cyin :D

    BalasHapus