Selamat datang di bungeko.com, catatan online Eko Nurhuda.

Jumat, 17 Februari 2017


SUDAH bayar tagihan Speedy/IndiHome bulan ini? Saya sih sudah. Biarpun hujan deras terus-terusan mendera Pemalang, saya enjoy-enjoy saja kalau soal bayar-bayaran. Cukup ambil smartphone, lalu tap sana-sini, tunggu sebentar, beres deh. Begitulah mudahnya bayar tagihan internet dengan aplikasi BebasBayar.

Btw, apa itu BebasBayar?

BebasBayar adalah sebuah layanan pembayaran online atau e-payment gateway yang dikelola oleh PT Bimasakti Multi Sinergi (BMS). Kalau Anda pernah dengar FastPay dengan loket-loket pembayarannya yang tersebar di mana-mana, itu merupakan salah satu produk jasa PT BMS.

Cara kerja BebasBayar kurang-lebih sama seperti FastPay. Bedanya, FastPay adalah usaha loket pembayaran online semacam PPOB yang diperuntukkan bagi investor. PT BMS menyediakan paket-paket kemitraan bagi calon investor. Dimulai dari Paket Payment Point dengan biaya pendaftaran Rp350.000, Paket Gold (Rp900.000), dan Paket Enterprise (Rp5.200.000).

Nah, BebasBayar lebih diperuntukkan bagi pengguna perorangan. Karenanya tidak ada biaya pendaftaran di sini, 100% gratis. Menariknya, dengan BebasBayar kita bisa membayar dan membeli apa saja. Beli pulsa, beli paket internet, beli tiket kereta api dan tiket pesawat, beli voucher game atau voucher Google, beli token listrik, bayar tagihan televisi kabel, bayar cicilan kendaraan bermotor, bayar tagihan listrik atau PDAM, dan masih banyak lagi.

Pendek kata, cukup dengan BebasBayar kita bisa membayar seluruh tagihan bulanan, plus pulsa hape. Kalau sudah instal aplikasinya, semua hal tersebut dapat dilakukan lewat monitor smartphone. Praktis!

Cukup dua langkah yang harus dilakukan untuk merasakan mudahnya membayar berbagai tagihan dengan aplikasi BebasBayar:
1. Registrasi di https://www.bebasbayar.com
2. Mengisi deposit awal minimal Rp10.000

Kok pakai deposit awal, jangan-jangan itu biaya pendaftaran terselubung?

Big NO! Uang minimal Rp10.000 tersebut murni deposit, dan boleh Anda gunakan untuk membeli pulsa atau membayar apapun sampai saldonya habis tanpa sisa. Deposit tidak ada batas waktu sehingga tidak akan pernah hangus.

Saya sendiri biasanya mengisi deposit sebanyak total tagihan yang akan saya bayar melalui aplikasi BebasBayar. Misalnya saja kali ini saya mau membayar tagihan Speedy. Setelah saya cek untuk Februari 2017 tagihannya sejumlah Rp173.000. Jadi, saya mengisi deposit sebesar Rp173.000.

Kalau misalkan mau sekalian beli paket internet atau pulsa atau membayar tagihan lain (listrik, tivi kabel, cicilan kendaraan, dll.), tinggal hitung saja berapa seluruh uang yang harus dikeluarkan. Sebesar itulah kita mengisi deposit di akun BebasBayar. Selanjutnya tinggal bayar sana-sini tanpa harus beranjak dari rumah.

Bayar Tagihan Speedy/IndiHome
Oke, sekarang saya mau membayar tagihan Telkom Speedy untuk periode Februari 2017 ini. Seperti sudah dicek tadi, jumlah tagihannya Rp173.000. Saya kemudian mengisi deposit lewat website Klik BCA. Tak sampai lima menit berselang saldo di akun BebasBayar saya sudah bertambah. Cepat sekali, bukan?

Langkah selanjutnya cukup ikuti panduan berikut dan lihat tampilan pada screenshot di bawah ini.

  1. Buka aplikasi BebasBayar di smartphone. Kalau belum login, silakan login terlebih dahulu dengan cara memasukkan nomor ID dan password.
  2. Setelah halaman muka terbuka (screenshot paling kiri), pilih menu "Speedy" dengan cara di-tap.
  3. Isikan nomor ID Pelanggan Telkom di halaman berikutnya. Gunakan keypad numerik yang otomatis muncul di layar. Ingat, jangan sampai nomornya salah ya.
  4. Lanjutkan dengan menge-tap tombol "Lanjutkan" berwarna hijau.
  1. Berikutnya akan tampil rincian informasi tagihan internet Anda di bulan berjalan. Tagihan saya sendiri untuk Februari 2017 sebesar Rp170.500 (sudah termasuk pajak 10%), ditambah biaya administrasi Rp2.500. Totalnya Rp173.000.
  2. Cek dan ricek rincian tagihan tersebut, jika sudah benar lanjutkan proses pembayaran dengan cara tap tombol "Bayar" di bagian bawahnya.
  3. Mohon tunggu barang beberapa belas hingga puluh detik, server BebasBayar sedang menghubungi server PT Telkom untuk memproses pembayaran. Jangan tap tombol apapun sampai proses ini selesai.
  4. Tara! Kalau keluar pesan yanga hanya berisi sebaris tulisan "EXT: APPROVE" itu tandanya pembayaran sukses dilakukan. Tap tombol "Oke" di bagian bawah.
  1. Proses pembayaran selesai, sistem BebasBayar kemudian menampilkan struk elektronik seperti tampak pada screenshot ke-7 di atas. Itu tandanya tagihan internet Telkom sudah dibayar.
  2. Transaksi ini tersimpan rapi dalam menu "Laporan" sehingga kapanpun kita dapat mengaksesnya. Kita juga dapat mencetak struk bukti pembayaran tersebut.
  3. Kalau saya sih biasanya melongok laman "Cashback" untuk mengecek komisi yang saya dapat dari transaksi ini. Seperti bisa dilihat pada screenshot di atas, ada cashback sebesar Rp650 untuk pembayaran tagihan internet Telkom. Lumayan :)

Jadi, bertransaksi di BebasBayar ada cashback-nya ya? Betul sekali. Inilah alasan kedua kenapa saya sejak awal 2016 lalu lebih suka memakai aplikasi BebasBayar untuk membayar berbagai tagihan. Siapa sih yang tidak mau dapat cashback? Karena tagihan-tagihan itu musti dibayar tiap bulan, artinya kita juga bakal rutin mendapat cashback sebulan sekali.

Besar cashback bervariasi tergantung transaksi yang kita lakukan. Untuk pembayaran tagihan internet Telkom cashback-nya Rp650, sedangkan untuk pembayaran berbagai cicilan kredit komisinya Rp800. Yang besar lagi cashback pembayaran PLN atau tivi berbayar yang sampai Rp1.000.

Alasan pertama sih soal kepraktisan. Dengan aplikasi BebasBayar di smartphone, saya dapat membayar tagihan atau membeli pulsa di mana saja kapan saja. Sangat memudahkan sekali.

Mau merasakan mudahnya membayar aneka tagihan dengan BebasBayar? Yuk, registrasi di www.bebasbayar.com dan instal aplikasinya!

Semoga bermanfaat.


Protected by Copyscape
« Posting Selanjutnya
Posting Sebelumnya »

2 komentar:

  1. Wah selain praktis untung juga ya, kan ada cashbacknya hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya. Kalo udah ada kata cashback langsung deh pada ijo-ijo. Yuk, pakai aplikasi BebasBayar biar makin gampang bayar tagihan dan cicilan! :)

      Hapus